Investasi, Rumah Tangga Masa Kini

Selain Emas, Investasi Mobil Klasik Juga Layak untuk Dijajal

Ajaib.co.id – Investasi sekarang sepertinya sudah mencakup ke banyak hal. Selain emas, lalu yang sedang populer saat ini adalah barang-barang hypebeast, ada lagi investasi di dunia otomotif yang sedang digandrungi oleh banyak orang. Investasi mobil klasik yang menjadi alternatif paling bagus.

Mobil klasik dipilih karena punya nilai tinggi sampai sekarang walaupun sudah dikeluarkan sejak lama. Mobil klasik ini berbeda dengan mobil tua yang juga merupakan mobil keluaran zaman dulu. Tidak semua mobil tua bisa dikategorikan sebagai mobil klasik. Jadi, kamu harus bisa membedakannya dulu. Jangan sampai ketika ingin membeli mobil klasik, kamu ternyata memilih mobil tua biasa.

Ciri Khas Mobil Klasik dengan Nilai Tinggi

Mobil klasik adalah mobil tua yang biasanya dimiliki oleh mereka yang berasal dari kalangan menengah ke atas. Rata-rata mobil ini sudah berusia puluhan tahun. Semakin tua umur si mobil klasik, maka nilainya akan semakin tinggi. Mobil-mobil klasik yang punya nilai tinggi di masa depan biasanya memiliki ciri khas sebagai berikut:

1. Berasal dari merek ternama

Ini adalah alasan mengapa investasi mobil klasik hanya bisa dilakukan pada mobil jadul yang sejak awal harganya sudah tinggi. Alasannya karena mobil klasik tersebut merupakan keluaran produsen mobil ternama. Sebut saja Mercedes Benz keluaran lama yang memiliki dua pintu. Dulu harganya sangat mahal, tapi semakin tahun harganya bisa lebih mahal. Apalagi jika banyak orang yang mengincarnya.

2. Memiliki desain yang unik

Mobil klasik dikategorikan sebagai mobil mewah. Biasanya mobil ini punya desain unik yang membuat orang-orang melihat karena menarik untuk dipandang. Desainnya yang unik juga tidak hanya ada pada bagian luarnya. Bagian dalamnya pun punya interior yang berbeda dari mobil kebanyakan, kesan jadulnya juga sangat terlihat. Mobil klasik yang punya desain seperti itu juga memiliki nilai yang tinggi.

3. Masih bisa berfungsi dengan baik

Beberapa orang ingin memiliki mobil klasik hanya untuk koleksi di garasinya. Mereka kolektor yang rajin mencari mobil klasik yang diincarnya. Namun, banyak juga kolektor yang lebih memilih mobil klasik yang masih bisa berfungsi dengan baik. Maksudnya adalah mobil tersebut masih bisa dibawa jalan-jalan. Ada kebanggaan tersendiri bagi mereka yang membawa mobil klasik ke jalanan. Jadi, ada baiknya jika ingin investasi mobil klasik, pilihlah yang masih bisa berfungsi dengan baik.

4. Langka

Ada dua hal penting kenapa mobil klasik langka paling baik untuk berinvestasi. Mobil tersebut biasanya langka karena memang hanya diproduksi dalam jumlah yang terbatas. Selain itu, banyak orang yang mengincarnya. Jadi, ketika kamu punya mobil langka yang menjadi incaran banyak orang, kamu bisa memasang tarif paling tinggi. Harganya bisa saja mencapai miliaran, padahal mungkin dulu kamu membelinya hanya ratusan juga. Dari sinilah keuntungan itu bisa kamu raup.

Setelah mengetahui ciri-ciri mobil klasik yang bisa diinvestasikan, kamu sekarang bisa memahami bahwa tidak semua mobil berumur tua, masuk ke dalam mobil klasik.

Telah disebutkan di atas bahwa mobil klasik merupakan mobil yang berumur cukup tua, sampai puluhan tahun. Agar bisa berfungsi dengan baik dan terlihat oke, kamu tentu saja harus merawatnya dengan baik. Inilah yang harus diperhatikan ketika ingin memilikinya. Kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk merawatnya. Dan menyediakan tenaga serta waktu untuk membersihkannya secara rutin.

Mengapa merawatnya membutuhkan uang? Alasannya karena kamu harus melakukan perawatan terbaik seperti memilih oli yang cocok dan berkualitas tinggi untuk mobil klasikmu. Selain itu oli ini harus diganti secara rutin agar tidak merusak mesin mobil. Belum lagi kamu harus ke bengkel secara rutin untuk memeriksa kinerja dari mobilmu. Kamu harus dapat memastikan bahwa performa mesin mobilnya tetap pada kondisi terbaiknya.

Jenis Terbaik Mobil Klasik

Lalu, ada lagi yang perlu kamu ketahui dari mobil klasik, yaitu jenis terbaiknya yang bisa mendatangkan keuntungan padamu. Masih ada kriteria lain yang perlu kamu ketahui. Mungkin agak rumit ketika kamu mengincarnya, tapi percayalah ketika kamu mendapatkannya kamu bisa meraih keuntungan paling fantastis.

1. Mobil yang dibeli dari orang ternama

Ketika kamu berhasil membeli mobil klasik dari orang ternama seperti pejabat atau artis, nilai jualnya pasti tambah naik. Hal ini karena banyak orang yang beranggapan bahwa memiliki mobil yang dulunya punya seorang artis adalah suatu kebanggaan tersendiri. Nilainya menjadi naik karena kamu bisa mempromosikannya dengan membawa nama orang terkenal tersebut, tapi untuk melakukan ini sebaiknya kamu mendiskusikannya terlebih dahulu pada orang bersangkutan.

2. Mobil klasik dua pintu

Sampai sekarang mobil dua pintu memang punya harga selangit. Jadi, tidak mengherankan jika investasi mobil klasik jenis ini termasuk menjanjikan. Yang membuat harganya melambung adalah mobil dua pintu ini biasanya diproduksi secara terbatas.

3. Mobil klasik tipe station wagon

Mobil ini sekilas mirip dengan sedan pada umumnya, tapi yang membedakannya adalah ruang bagasi yang menyatu dengan kursi penumpang. Dari luar mobil ini terlihat cukup besar. Mobil ini paling asyik dibawa untuk jalan-jalan. Jadi, ketika kamu memutuskan membelinya kamu harus merawatnya dengan maksimal agar punya performa terbaik.

4. Mobil klasik tipe CBU

Mobil mewah ini biasanya tidak memiliki pabrik di Indonesia sehingga seluruh komponennya didatangkan langsung dari luar negeri. Di masa depan mobil mewah seperti ini akan punya harga yang selangit karena di Indonesia hanya beberapa orang yang bisa memilikinya. Namun, yang perlu diingat kamu harus mencari bengkel khusus yang bisa melakukan maintenance terhadap mobil ini.

Itulah beberapa ciri-ciri dan jenis mobil klasik yang bisa kamu manfaatkan jadi investasi masa depan. Dengan memiliki mobil klasik ini, jika kamu merawatnya dengan benar, kamu bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Namun, jika tidak alangkah baiknya kamu memilih instrumen investasi lainnya, seperti reksa dana atau saham yang bisa kamu beli di Ajaib.

Artikel Terkait