Bisnis & Kerja Sampingan

Amalgamasi Adalah Perkawinan Campur, Yuk Kenali Jenisnya

amalgamasi adalah

Ajaib.co.id – Amalgamasi adalah proses penggabungan dua hal berbeda sehingga memunculkan sesuatu yang baru. Apa saja jenis amalgamasi yang ada di Indonesia?

Dari sisi etimologi atau pembentukan kata, amalgamasi adalah penggabungan etnik atau ras yang berbeda sehingga muncul sesuatu yang baru tanpa meninggalkan budaya dasar. Hal ini lazim ditemui di Indonesia dengan banyaknya perkawinan campur.

Namun ternyata istilah amalgamasi tidak hanya terbatas pada perkawinan. Amalgamasi rupanya menjadi istilah yang umum digunakan untuk mendefinisikan penggabungan dua hal yang berbeda. Apa saja jenis amalgamasi yang umum berkembang di masyarakat? Redaksi Ajaib merangkumnya untuk kamu.

Jenis Amalgamasi

Amalgamasi Perusahaan

Amalgamasi perusahaan adalah penggabungan 2 perusahaan atau lebih untuk dibentuk menjadi perusahaan baru untuk meneruskan kegiatan usaha gabungan. Jika beberapa perusahaan melakukan amalgamasi, semua perusahaan yang bergabung menghentikan kegiatannya.

Contoh perusahaan hasil amalgamasi adalah PT Bank Mandiri (Persero), salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang merupakan gabungan kepemilikan saham Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), dan Bank Bumi Daya (BBD). Hasil dari amalgamasi tersebut selain nama adalah aset, pinjaman, dan deposit.

Selain Bank Mandiri, perusahaan hasil amalgamasi lainnya adalah PT Smartfren Telecom Tbk. Perusahaan telekomunikasi ini merupakan gabungan antara PT Smart Telecom Tbk dengan PT Mobile-8 Telecom Tbk sebelum akhirnya diakuisisi Sinarmas Group pada Agustus 2009.

Amalgamasi BPJS

Amalgamasi BPJS adalah istilah untuk penggabungan kepesertaan yang bisa dilakukan saat peserta masih berstatus aktif sebagai karyawan sebuah perusahaan.

Amalgamasi ini bisa terjadi karena seorang peserta BPJS Ketenagakerjaan punya lebih dari satu kepesertaan. Hal ini bisa terjadi karena peserta tidak melapor bahwa ia sudah punya kartu BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya.

Benefit amalgamasi BPJS adalah pencairan saldo jaminan hari tua (JHT) secara keseluruhan dan hanya membutuhkan 1 paklaring dari tempat terakhir bekerja. Satu kali amalgamasi bisa untuk mempermudah proses kedepannya.

Amalgamasi BPJS bisa dilakukan dengan mengurusnya langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang di mana nama kamu terdaftar aktif. Bawa semua kartu peserta berikut salinan Jamsostek (KPJ) atau BPJS yang saldonya belum digabung, fotokopi KTP, fotokopi kartu keluarga (KK), dan paklaring atau surat keterangan berhenti bekerja dari perusahaan-perusahaan sebelumnya.

Amalgamasi Perkawinan

Amalgamasi perkawinan adalah proses penggabungan etnis, suku, ras, bangsa, maupun agama melalui ikatan perkawinan. Hal ini punya beberapa efek positif, seperti contohnya adalah inovasi budaya. Generasi baru yang dilahirkan dua orang dengan ras yang berbeda biasanya punya sudut pandang dengan kebiasaan baru.

Selain itu, amalgamasi perkawinan juga mampu menjadi sarana pertukaran kebudayaan. Dua orang dengan budaya yang berbeda tentunya punya kebiasaan, adat, cara pengambilan keputusan, hingga pola hidup yang berbeda. Jika sudah diikat dalam perkawinan, dua orang dengan ras yang berbeda ini akan saling berkompromi untuk menciptakan solusi baru.

Amalgamasi Emas

Amalgamasi emas adalah metode pengolahan bijih emas berkadar tinggi dengan menggunakan merkuri untuk mengikat logam emas menggunakan mesin amalgamator. Tujuan dari proses ini adalah untuk mempercepat proses perolehan kandungan emas yang awalnya masih bersatu dengan batuan lainnya.

Proses ini banyak dilakukan oleh penambang skala kecil karena tidak memiliki alat pengolahan emas modern. Sayangnya, merkuri merupakan bahan kimia yang punya dampak buruk bagi lingkungan sehingga metode ini tidak direkomendasikan untuk terus digunakan.

Dampak Positif Amalgamasi

Menggabungkan 2 orang dengan satu budaya saja kadang sulit, apalagi jika amalgamasi harus dilakukan untuk 2 orang atau perusahaan yang berbeda. Namun di luar semua tantangannya, tentu amalgamasi punya dampak positif. Berikut adalah dampak positif amalgamasi yang harus kamu ketahui.

Muncul Inovasi Budaya

Dampak positif ini bisa dilihat pada amalgamasi perkawinan. Salah satu amalgamasi budaya yang mengubah tatanan sosial adalah berlangsungnya pernikahan orang kulit putih dengan kulit hitam. Apartheid, yaitu pemisahan orang kulit putih dan kulit hitam adalah salah satu konflik ras terburuk yang pernah ada di dunia, berlangsung bertahun-tahun bahkan merembet ke isu perbudakan dan kekerasan.

Setelah perdamaian diserukan oleh Nelson Mandela selama bertahun-tahun, politik Apartheid akhirnya dihapuskan pada 21 Februari 1991. Hal ini berdampak pada meningkatnya kesadaran akan toleransi bahkan muncul perkawinan orang kulit hitam dan kulit putih atas dasar cinta.

Menyelesaikan Konflik

Amalgamasi untuk penyelesaian konflik bisa berlaku pada amalgamasi perkawinan maupun amalgamasi perusahaan. Salah satu amalgamasi perkawinan yang mencolok dan terjadi di kehidupan masyarakat Indonesia adalah perkawinan orang Jawa dan Sunda yang mampu membuat dua suku ini rukun, lupa akan pertikaian jaman dahulu kala.

Sedangkan dalam amalgamasi perusahaan, konflik berbagai perusahaan yang akan bergabung akan selesai karena perusahaan baru pasti memiliki aturan, kewenangan, lembaga hukum, dan pengelolaan manajemen yang baru untuk tujuan yang lebih besar.

Menambah Sumber Daya

Efek positif ini bisa dirasakan dalam amalgamasi perusahaan. Contoh yang sudah disebutkan di atas adalah Bank Mandiri yang merupakan hasil penggabungan 4 bank di Indonesia yang punya aset, saham, dan liabilitas menjadi sangat besar ketika digabungkan. Jangan lupakan juga jumlah pelanggan masing-masing perusahaan yang jika diatur dengan baik bisa menjadi basis pelanggan perusahaan baru yang akan berdiri.

Selain aset-aset yang terlihat, amalgamasi juga meningkatkan potensi pertumbuhan perusahaan karena peningkatan nilai saham, menekan risiko karena adanya diversifikasi, dan peningkatan sistem manajerial.

Meningkatkan produktivitas

Jika dikelola dengan baik, inovasi, penyelesaian konflik, dan tambahan sumber daya adalah kunci produktivitas. 

Itu dia informasi mengenai amalgamasi yang bisa kamu jadikan sebagai tambahan pengetahuan. Ternyata amalgamasi bisa digunakan di berbagai bidang ilmu, dengan tidak lepas dari arti awalnya yaitu penggabungan dua hal untuk menjadi hal baru.

Terus baca blog Ajaib untuk mendapatkan informasi dari berbagai bidang, terutama bidang keuangan untuk memperkaya pengetahuan kamu! Ayo kunjungi blog Ajaib sekarang juga.

Artikel Terkait