Investasi

7 Cara Mendapatkan Passive Income untuk Financial Freedom

Memperoleh Passive Income adalah Ciri Financial Freedom

Ajaib.co.id – Memiliki passive income adalah keinginan banyak orang. Passive income adalah salah satu ciri yang menandakan bahwa kamu sudah sukses menyandang status financial freedom. Di mana, kamu bisa memiliki pendapatan tanpa berbuat apa-apa. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak ulasan berikut ini.

Apa itu Passive Income?

Bayangkan jika kamu bisa mendapatkan uang hanya dengan duduk dan tidak melakukan apa-apa. Percaya atau tidak, itu adalah sesuatu yang dilakukan banyak orang setiap hari. Ini adalah konsep yang dikenal sebagai investasi pendapatan pasif (passive income), dan itulah yang memungkinkan orang-orang seperti kamu mengumpulkan kekayaan tanpa harus bekerja keras.

Passive income artinya adalah penghasilan yang tidak didapatkan secara langsung. Artinya, kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan, bahkan saat kamu tidak sedang aktif bekerja. Pada dasarnya, passive income membutuhkan usaha terlebih dahulu untuk membangun sumber-sumber penghasilan.

Misalnya kamu melakukan investasi awal, yang umumnya mengharuskan kamu untuk tidak hanya mengumpulkan uang, tetapi melakukan kerja keras atau penelitian. Tetapi sejak saat itu, kamu duduk dan menikmati aliran pendapatan tanpa harus melakukan upaya yang substansial lagi. 

Beberapa investasi umum yang diketahui menghasilkan pendapatan pasif adalah saham, obligasi, properti sewaan, atau investasi dalam bisnis swasta. Semua gagasan ini memungkinkan kamu terus menghasilkan arus kas dari waktu ke waktu.

Mari kita bicara tentang berbagai cara yang dapat menghasilkan uang tanpa harus memainkan peran aktif yang berkelanjutan dalam memperolehnya.

Cara Mendapatkan Passive Income

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pendapatan pasif atau penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama. Apa saja itu?

1. Saham

Saham adalah salah satu bentuk pendapatan pasif yang paling terkenal karena begitu kamu telah meneliti berbagai perusahaan dan memutuskan berapa banyak saham yang akan dibeli, kamu tidak perlu melakukan apa-apa lagi (walaupun kamu harus secara berkala memeriksa investasi kamu dan menjualnya bila perlu). 

Bayangkan kamu memutuskan untuk berinvestasi di perusahaan farmasi yang diperdagangkan secara publik. Ini tidak seperti kamu akan pernah diminta untuk muncul di kantor pusat perusahaan itu dan membantu tim peneliti dalam mengisolasi protein untuk obat terbaru yang sedang dikembangkan. 

Sebaliknya, kamu akan memulai bisnis kamu dan menunggu untuk mengumpulkan pendapatan pasif kamu dalam bentuk dividen triwulanan. Jika saham yang kamu beli meningkat nilainya dan kamu menjualnya dengan untung kedepannya, kamu akan menghasilkan pendapatan tambahan dengan cara itu. 

Satu-satunya perbedaan adalah bahwa ketika menerima dividen secara otomatis, memutuskan apakah akan menjual saham akan memerlukan sedikit pemikiran, penelitian, dan tindakan di sisi kamu sendiri.

Selanjutnya, kamu perlu melakukan beberapa penelitian awal sebelum menginvestasikan uang ke saham. Khususnya, kamu akan ingin menemukan perusahaan dengan riwayat kinerja yang kuat dan model bisnis yang solid yang menawarkan peluang untuk pertumbuhan. 

Demikian pula, kamu tidak pernah ingin mengatur portofolio dan kemudian mengabaikannya tanpa batas. Kamu harus selalu mengawasi investasi kamu untuk memastikan mereka berkinerja baik. 

2. Obligasi

Obligasi adalah cara mudah lain untuk mendapatkan pemasukan pasif mengalir. Ketika kamu membeli obligasi, yang pada dasarnya kamu lakukan adalah meminjamkan sejumlah uang kepada penerbit sebagai imbalan pembayaran bunga setengah tahunan. 

Setelah obligasi kamu jatuh tempo, penerbit diharuskan membayar kembali investasi pokok kamu, dan pada saat itu kamu akan secara ideal mengumpulkan jumlah bunga yang setara di sepanjang jalan atau dalam prosesnya. 

Meskipun bunga obligasi, seperti pendapatan dividen, secara teknis tidak dijamin. Namun, jika kamu membeli obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan berperingkat tinggi, kemungkinan mengalami pembayaran yang terlewat sangat rendah. Hal ini berarti kamu dapat duduk kembali dan biarkan bunga itu terus mengalir masuk.

Dan, seperti saham, selalu ada opsi untuk menjual obligasi kamu dengan harga yang lebih tinggi dari apa yang kamu bayar. Sehingga kamu dapat menghasilkan pendapatan yang lebih banyak.

3. Menyewakan Properti

Jika kamu mau mencoba-coba dalam real estat, itu bisa berakhir dengan hasil yang sangat besar. Karena, membeli properti untuk disewakan dapat membuatmu selama bertahun-tahun mendapatkan penghasilan tetap bulanan tanpa harus melakukan banyak hal.

Mungkin saat ini yang kamu pikirkan: “Bukankah saya harus mengelola properti sewaan itu?” Tidak semuanya. Pekerjakan saja seorang manajer properti dan suruh orang itu menangani tugas-tugas seperti pemeliharaan, perbaikan, perjanjian sewa, dan penempatan penyewa.

Memang, berinvestasi dalam properti sewaan mengharuskan kamu untuk mendapatkan hipotek, yang bisa menjadi sebuah proses yang panjang. Ini juga mengharuskan kamu untuk memasang jumlah modal yang cukup besar, belum lagi banyak riset pasar di muka. Tapi begitu selesai, kamu tidak perlu mengambil peran aktif.

4. Kemitraan Terbatas

Berinvestasi dalam kemitraan terbatas adalah cara lain yang baik untuk menghasilkan pendapatan pasif. Dalam pengaturan semacam ini, kamu pada dasarnya mendanai usaha swasta dengan potensi untuk menghasilkan uang.

Namun, tanggung jawab kamu terbatas pada jumlah uang yang kamu pilih untuk diinvestasikan. Dan selama kamu setuju bahwa kamu tidak akan memainkan peran aktif dalam usaha itu, penghasilan terkait apa pun akan bersifat pasif.

Tentu saja, ini hanya beberapa aliran pemasukan pasif yang mungkin kamu kejar. Ada dunia peluang di luar sana, dan jika kamu ingin menjadi kreatif, kamu akan mengumpulkan lebih banyak uang untuk melakukan sedikit saja.

Misalnya, jika kamu seorang pengembang web, kamu dapat membuat aplikasi yang kemudian dapat kamu jual kepada pengguna sehingga setiap kali seseorang mendaftar, kamu mendapatkan uang tunai. 

Demikian pula, kamu dapat membuat karya musik yang, jika akhirnya digunakan dalam iklan, menghasilkan royalti yang layak. 

5. Mengikuti Program Afiliasi & Referal

Program afiliasi dari berbagai platform belanja online juga menjadi salah satu cara yang sedang tren untuk mendapatkan passive income. Kamu cukup mendaftar pada program afiliasi dari salah satu e-commerce. Jika kamu memenuhi kriteria, biasanya kamu langsung bisa memulai misimu. 

Misi dari program afiliasi sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mempromosikan produk atau layanan yang bisa kamu lakukan melalui platform media sosial, blog, hingga e-mail. Nah, kalau promosimu berhasil dan berujung pembelian, kamu akan mendapatkan komisi. Semakin banyak barang yang terjual, semakin banyak juga komisi yang kamu dapatkan.

Selain program afiliasi, kamu juga bisa mendaftar program referal aplikasi. Kamu hanya perlu mengajak teman meng-install dan mendaftar aplikasi tertentu untuk mendapatkan reward. Semakin banyak teman yang diajak, makin besar juga reward yang kamu dapat.

6. Sewa Kendaraan

Jika kamu memiliki mobil atau motor nganggur di rumah kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan passive income. Caranya, kamu bisa mendaftarkan kendaraanmu sebagai mitra kendaraan online kemudian menyewakannya. Buat syarat dan ketentuan serta tarif sewa detail untuk penyewa yang akan jadi driver taksi atau ojek online. Setelah itu, kamu bisa memasarkan jasa sewa kendaraanmu pada platform online seperti OLX, Jualo, dan sebagainya.

Kamu juga bisa memasarkan jasa melalui orang-orang terdekatmu. Meskipun begitu, sebaiknya kamu berhati-hati dalam memilih penyewa. Pastikan, kamu membuat kesepakatan yang detail dan memiliki kekuatan hukum yang kuat. Sehingga, sewaktu-waktu terjadi masalah yang merugikan, kamu punya bukti hukum yang kuat.

7. Vlogger di YouTube

Di era digital seperti sekarang, kamu bisa melakukan apapun untuk mengekspresikan diri, salah satunya dengan membuat konten video di YouTube. Kamu bisa membuat konten sesuai dengan passion dan ketertarikanmu misalnya, membuat vlog, ulasan barang, podcast, streaming game, dan masih banyak lagi.

Meskipun begitu, mendapatkan jumlah views, subscriber, dan adsense membutuhkan ketekunan dalam membuat konten yang menarik dan sesuai audiens.

Seiring waktu, ketika jumlah views dan subscriber kamu sudah memenuhi standar yang ditentukan, kamu bisa mendapatkan uang dari YouTube. Uang yang akan kamu dapatkan dari YouTube bersumber dari tiga hal:

  • Pendapatan langsung dari jumlah viewers;
  • Adsense;
  • Paid promote dari brand tertentu

Bagaimana? Menarik bukan?

Apakah semua contoh ini dianggap sebagai pemasukan pasif sejati? Tidak persis dengan setiap definisi. Tapi mari kita samakan mereka dengan memiliki properti sewaan. Kamu mungkin memerlukan berminggu-minggu ke dalam penelitian untuk menentukan daerah mana yang tepat untuk membeli sebuah properti.

Kamu mungkin kemudian menghabiskan beberapa minggu lagi melihat properti sebelum melakukan pembelian kamu. Tetapi begitu upaya besar itu selesai, kamu bisa duduk dan menuai hasilnya selama lima, 10, atau 20 tahun. Hal yang sama berlaku di contoh-contoh di atas.

Ingat, pendapatan pasif memang membutuhkan setidaknya upaya; itu tidak membutuhkan upaya berkelanjutan yang substansial. Bagian terbaik? Ketika berbicara tentang penghasilan pasif, kemungkinannya benar-benar tidak terbatas. Dan dalam banyak kasus, semakin banyak upaya yang kamu lakukan di awal, semakin besar pendapatanmu di belakang.

Mulai Investasi di Ajaib Sekuritas Sekarang!

Masa depan kamu tentu akan menjadi lebih terjamin dan aman secara finansial bila kamu berinvestasi, bukan? Ajaib Sekuritas hadir untuk memberikan pengalaman investasi yang lebih aman dan terpercaya. Mulai perjalanan investasimu bersama Ajaib Sekuritas sekarang, karena proses pendaftarannya yang mudah dan 100% online, tanpa memerlukan modal yang besar.

Berbagai layanan dan indeks saham juga tersedia dalam rangka mendukung investasimu agar semakin maksimal! Mulai dari saham, reksadana, margin tradingday trading, dan layanan bagi nasabah premium, Ajaib Prime, bisa kamu temukan di aplikasi Ajaib Sekuritas.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib Sekuritas sekarang!

Artikel Terkait