Bisnis & Kerja Sampingan

Strategi Marketing yang Bisa Dilakukan oleh Wirausaha Pemula

strategi marketing

Ajaib.co.id – Walaupun kamu adalah wirausaha pemula, kamu perlu melakukan strategi marketing agar produk atau jasa yang kamu produksi bisa mendatangkan pelanggan lebih banyak. Dari awal kamu sebaiknya langsung bekerja secara optimal untuk mempromosikan produk dan jasa yang kamu tawarkan.

Jika diawal sudah mendapatkan respons yang baik, beruntunglah kamu. Namun, jika responsnya belum banyak, kamu jangan menyerah dan terus melakukan strategi untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa milikmu.

Saat ini menjadi wirausaha bisa dilakukan oleh siapa saja dan dengan modal berapa saja. Namun, kamu tetap membutuhkan strategi agar produk dan jasa yang ditawarkan laku di pasaran.

Mungkin di awal usaha yang kamu lakukan, kamu akan mengalami banyak kendala karena kamu masih kekurangan pegawai dan pengalamanmu sedikit. Namun, tidak perlu takut karena kamu akan belajar tentang banyak hal dan setelah ini kamu bisa berkembang dengan baik.

Kamu tentu tidak bisa diam begitu saja membiarkan produk atau jasamu tidak dikenali oleh siapa-siapa. Pastinya kamu ingin produkmu digunakan oleh orang banyak karena itulah diperlukan adanya strategi pemasaran.

Strategi marketing yang dilakukan bisa saja berbeda-beda, tergantung dari kreativitasmu dan juga isi kantongmu. Karena kamu adalah wirausaha pemula, kamu bisa memanfaatkan hal-hal ini sebagai langkah pertama yang paling baik, tanpa harus keluar uang terlalu banyak.

Tentukan Calon Pelanggan

Ketika kamu membuat sebuah produk atau jasa, kamu perlu menentukan siapa calon pelanggan. Siapa calon pelanggan ini bisa ditentukan dari demografi.

Misalnya kamu ingin membuat produk tas dengan bentuk simpel, dan digunakan oleh para anak SMA dan mahasiswi. Lalu, bentuk tasnya juga punya kesan feminin. Jadi, kamu langsung saja targetkan produkmu itu untuk perempuan berusia 14-22 tahun.

Setelah berhasil menentukan siapa pelangganmu, kamu akan lebih mudah melakukan strategi pemasaran selanjutnya. Kamu bisa menentukan harga tasmu sesuai dengan isi kantong calon pelangganmu.

Tawarkan kepada Orang Terdekat yang Sesuai dengan Target Calon Pelanggan

Untuk diawal buka usaha, tidak ada salahnya menawarkan produk atau jasa kepada orang terdekatmu. Bisa keluarga, bisa juga teman. Biasanya mereka bersedia membantu dengan membelinya. Jika mereka puas dengan produknya, mereka pastinya akan bersedia membeli produk atau jasa milikmu itu atau mereka bisa saja bersedia membantu promosi.

Tapi jangan lupa orang terdekat ini harus sesuai dengan target calon pelanggan yang kamu miliki ya. Hal itu dilakukan agar pemasaran yang dilakukan tepat pada sasaran.

Tentukan Lokasi yang Tepat

Jika kamu ingin mendirikan toko, tidak ada masalah dengan itu. Namun, kamu harus bisa memastikan bahwa toko yang akan kamu tempati itu bisa ditemukan oleh mereka yang jadi target pelangganmu.

Misalnya saja, kamu ingin menjual kaos-kaos dengan desain unik dan target pembelimu adalah para mahasiswa, jadi kamu sebaiknya membuka toko yang berdekatan dengan kampus.

Atau jika kamu belum punya modal untuk membangun toko atau menyewa toko, kamu bisa melakukan cara lain untuk strategi itu. Caranya adalah dengan memanfaatkan media sosial.

Manfaatkan Media Sosial

Saat ini banyak media sosial yang memiliki fitur promosi yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja untuk mempromosikan produk atau jasanya. Fitur promosi ini adalah fitur yang berbayar, dan kabar baiknya untuk menggunakan fitur ini kamu tidak perlu membayar dengan harga yang mahal. Tentu jauh lebih murah ketimbang mendirikan toko yang memerlukan biaya cukup besar.

Fitur promosi media sosial ini dilengkapi dengan target calon pelanggan yang cukup jelas. Dan bisa menjangkau juga orang-orang di luar kota. Namun, jika kamu ingin memasarkannya di kota tempat tinggalmu, kamu hanya perlu memilih kota tempat tinggalmu itu.

Jika kamu perhatikan, sudah banyak pelaku bisnis menggunakan media sosial dalam mempromosikan produk atau jasanya. Hal itu dikarenakan pengguna media sosial di Indonesia mencapai ratusan juta. Yang perlu kamu ingat, jika kamu ingin promosimu menjangkau banyak orang, kamu pun perlu menyiapkan biaya yang lebih.

Buka Layanan Keluhan

Cara ini perlu kamu lakukan agar tidak kehilangan pelanggan. Misalnya saja pembeli mendapati produkmu yang baru ia beli rusak, tentunya ia ingin ganti rugi. Akan sangat gawat jika pembeli itu tidak tahu harus ke mana menghubungimu.

Untuk mengelola hubungan yang baik dengan pembeli kamu perlu membuka layanan keluhan. Layanan ini bisa dalam bentuk email, atau jika ingin yang lebih praktis bisa dalam bentuk media sosial. Kamu perlu memantau media sosialmu untuk mengecek apakah ada komplen yang masuk dan menjawab keluhan dengan bahasa yang baik.

Tentukan Promo yang Menarik

Di awal membuka bisnis, mengadakan promo yang menarik bisa menjadi promosi yang cukup efektif. Misalnya kamu bisa mengadakan promo beli 1 gratis 1. Atau yang cukup diminati calon pembeli adalah bagi-bagi produk gratis. Atau kamu bisa memberikan diskon terhadap produkmu. Promo ini hanya berlaku sampai kurun waktu tertentu agar pembeli langsung berbondong-bondong memiliki produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Terus Berinovasi

Setelah berhasil memasarkan produk atau jasamu dengan baik, kamu bisa melakukan inovasi terbaru. Biasanya pelanggan itu mudah kebosanan atau mendambakan hal yang baru dari produsen. Karena itu jangan takut untuk berinovasi. Misalnya saja kamu menjual roti dalam 10 rasa. Kamu bisa melakukan inovasi lain dengan menambah 5 rasa terbaru yang pastinya lezat dan mungkin bisa difavoritkan oleh pelanggan baru.

Seperti itulah strategi pemasaran yang bisa kamu lakukan ketika baru membangun bisnis. Selamat mencoba ya.

Bacaan menarik lainnya:

Prentice Hall. Kurtz, D. & L.E. Boone. (2006). Principles of Marketing. London: Thomson 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait