Pajak, Teknologi

Cara Cek Pajak Kendaraan Jakarta dengan Menggunakan Aplikasi

cek pajak kendaraan jakarta

Ingin tahu cara cek pajak kendaraan Jakarta dengan aplikasi? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini mengenai cara cek pajak kendaraan Jakarta agar kamu bisa melakukannya dengan praktis melalui aplikasi.

Jika kamu kamu memutuskan untuk memiliki kendaraan maka kamu harus mempunyai STNK dan membayar pajak kendaraan baik itu kendaraan beroda empat yaitu mobil ataupun kendaraan beroda dua yang disebut dengan motor. Kamu tentu tidak bisa untuk berkendara tanpa adanya STNK, dan wajib hukumnya untuk membayar pajak untuk kamu yang memiliki kendaraan roda dua tersebut.

Pajak kendaraan bermotor adalah pajak yang dipungut atas kepemilikan atau penguasaan kendaraan bermotor baik itu roda empat atau roda dua. Penjelasan lebih jelas mengenai kendaraan bermotor tertulis dalam Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pajak Kendaraan Bermotor.

Pajak motor termasuk dalam pajak progresif yaitu pajak yang tarif pemungutannya sesuai dengan persentase yang meningkat sesuai dengan nilai objek pajak dan kuantitas atau jumlah dari objek pajak. Adapun tarif pajak progresif sesuai dengan urutan kepemilikan kendaraan adalah sebagai berikut:

  • Kepemilikan kendaraan motor pertama memiliki tarif sebesar 2%, untuk kendaraan bermotor kedua tarif yang dikenakan sebesar 2,5% dan 0,5% untuk setiap tambahan kendaraan motor.
  • Kepemilikan kendaraan bermotor oleh sebuah badan tarif pajaknya sebesar 2%.
  • Kepemilikan kendaraan bermotor pemerintah pusat dan daerah sebesar 0,50%
  • Kepemilikan kendaraan bermotor alat berat memiliki pajak sebesar 0,20%

Persentase diatas merupakan acuan untuk menghitung pajak progresif yang harus dibayar tahunan untuk setiap kendaraan pribadi, kendaraan sebuah badan usaha, kendaraan milik pemerintah pusat dan daerah dan kendaraan alat berat.

Kamu dapat melihat tanda pajak progresif dan pajak motor di STNK selama kamu memiliki STNK di tangan kamu. Jika kamu ingin melihat pajak progresif maka yang perlu kamu lakukan adalah:

  1. Mengeluarkan STNK
  2. Mencari surat ketetapan pajak daerah (PKB/BBN-KB) dan SWDKLLJ pada STNK yang umumnya ditandai dengan warna coklat, setelah itu di sisi sebelah kanan lihat besaran PKB, BBN-KB, dan lain-lain, pada kotak pertama berisi kode-kode
  3. Lihat pada kode yang paling belakang maka kamu akan menemukan letak pajak progresif kendaraan bermotor milik kamu.

Sementara apabila kamu ingin mengetahui pajak pada STNK maka yang perlu kamu lakukan adalah:

  1. Mengeluarkan STNK
  2. Lihatlah tabel dengan kolom PKB, SWDKLLJ dan jumlah biaya pajak motor kamu.

Namun, di era teknologi informasi yang semakin canggih dan terus mengarah ke arah yang lebih baik memungkinkan siapa saja mengembangkan terobosan baru. Misalnya saja saat ini kita cukup menggunakan internet dari komputer atau gadget untuk berbelanja, membayar tagihan, transaksi uang, bahkan mengirim barang.

Hal ini juga dimanfaatkan oleh pemerintah dalam mengakomodasi dan menyesuaikan diri di tengah-tengah ramainya penggunaan internet di masyarakat dalam dunia perpajakan dengan menghadirkan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) yang meliputi Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Polisi Republik Indonesia (Polri), dan Jasa Raharja.

Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), memiliki wewenang untuk mengeluarkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bagi semua pemilik kendaraan bermotor, baik kendaraan pribadi, mobil besar, hingga sepeda motor.

Samsat hadir sebagai solusi bagi para pemilik kendaraan bermotor terutama mereka yang tidak memiliki banyak waktu luang. Lalu bagaimanakah cara kerja Samsat? Kini mengecek dan membayar pajak kendaraan bermotor sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi milik pemerintah daerah. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan e-Samsat cukup dengan memasukan nomor polisi kendaraan dan NIK melalui website http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/ maka data kendaraan dan total pajak kendaraan kamu akan langsung terbaca.

Selain melalui website kamu juga bisa mengunduh aplikasi Cek Pajak Kendaraan yang tersedia di Google Playstore dengan cara, kamu hanya cukup mengunduh aplikasinya dan pilih menu PKB. Kemudian, ketik informasi plat nomor kendaraan. Nantinya, informasi kendaraan akan muncul beserta jumlah pajak dan jatuh temponya. Namun sangat disayangkan untuk pemilik smartphone iPhone aplikasi ini belum tersedia di Apple Store.

Selain mengecek pajak kendaraan, kamu juga bisa langsung membayarkan pajak kendaraan milikmu melalui e-Samsat melalui ATM atau internet banking. Tidak hanya itu kamu juga bisa mengecek pajak kendaraan bermotor milik kamu dengan SMS. Kamu hanya cukup klik tombol *368# di layar smartphone, setelah itu informasi pajak akan muncul. Setelah memasukkan nomor tersebut, nantinya akan muncul tulisan DITLANTAS POLRI dengan pilihan: Polda Metro Jaya dan Polda Sumut. Untuk wilayah DKI Jakarta, kamu bisa memilih nomor 1. Dari nomor tersebut, ada empat pilihan yang muncul, yaitu: Info atau cek Ranmor, Info Pajak Ranmor, Pajak Reminder, Info Simling, Info Samling, dan Kembali. Kamu hanya perlu memilih nomor 2 saja. Setelah selesai memilih, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor kendaraan. Nantinya, akan ada SMS yang masuk dari Polda Metro Jaya. Mudah sekali bukan? Nggak perlu ribet lagi deh bolak-balik kantor Samsat!

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk cek pajak kendaraan Jakarta secara mudah, gratis, dan tidak buang-buang waktu serta hemat energi! Setelah mengetahui berbagai cara cek pajak kendaraan Jakarta dan membayar pajak, pastikan kamu juga menjalankan kewajiban kamu untuk membayar pajak tepat waktu ya agar tidak dikenakan denda.

Jangan sampai kamu tidak bertanggung jawab atas kendaraan yang sudah kam punya. Selain itu dengan inovasi yang ada saat ini dalam dunia perpajakan diharapkan juga kamu dapat terlindungi membeli kendaraan hasil curian dengan surat-surat palsu. Semoga bermanfaat untukmu!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait