Bisnis & Kerja Sampingan

7 Bisnis Online yang Asyik Dimulai Bareng Sahabat

Ilustrasi Artikel Ajaib: 7 Bisnis Online yang Asyik Dimulai Bareng Sahabat

Ajaib.co.id – Membangun bisnis online bareng sahabat terdengar menarik untuk dilakukan. Apalagi mengingat bahwa sahabat adalah orang yang telah melalui suka dan duka bersama kita. Mereka tahu sifat baik dan buruk tetapi tetap mau berteman dengan kita.

Bekerja bersama sahabat akan membuatmu lebih bersemangat dalam membangun sebuah usaha. Namun, apa saja bisnis online yang cocok dibangun bersama sahabat? Berikut 7 inspirasinya untukmu.

Bisnis Jasa Titip

Inspirasi bisnis online bareng sahabat yang pertama adalah jasa titip atau jastip. Bisnis online jastip ini bisa kamu lakukan ketika sedang pergi tempat yang tidak semua orang bisa kunjungi. Misalnya, ketika pergi liburan ke luar negeri seperti Jepang atau Korea.

Kamu dan sahabat bisa membuka jasa titip beli untuk produk-produk yang tidak ada di Indonesia tetapi ada di Jepang dan Korea. Produk seperti make up, skincare, atau makanan akan sangat laris dibeli oleh para pelanggan.

Bisnis Desain Instagram

Kamu atau sahabatmu jago desain? Jika demikian ide bisnis online ini cocok untuk kalian. Mendesain feed dan story Instagram bisa menjadi jasa yang bisa kamu tawarkan secara online. Banyak online shop dan pelaku bisnis yang melakukan marketing secara digital membutuhkannya.

Keindahan sebuah tampilan Instagram menjadi daya tarik tersendiri untuk para calon pelanggan. Oleh karena itulah, banyak pelaku usaha membutuhkan skill desain kalian untuk mempercantik tampilan instagram mereka.

Desain Instagram adalah salah satu bisnis online tanpa modal yang boleh dicoba. Ini karena kamu dan sahabat tidak perlu membeli produk untuk dijual. Berbekal aplikasi yang sudah ada di gawai juga promosi melalui media sosial, kalian sudah bisa menawarkan sekaligus membuat portofolio untuk jasa ini.

Dropship

Kamu ingin memiliki bisnis online shop? Kamu ingin membeli produk secara grosir tetapi tidak memiliki ruang yang cukup untuk menyimpannya? Jika demikian, bisnis dropship adalah jawaban yang tepat. Kamu tidak perlu menyediakan ruang bahkan modal untuk memulai bisnis ini.

Pada dasarnya, bisnis ini dilakukan dengan mengunggah foto-foto produk dari seller di media sosial maupun e-commerce. Kamu cukup memasarkan produk berbekal foto-foto tersebut. Jika ada pelanggan yang memesan, kamu tinggal order ke seller. Kemudian, seller akan mengirim produk ke alamat pelanggan atas nama tokomu.

Keuntungan yang didapat bisa dari selisih harga yang dijual seller dengan harga jual di tokomu. Bisnis dropship cukup mudah dilakukan. Apakah kamu tertarik memulainya bersama sahabat?

Menjadi Youtuber

Tidak dipungkiri, menjadi seorang Youtuber bisa memberikan banyak penghasilan. Jika selama ini kamu hanya menjadi penonton, mengapa tidak mencoba menjadi Youtuber bersama sahabatmu?

Pilihlah sebuah topik yang disenangi oleh kalian berdua. Topiknya bisa apa saja seperti fashion, kuliner, musik, atau game. Misalnya kalian berdua sangat senang travelling, kalian bisa coba memulainya dengan melakukan review tempat wisata di kota tempat tinggal.

Cobalah untuk menjadi Youtuber dengan ciri khas yang unik. Dengan begitu, channel kalian akan lebih mudah diingat oleh penonton. Menjadi Youtuber akan membuka peluang-peluang bisnis lain untukmu dan sahabat. Bisa jadi, seiring berjalannya waktu ada brand ternama yang meminta endorse dari kalian.

Content atau Copywriting

Apakah kamu dan sahabat memiliki hobi menulis? Jika demikian, kamu bisa memulai menawarkan jasa content writer atau copywriter. Content writer adalah penulis yang bertugas membuat artikel untuk konten di sebuah situs web atau media sosial. Sementara itu, copywriter bertugas membuat artikel promosi mengenai sebuah produk atau jasa.

Cobalah untuk belajar membuat artikel konten dengan teknik SEO. Ini berguna agar situs web bisa berada di halaman pertama mesin pencari. Dengan demikian, akan banyak orang yang mengunjungi situs web tersebut. Selain itu, cari tahu cara melakukan keyword research untuk menemukan kata kunci yang cocok sebagai topik pembuatan artikel.

Jasa content writer atau copywriter sangat diperlukan untuk marketing secara digital. Akan ada banyak brand yang membutuhkan bantuan kalian dalam memproduksi artikel di situs mereka. Selain itu, kamu bisa content writing maupun copywriting merupakan ide bisnis online rumahan yang bisa dikerjakan dari mana saja.

Menjual Foto

Jika kamu dan sahabat hobi fotografi, kalian bisa menghasilkan uang dari hobi tersebut. Bukan hanya menjadi jasa fotografer pada saat acara-acara tertentu, kalian bisa menjual foto-foto di dunia maya. Dapatkan uang dari beberapa situs tertentu untuk setiap foto yang kamu unggah.

Misalnya shutterstock.com, situs ini akan membayar sebesar $0.25 hingga $0,38 untuk setiap unduhan. Karyamu akan terus berada di sana dan kamu akan terus mendapatkan penghasilan selama ada orang yang mengunduh fotomu. Padahal situs ini bisa diakses oleh banyak orang di seluruh dunia. Bayangkan berapa besar marketmu.

Jika uangmu sudah mencapai $35, kamu bisa mencairkannya melalui PayPal. Menjual foto bisa menjadi bisnis bareng sahabat yang menguntungkan, bukan?

Kursus Online

Jika kamu atau sahabatmu memiliki skill yang unik, makan membuat bisnis kursus secara online bisa kamu coba. Misalnya, skill desain. Kamu bisa membagikan pengetahuanmu dalam dunia desain secara online.

Ada situs-situs seperti Udemy, SkillShare, atau Lynda yang bisa kamu coba sebagai media sharing ilmu. Media ini mirip seperti Youtube, hanya saja orang harus membayar untuk bisa mengakses video-video kursus di dalamnya. Kamu bisa bekerja sama dengan sahabat untuk memasarkan video-video tersebut.

Sebelum memulai sebuah bisnis, kamu harus mempersiapkan banyak hal seperti rencana bisnis, strategi marketing, pembagian tugas, dan yang paling penting modal usaha. Tidak perlu khawatir jika saat ini kamu belum memiliki modal, kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha di Modal Rakyat.

Itulah 7 inspirasi bisnis online bareng sahabat yang bisa kamu coba. Dari beberapa ide di atas, mana bisnis yang paling cocok?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Artikel Terkait