Asuransi & BPJS

Mengenal Lebih Jauh Produk Asuransi Sinarmas

produk asuransi sinarmas

Ajaib.co.id – Kiprah Grup Sinarmas sudah begitu luas dengan perusahaan yang bergerak di berbagai sektor. Kinerjanya juga sudah tak perlu lagi diragukan dan sudah jadi pilihan masyarakat. Termasuk produk asuransi Sinarmas yang menawarkan perlindungan dari berbagai kebutuhan.

Produk asuransi ada begitu banyak dari berbagai brand. Namun kamu tidak bisa asal memilih suatu brand untuk menyediakan perlindungan bagimu. Asuransi sama seperti investasi, kamu harus mempertimbangkan baik-baik sebelum menjatuhkan pilihanmu.

Salah satu nama besar yang bisa kamu pertimbangkan ialah produk asuransi dari Grup Sinarmas. Alasannya karena perusahaan ini terbukti berhasil menjadi salah satu perusahaan asuransi terkuat pada 2020 di tengah badai pandemi ini.

Hal ini diukur melalui rasio solvabilitas atau risk based capital (RBC) masing-masing perusahaan. Asuransi Sinarmas memiliki angka 378% sehingga menjadi salah satu yang terkuat. Data ini berdasarkan laporan keuangan masing-masing perusahaan pada kuartal I 2020.

Selain itu, Sinarmas ada di posisi ketiga yang berhasil mencetak laba bersih tertinggi pada kuartal I 2020. Jumlah keuntungan yang berhasil diraup oleh produk asuransi Sinarmas sebanyak Rp147 miliar. Hanya kalah dari Prudential dan Indolife dengan selisih yang juga tak jauh.

Berbagai alasan ini tentu saja menjadi alasan kamu tak perlu lagi ragu memilih produk asuransi Sinarmas untuk perlindungan kamu dan keluarga. Terlebih lagi, k layanan keuangan yang dimiliki oleh Sinarmas merupakan salah satu sektor yang paling unggul dengan salah satu produk unggulannya yaitu asuransi.

Didirikan dengan nama PT Internas Arta Leasing yang kemudian berubah menjadi PT Sinar Mas Multiartha, asuransi yang ditawarkan Sinarmas menjadi salah satu produk asuransi yang terpandang dan terpercaya di Indonesia.

Belum semua orang menyadari pentingnya asuransi. Generasi milenial sendiri pun masih tergolong sulit untuk diajak menjamin kehidupannya melalui asuransi. Padahal asuransi merupakan tabungan yang aman untuk menghadapi kejadian tidak terduga di masa yang akan datang.

Berbagai Produk Asuransi Sinarmas, Bisa Pilih Sesuai Kebutuhannya

Seperti perusahaan asuransi lainnya, Sinarmas juga menyediakan layanan asuransi sesuai pengertian dan fungsinya di atas. Menjadi pionir perusahaan asuransi di Indonesia, asuransi Sinarmas sudah memiliki beberapa produk yang mampu mengurus hampir semua lini kehidupan. Produk asuransi Sinarmas antara lain:

  • Kecelakaan dan kesehatan

Produk asuransi Sinarmas terkait kecelakaan dan kesehatan (accident and health) terbagi menjadi tiga kategori. Yaitu kecelakaan diri, kesehatan, dan personal accident and health.

  • Kecelakaan diri

Asuransi Sinarmas memberikan pilihan produk asuransi untuk mengurangi kerugian yang muncul akibat dari kecelakaan diri. Produk yang ditawarkan yaitu Simas Personal Accident, Group Personal Accident, dan Travel Insurance.

  • Kesehatan

Resiko kesehatan yang dimaksud adalah resiko penyakit maupun karena kecelakaan. Asuransi kesehatan dari asuransi Sinarmas dibagi menjadi dua jenis, yaitu Simas Sehat Corporate untuk menjamin kesehatan karyawan perusahaan beserta keluarganya dan Individual yaitu untuk menjamin kesehatan perseorangan.

  • Personal accident and health

Pada produk asuransi Sinarmas ini mereka menawarkan dua produk, yaitu Simas UKM dan Simas Proteksi PHK. Simas UKM adalah asuransi kecelakaan diri dengan perluasan jaminan atas resiko kegagalan pembayaran pinjaman yang diakibatkan oleh kematian.

Perlindungan juga diberikan untuk cacat tetap total akibat kecelakaan, perawatan inap jangka pendek maupun jangka panjang akibat sakit dan kecelakaan. Sementara Simas Proteksi PHK adalah perlindungan atas risiko-risiko akibat kecelakaan dan kepailitan yang dapat menyebabkan terjadinya PHK.

  • Penjaminan

Produk Asuransi Penjaminan yang dimiliki oleh asuransi Sinarmas ada 8 kategori, yaitu Bid Bond, Performance Bond, Advance Payment Bond, Maintenance Bond, Customs Bond, Excise Bond, Kontra Bank Garansi, dan asuransi kredit.

  • Tanggung Gugat

Produk Asuransi Tanggung Gugat yang dimiliki oleh asuransi Sinarmas ada 5 kategori, yaitu Workmens Compensation, Public Liability, Product Liability, Comprehensive General Liability, dan Directors and Officers Liability.

  • Rekayasa

Pada produk ini, asuransi sinamas menawarkan perlindungan untuk kegiatan-kegiatan yang menyangkut bidang teknik seperti pembangunan pabrik, bendungan, jalan raya, jembatan, gedung-gedung perkantoran. Kegiatan-kegiatan ini dalam pelaksananaannya menghadapi banyak resiko kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran, sambaran petir, ledakan, banjir, badai, gempa bumi, roboh, tanah longsor, pencurian, kelalaian, tindak kejahatan dan lain-lain.

Asuransi rekayasa atau Simas Engineering menawarkan perlindungan atas pekerjaan teknik yang dijalankan tidak terganggu walaupun terjadi suatu resiko.

  • Fire and Allied Perils

Produk Asuransi Fired and Allied Perils yang dimiliki oleh asuransi Sinarmas ada 6 kategori, yaitu Simas Rumah Hemat, Simas Ruko, Property All Risks, Industrial All Risks, Business Interruption, dan Growing Trees Insurance.

  • Pengangkutan

Produk Asuransi Pengangkutan atau Marine Insurance yang dimiliki oleh asuransi Sinarmas ada 4 kategori, yaitu Marine Hull, Marine Cargo, Aviation, dan Simas Kapal.

  • Kendaraan Bermotor

Produk Asuransi Kendaraan Bermotor (Simas Mobil) yang dimiliki oleh asuransi Sinarmas ada 3 kategori. Yaitu Asuransi Gabungan (Comprehensive) + TPL, Total Loss Only + TPL, dan Simas Mobil TPL.

  • Asuransi Mikro

Produk Asuransi Mikro terbagi menjadi 3 kategori. Yaitu Simas Petani, Simas Perlindungan, Simas Sehat Mikro, Simas Siswa Mikro, dan Stop Usaha Erupsi.

  • Miscellaneous

Produk Asuransi Aneka (Miscellaneous) yang dimiliki oleh asuransi Sinarmas ada sembilan kategori. Yaitu Simas Hole In One, Money Insurance, Golf Indemnity, Plate Glass, Burglary, All Risks Property Floaters, Cellular Phone Insurance, Simas Expatriates, dan Simas Pet Insurance.

  • Produk Syariah

Untuk produk asuransi Sinarmas ini memiliki varian yang serupa dengan pilihan di atas. Hanya saja, metode yang diterapkan menggunakan penghitungan syariah. Sinarmas memahami ada masyarakat yang punya preferensi tersendiri untuk produk perlindungan dirinya sehingga menawarkan alternatif yang bermanfaat.

Setelah mengetahui produk-produk asuransi terlebih produk dari asuransi Sinarmas, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan layanan asuransi. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Untuk itu, lebih baik kamu mempersiapkannya sejak jauh hari agar ketika resiko itu datang, kamu tidak bingung dan kesulitan dalam mencari pertolongan.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa datang langsung ke kantor pusat perusahaan ini. Alamatnya ada dia Jl KH Fachrudin No 18 -20,Tanah Abang Jakarta 10250 Telp. 021 2918 9999 / 5050 9888, Faks. 021 3902159 – 60. WhatsApp 0881 1070 888. Kelebihan lainnya dari produk asuransi Sinarmas adalah menerapkan layanan digital untuk nasabah maupun calon nasabahnya.

Sejumlah kontak bisa kamu akses antara lain Telp. 021 2918 9999 (Hunting) atau telp. 021 5050 9888 (Hunting WA pembayaran premi). Nomor WA pembayaran premi 0881 117 6644 (office hour). Whatsapp notifikasi polis : 0881 234 0900 (office hour). Tujuannya agar bisa melayani masyarakat lebih baik dan lebih cepat lagi.

Sinarmas, Perusahaan Di Balik Ragam Perlindungan Bagi Masyarakat

Hampir semua orang pasti pernah mendengar Sinarmas. Salah satu perusahaan terbesar di Indonesia ini memiliki setidaknya enam operasi bisnis. Sektor yang dipegangnya yaitu properti, telekomunikasi, sektor energi/infrastruktur, agribisnis/pangan, pulp/kertas, hingga layanan keuangan.

Perusahaan ini telah berdiri sejak 1962. Pada 1968, Sinarmas mendirikan penyulingan minyak nabati dan kopra pertama yang pada akhirnya dibuat pabrik dengan nama Bitung Manado Oil Limited di Sulawesi Utara. Pada 1972 muncul anak sektor Sinarmas lainnya yaitu pulp/kertas dan properti (real estate/developer).

Sektor layanan keuangan pun muncul pada 1982 disusul dengan sektor energi/infrastruktur yang muncul pada 1996. Kemudian di tahun 2006 muncul sektor operator telekomunikasi yang dinamain Smartfren.

Pentingnya Asuransi Untuk Hadapi Masa Depan yang Tak Pasti

Asuransi adalah suatu aktivitas pengendalian resiko di mana satu pihak (nasabah) mengalihkan resiko yang mungkin terjadi di masa depan kepada pihak perusahaan asuransi. Bisa juga dikatakan bahwa asuransi adalah suatu perjanjian antara nasabah dengan perusahaan asuransi di mana perusahaan ini akan bersedia untuk mengganti kerugian yang dialami nasabah di masa yang akan datang.

Nasabah harus membayar premi khusus kepada perusahaan asuransi yang telah disepakati dalam jangka waktu tertentu agar mendapat jaminan asuransi atas resiko tidak terduga yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Seperti yang bisa dilihat pada pengertian tersebut, beberapa fungsi asuransi antara lain:

  • Jaminan untuk pihak yang menggunakan asuransi untuk mendapat perlindungan atas resiko yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Bisa dikatakan sebagai aktivitas pengalihan resiko kepada perusahaan asuransi.
  • Untuk memperkecil potensi kerugian yang lebih besar jika tidak menggunakan asuransi pada saat resiko itu terjadi.
  • Asuransi dianggap efisien bagi perusahaan karena mengurangi biaya untuk pengawasan, pengamanan, dan perlindungan yang memakan biaya yang jauh lebih tinggi.
  • Untuk menutup loss of earning power seseorang atau suatu perusahaan ketika sudah tidak bekerja atau tidak berfungsi lagi.

Jadi, kamu jelas perlu brand terbaik untuk menghadirkan proteksi bagi semua kemungkinan di masa depan. Mungkin saja produk asuransi Sinarmas sesuai dengan kebutuhanmu.

Artikel Terkait