Pajak

Lapor Pajak Online Bantu Masyarakat Lebih Taat Pajak

Lapor Pajak Online Bantu Masyarakat Lebih Taat Pajak

Ajaib.co.id – Sebagai warga negara yang baik, membayar pajak menjadi kewajiban yang harus dilakukan dan dipenuhi. Namun, tidak berhenti di situ, setelah membayar pajak, wajib pajak juga diharuskan untuk melaporkan pajak tersebut. Saat ini, kamu bisa melapor SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) atau pajak tahunan dengan mudah melalui online dengan penggunaan e-filing pajak.

Manfaat Lapor SPT secara Online

1. Efisiensi Biaya & Waktu

Dengan melakukan lapor SPT secara online, kamu sebagai Wajib Pajak Pribadi maupun Perseroan tak perlu datang dan antre di kantor pajak. Efisiensi waktu dan biaya juga lebih terjamin karena kamu tidak perlu datang ke KPP dan bisa melakukan pekerjaan lainnya dengan lebih produktif.

2. Lapor Pajak Online Lebih Mudah Digunakan

Karena dilengkapi panduan, aplikasi e-Filing sangat mudah dikerjakan. Kelengkapan data terjamin berkat validasi dari sistem pusat. Lapor pajak secara online juga sangat memudahkan, terutama bagi kamu yang tidak memiliki latar belakang perpajakan atau keuangan. e-Filing yang disediakan KPP ini juga dilengkapi panduan, sehingga jika kamu menemukan kendala atau kesulitan dalam pengisian data, maka kamu bisa mengikuti panduan tersebut. Data yang kamu isi juga dapat dijamin kelengkapannya, sebab pada aplikasi lapor SPT Online terdapat validasi dari sistem pusat.

3. Menghindari kesalahan perhitungan

Beberapa jenis pajak penghasilan memiliki tarif dan cara perhitungan berbeda yang lebih mudah & aman dikerjakan dengan penghitungan otomatis, akurat dan instan dari aplikasi berbasis web ini. Dengan memasukkan data-data dasar, setor pajak, dan lapor SPT online bisa langsung di aplikasi yang sama.

4. Keamanan Penyimpanan Bukti Pelaporan Pajak Terjamin

Sesuai UU Ketentuan Umum Perpajakan (KUP), Wajib Pajak wajib menyimpan dokumen perpajakan minimum 10 tahun. Penyimpanan manual berisiko hilang. Hal ini tentu akan mempermudah kamu dalam menyimpan dokumen perpajakan yang mungkin saja bisa hilang atau tercecer di rumah atau kantor.

5. Bisnis Terlihat Lebih Profesional

Pembayaran pajak tepat waktu akan meningkatkan kredibilitas perusahaan, dan memudahkan proses keuangan dengan pihak eksternal. Dengan melakukan bayar dan lapor secara online, kamu sudah membuktikan bahwa perusahaan kamu update dengan perkembangan zaman dan memanfaatkan teknologi dengan baik

6. Kondisi Keuangan Terbukti Sehat

Laporan SPT online dapat dijadikan pedoman bagi evaluasi finansial perusahaan.

7. Mendapat Pinjaman Bank Lebih Mudah

Kartu NPWP dan bukti pelaporan pajak menunjukkan profesionalitas, integritas dan tepercaya di mata Bank, sehingga memperbesar peluang mendapat approval pinjaman kredit. Ini sangat berguna dan patut dilakukan terutama bagi pengusaha yang membutuhkan dana pinjaman dari pihak ketiga. Karena biasanya, pihak ketiga seperti bank akan melakukan pengecekan atas SPT yang kamu laporkan

8. Kontribusi pada Perekonomian Negara

Pengelolaan data perpajakan negara lebih tertata & transparan. Wajib Pajak pun berkontribusi pada perekonomian negara.

9. Menjaga Keseimbangan Lingkungan Hidup

Laporan SPT tahunan secara online bersifat paperless, berarti mendukung penghijauan dan pengurangan jumlah penebangan pohon untuk dijadikan kertas. 

Lapor Pajak Online

Untuk menggunakan e-filing dan melakukan pelaporan SPT, kamu diharuskan memiliki efin terlebih dulu. Di mana, efin ini bisa kamu dapatkan dengan mendatangi KPP terdekat 1 kali seumur hidup. Dengan adanya efin inilah kamu bisa melapor SPT pajak kapan dan di mana saja dengan lebih mudah melalui DJP online maupun aplikasi perpajakan lainnya.

Tantangan Lapor Pajak Online

Tantangan ini tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan jadi topik diskusi seluruh negara yang tergabung dalam OECD, di sidang tahunan G20 di Jepang tahun 2019. Masih banyak Wajib Pajak yang mengeluhkan sering error-nya program-program yang tersedia. Tantangan lain berupa minimnya tingkat literasi teknologi, terutama Wajib Pajak yang berada diarea terpencil.

Manfaat Konsultasi Lapor Pajak Offline

Setiap Kantor Pelayanan Pajak (KPP) selalu memiliki divisi Bimbingan Pelayanan dan Konsultasi, yang terdiri dari barisan petugas pajak yang mampu memberikan bimbingan dan konsultasi bagi masalah apapun yang dihadapi Wajib Pajak. Para petugas ini sangat memahami lika-liku permasalahan pajak, saling kompak mambantu sama lain, sehingga setiap pertanyaan seputar masalah perpajakan yang ditanyakan oleh Wajib Pajak, akan menemukan solusi yang efektif dan efisien.

Melalui layanan ini, tak heran jika masih banyak saja Wajib Pajak yang lebih nyaman melakukan Lapor Pajak secara offline, langsung datang ke KPP, dibanding online. Meskipun lapor SPT online menawarkan efisiensi waktu dan biaya, namun tak dapat dipungkiri, datang, berkonsultasi dan lapor SPT secara langsung di KPP membuat keseluruhan proses terselesaikan tuntas dan memberi kelegaan hati.

Pilih yang Terbaik Sesuai Keperluan

Seperti hal lain dalam hidup, ambil sisi positif dari kedua hal dan tinggalkan negatifnya. Dalam situasi kewajiban lapor SPT tidak mengalami suatu masalah tertentu, lapor SPT online akan jadi fasilitas yang nyaman, yang memungkinkan Wajib Pajak melaksanakan kewajiban secara tepat waktu tanpa mengganggu aktivitas lainnya. Namun di saat terdapat masalah atau pertanyaan, lapor SPT secara offline dengan datang ke KPP untuk mendapatkan bimbingan, konsultasi dan solusi yang menuntaskan, adalah pilihan yang cerdas.

Itulah beberapa hal terkait lapor pajak online yang wajib kamu ketahui, karena sebagai wajib pajak orang pribadi maupun perusahaan yang memiliki penghasilan, kamu wajib melakukan pembayaran pajak hingga melaporkan pajak.

Untuk pelaporan SPT tahunan di tahun 2020, kamu sebagai Wajib Pajak Pribadi harus melakukan pelaporan pajak secara elektronik maksimal 31 Maret 2020. Sedangkan, bagi WP Badan maksimal April 2020. Tanggal ini mundur 1 bulan di banding tahun sebelumnya, karena mulai tersebarnya wabah virus corona, sehingga bagi WP pribadi maksimal April 2020, dan WP badan Mei 2020.

Namun, ini tidak akan menganggu kamu yang ingin melaporkan pajak yang dilakukan secara online. Karena kamu bisa melakukan lapor pajak kapan dan di mana saja, tanpa harus keluar dari rumah. Yuk mulai taat pajak dan buktikan kepedulianmu terhadap negara dan ekonomi Indonesia.

Bacaan menarik lainnya:

Nasucha, Chaizi. 2004, Reformasi Administrasi Publik. PT Grasindo: Jakarta.

Kristanty, Nova. 2014. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Tarif Pajak, dan Penyuluhan Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak. Jurnal. Online


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait