Bisnis & Kerja Sampingan, Milenial

Booklet Unik dan Menarik untuk Promosi Produk atau Acara

Apa itu booklet dan apa bedanya dengan brosur atau leaflet? Ketiganya berbeda dalam bentuk meski memiliki fungsi sama yakni memberikan informasi atau promosi. Simak terus artikel ini untuk melihat referensi contoh booklet yang bisa jadi bahan inspirasimu.

Leaflet adalah publikasi singkat. Bentuknya selebaran, dan berisi keterangan tentang perusahaan, produk, atau layanan yang perlu diketahui masyarakat umum. Sedangkan brosur adalah buku yang diterbitkan secara tidak berkala dengan satu atau beberapa halaman. Brosur hampir sama dengan leaflet. Perbedaan terletak dalam jumlah halaman.

Booklet juga berbentuk buku dengan jumlah halaman tidak melebihi 30 halaman bolak-balik. Fungsinya juga sama, yakni untuk memberikan informasi atau promosi. Khusus untuk penjelasan produk, booklet adalah bentuk paling ideal karena mampu memuat informasi lengkap dengan banyak gambar.

Booklet banyak digunakan untuk menjelaskan informasi produk, layanan, atau acara. Booklet yang melengkapi pembelian produk biasanya berisi uraian produk, cara penggunaan, garansi, dan sebagainya. Ada juga yang berisi informasi berbagai produk yang dijual beserta daftar harga yang disebut juga katalog. Demikian halnya untuk layanan dan acara, booklet menjelaskan secara rinci untuk memberikan informasi kepada khalayak.

Contoh Booklet Unik

Mungkin selama ini kamu banyak melihat bentuk booklet yang itu-itu saja dan membosankan. Padahal booklet juga bisa dirancang dengan unik sekaligus menarik. Dijamin informasi dan promosi yang termuat di dalamnya akan mudah diingat khalayak.

Berencana membuat booklet yang unik dan menarik? Berikut kami sajikan situs-situs berisi templat yang bisa diunduh dan dimodifikasi ulang

1.   Freepik (www.freepik.com)

Freepik menyajikan banyak pilihan untuk kamu yang butuh referensi dan inspirasi. Mau cari contoh layout, desain, hingga templat vektor yang bisa diedit, semua ada. Ada puluhan ribu model yang bisa kamu telusuri. Sebagian besar gratis unduh, meski ditujukan untuk keperluan komersial. Kamu hanya perlu mencantumkan atribusi dengan menyebutkan sumber templat yang kamu gunakan.

2.   Vecteezy (www.vecteezy.com)

Meski tak sebanyak Freepik, Vecteezy punya belasan ribu warna-warni desain booklet yang menarik. Terdapat berbagai kategori lisensi, yakni Free License, Pro License, dan Editorial Use Only. Booklet dalam kategori Free License bebas kamu unduh gratis. Sama seperti Freepik, kamu hanya perlu mencantumkan atribusi.

Sedangkan dengan Pro License, kamu harus membayar sejumlah biaya langganan. Namun, kamu tidak perlu lagi mencantumkan atribusi. Sementara jika kamu butuh desain yang dikhususkan untuk aktivitas editorial, misalnya situs berita atau majalah, pilih kategori Editorial Use Only.

3.   Lucidpress (www.lucidpress.com)

Lucidpress menyediakan templat desain booklet untuk keperluan bisnis atau sosial, termasuk untuk kegiatan gereja. Tersedia templat yang dapat diunduh gratis tetapi kamu hanya akan mendapatkan tiga halaman per dokumen. Untuk macam dan bentuk templat yang tidak terbatas, kamu bisa berlangganan menjadi Pro User.

4.   PNGTree (www.pngtree.com)

PNGTree juga menyediakan aneka rupa templat gratis maupun berbayar. Sebagai pengguna gratis, kamu hanya bisa mengunduh dua item dalam satu hari dan diwajibkan mencantumkan atribusi. Lumayan membantu kalau kamu butuh templat dadakan bukan?

Sementara jika ingin punya akses unduh tak terbatas, kamu bisa mendaftar sebagai Premium User. Tersedia skema langganan 3 bulan, 1 tahun, dan 3 tahun dengan harga mulai USD59,9.

Meski tak punya keahlian desain dan tidak mampu mengoperasikan piranti lunak desain, kini kamu tak perlu khawatir. Banyak contoh booklet gratis bertebaran di internet. Jadi, tak ada batasan untuk siapa pun yang ingin berkreasi.

Bacaan menarik lainnya:

Sugiyono. (2001). Perilaku Pembelian Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Rosda: Bandung.

Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait