Milenial

17 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Sering Dibeli

oleh-oleh khas jakarta

Ajaib.co.id – Berjalan-jalan ke daerah manapun tidaklah sah jika tidak membeli ragam oleh-oleh untuk mereka yang di kampung halaman. Jika kamu menyempatkan diri untuk berjalan-jalan ke Jakarta, maka tidak ada salahnya untuk membeli sejumlah oleh-oleh khas Jakarta untuk kamu bawa pulang.

Pariwisata Jakarta memang identik dengan kampung Betawi, walaupun tak jarang Jakarta dibanjiri oleh warga pendatang yang mengadu nasibnya atau mencari kerja di ibu kota. Oleh karena itu, ragam jajanan dan makanan khas Betawi juga tidak luput dari ciri khas masyarakat Betawi.

Jika kamu mengunjungi kawasan wisata seperti Kota Tua dan Monas, maka kamu akan menemukan banyak ragam oleh-oleh yang bisa kamu beli dengan harga yang terjangkau. Mulai dari aksesoris kaos dan ragam makanan khas juga bisa kamu borong untuk kamu bawa ke kampung halaman.

Jika kamu penasaran dengan ragam oleh-oleh yang bisa kamu beli untuk oleh-oleh khas Jakarta, simak beberapa uraian berikut :

1. Roti Buaya

Panganan yang satu ini memang sangat dikenal karena umumnya roti buaya dipesan untuk masyarakat Betawi yang hendak menikah dengan ukuran besar. Namun, jika kamu ingin membeli untuk buah tangan, roti buaya ini bisa kamu beli dengan harga yang tidak menguras kantong pastinya. Tak hanya berukuran besar, banyak juga roti buaya yang dijual dalam ukuran kecil.

2. Kue Semprong

Kue semprong yang berbentuk mirip dengan egg rolls, dengan rasa renyah. Jajanan ini banyak dijual di jembatan-jembatan dengan pikulan. Kue semprong berbentuk gulungan-gulungan krispi yang gurih, manis dan renyah berwarna kecoklatan. Oleh-oleh yang satu ini sangat terjangkau dengan kisaran Rp10.000 hingga Rp20.000 per bungkusnya.

3. Kue Kembang Goyang

Selanjutnya, ada kue kering dengan nama kembang goyang. Makanan yang terbuat dari tepung terigu dan gula ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih saat digigit. Kuliner ini berbentuk seperti bunga matahari dengan bahan-bahan yang standar seperti tepung beras, tepung sagu, gula, vanili, telur, dan sedikit perasaan jahe. Kue ini sangat awet sehingga cocok untuk disimpan dalam waktu yang lama.

4. Kue Geplak

Jajanan ini merupakan kue yang berbahan dasar tepung beras dengan warna kecoklatan dan bercak putih diatasnya. Rasanya manis den lebut dengan harga yang terjangkau dan merupakan jajanan pasar. Adapun nama kue geplak karena dalam proses pembuatannya menggunakan tangan dan ditepuk-tepuk. Jajanan ini banyak dijumpai di kawasan Bintaro.

5. Souvenir Ondel-ondel

Ondel-ondel adalah hiasan etnik betawi yang selalu ada di Jakarta. Dimanapun kamu berada pastilah hiasan atau ornament ondel-ondel tidak ketinggalan muncul. Dari mulai motif hingga bentukan ondel-ondel baik yang berjoget maupun berbentuk patung saja. Meski demikian hiasan ondel-ondel dalam bentuk kecil juga dijual sebagai kerajinan tangan warga Betawi. 

6. Miniatur Monas

Ikon Jakarta lainnya adalah miniatur Monumen Nasional atau Monas. Oleh-oleh berbentuk tugu ini sangat umum dijual di berbagai kawasan di Jakarta. Namun jika kamu ingin membeli dalam julmah banyak sebagai bentuk gantungan kunci atau pajangan meja, kamu dapat mengunjungi Tanah Abang yang menjual ragam oleh-oleh dan barang kerajinan dengan harga grosir.

7. Dodol Betawi

Bukan hanya kota garut yang memiliki dodol. Jakarta sebagai Ibu Kota juga memiliki dodol khas, yaitu dodol Betawi. Dodol ini dibuat dengan beberapa campuran, seperti ketan putih, ketan hitam, gula aren atau durian sebagai pemberi rasa manis. Selain rasanya yang nikmat, dodol ini juga diklaim bisa bertahan cukup lama meskipun tidak menggunakan pengawet.

8. Tape Uli

Tape ini merupakan oleh-plej khas Jakarta yang sangat terkenal dan digemari masyarakat di Jakarta. Rasanya yang unik membuat tape ini cocok jika dikonsumsi bersama kopi. Selain itu, cara memakannya pun unik, yaitu dengan mencampurkan antara uli dan juga tape. Bagi kamu yang ingin membawa pulang jajanan ini, kamu harus mempertimbangkan jarak tempuh atau lama simpan, karena tape uli tidak dapat bertahan lama.

9. Kue Akar Kelapa

Kue ini memiliki bentuk yang menyerupai akar pohon kelapa, yaitu melengkung tidak beraturan. Kue ini terbuat dari beberapa bahan utama, seperti tepung beras, telur, gula, mentega, dan juga tepung ketan. Kue ini bisa kamu jadikan oleh-oleh karena rasanya yang gurih dan juga tidak terlalu manis. Selain itu, kue ini juga bisa bertahan cukup lama dan tergolong ke dalam kelompok kue kering.

10. Kue Telur Gabus Keju

Jajanan ini sering kamu temui di saat musim lebaran. Namun, kamu juga bisa menemukannya dengan mudah di seluruh toko penyedia oleh-oleh. Awalnya, kue ini tidak memiliki varian rasa, namun kini kamu bisa menikmati kue telur gabus dengan rasa keju pada bagian dalamnya. Kue ini tergolong kue kering yang bisa bertahan lama dan bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Jakarta.

11. Biji Ketapang

Jajanan oleh-oleh satu ini juga hampir sama dengan kue telur gabus keju, yaitu sering ditemui di lebaran sebagai salah satu cemilan hari raya. Dengan rasa manis dan tekstur yang kering, jajanan ini sering dicari banyak wisatawan luar Jakarta. Jajanan ini dinamakan biji ketapang karena memiliki bentuk layaknya biji dan digoreng hingga benar-benar kering. Jajanan yang terbuat dari parutan kelapa dan juga tepung terigu ini cocok kamu jadikan buah tangan dan dijadikan sebagai camilan.

12. Bir Pletok

Meski namanya adalah bir pletok, minuman satu ini tidak memabukkan dan juga tergolong minuman yang halal. Hal ini karena minuman ini dibuat dengan rempah-rempah tradisional, seperti jahe, daun pandan, serai, dan beberapa bahan lainnya. Lalu kenapa minuman ini diberi nama bir pletok? Hal ini karena proses produksinya air direbus dan mengeluarkan suara meletup. Bir ini juga dikemas dengan botol kaca dan juga dalam bentuk serbuk, sehingga bisa kamu jadikan buah tangan.

13. Marguerite Nougat

Tidak semua wisatawan mengenal jajanan oleh-oleh satu ini. Pasalnya, marguerite nougat baru saja hadir di pasaran dan belum terlalu terkenal. Walau masih baru, marguerite nougat memiliki rasa yang unik, yaitu perpaduan antara gurih dan manis. Hal inilah yang membuat makanan satu ini sering dijadikan buah tangan.

14. Kerak Telor

Siapa yang tidak mengenal kerak telor? Makanan khas Jakarta ini sudah sangat melegenda dan selalu dicari wisatawan yang datang. Rasanya yang nikmat serta proses pembuatannya yang unik membuat makanan ini disukai banyak orang. Kerak telor sendiri terbuat dari campuran telur dan ketan putih yang ditaburi serundeng, bawang goreng, ebi, serta bumbu lainnya. Cara memasaknya pun sangat tradisional dan unik karena saat membalik kerak telor, wajan yang digunakan ikut dibalik hingga menutupi tungku. Makanan satu ini memiliki rasa gurih dari telur ayam atau bebek yang digunakan bercampur nikmat dengan ketan dan taburan serundeng di atasnya.

15. Putu Mayang

Kalau kamu mencari oleh-oleh Jakarta dengan rasa yang manis, kamu bisa membawa pulang kue putu. Makanan satu ini terbuat dari tepung beras atau tepung tapioka yang dibentuk seperti mie dan disajikan bersama kuah santan gula Jawa. Warna kue yang menarik serta kuahnya yang manis gurih membuat putu mayang sangat cocok dijadikan buah tangan.

Kue putu mayang sering dicari ketika bulan puasa sebagai salah satu hidangan berbuka terutama bagi warga Betawi. Meski termasuk kue basah, makanan ini mampu bertahan cukup lama sehingga tetap aman meski dibawa perjalanan jauh. Kuah gula jawa atau kinca untuk kue ini juga dibungkus terpisah sehingga tidak akan basah atau pecah.

16. Baju Pangsi

Jika kamu pergi ke Jakarta, kamu juga bisa membeli baju pangsi khas Betawi bisa sebagai oleh-oleh yang tepat. Baju khas Betawi ini dulunya merupakan pakaian sehari-hari yang sering digunakan jawara Betawi. Pakaiannya terdiri dari baju lengan panjang tanpa kancing dan celana panjang dengan warna yang sama dengan baju.

Sebagai pelengkap biasanya para jawara menggunakan peci dan ikat pinggang khas Betawi dengan kaos berwarna putih. Umumnya, baju pangsi ini terdiri dari beberapa warna seperti merah, hitam, putih, dan lainnya yang masing-masing memiliki arti. Seperti pangsi merah untuk para jagoan silat elit yang mumpuni atau pangsi putih untuk jawara berilmu agama tinggi.

17. Kebaya Betawi

Kebaya Betawi merupakan pakaian tradisional khas betawi yang digunakan kaum wanita suku Betawi. Ciri khas kebaya ini adalah bahan yang tipis dan banyaknya bordiran bunga dengan warna kebaya yang terang. Warna kebaya betawi ini biasanya merah, kuning, biru, hijau dan lainnya dengan tambahan jarik dan kerudung selendang panjang. Model pakaian yang khas membuat kebaya ini selalu menjadi incaran oleh-oleh para wisatawan.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Ibu Kota Jakarta yang bisa kamu jadikan salah satu referensi untuk memberikan buah tangan kepada keluarga ataupun kerabat di luar ibu kota. Dengan begitu, mereka bisa merasakan makanan khas ibu kota yang jarang mereka temui dan mereka dapatkan di luar Jakarta.

Artikel Terkait