Banking

Transaksi BRI Syariah Mobile Banking, Mudah dan Bebas Riba

bri syariah

Ajaib.co.id – BRI Syariah hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat untuk transaksi yang bebas riba namun dengan pelayanan prima. Nama besar bank BRI sudah cukup jadi jaminan untuk berbagai fitur dan kemudahan yang dihadirkan bagi nasabah. Termasuk pula dengan BRI Syariah Mobile Banking yang membuat hidup jadi lebih mudah.

Banyak masyarakat kini semakin tertarik beralih ke layanan perbankan syariah. Sistem perbankan yang dinilai lebih terbuka menjadi salah satu alasan utamanya. Selain itu, kecenderungan masyarakat mencari produk yang sesuai dengan pilihan prinsip hidupnya juga menjadi alasan tingginya minat pada perbankan berbasis prinsip islam ini.

Hanya saja kadang ada keraguan terkait fitur dan aksesibilitasnya. Sebagai jenis bank yang baru populer tentu saja layanan dan jangkauannya belum seluas bank konvensional yang sudah puluhan tahun berdiri. Dikhawatirkan kebutuhan akan transaksi keuanganmu nantinya terganggu.

Hanya saja, kecemasan ini bisa dijawab dengan menjadi nasabah bank syariah yang merupakan anak perusahaan bank konvensional ternama. Nasabah bank syariah ini biasanya tetap bisa menikmati fasilitas milik bank utama meskipun sistemnya berbeda. Salah satunya ialah Bank BRI Syariah yang kini juga sudah semakin banyak dikenal publik.

BRI Syariah Mobile Banking, Cara Mudah Melakukan Transaksi Secara Online

Bank BRI Syariah punya banyak produk dan fitur yang bisa dimanfaatkan oleh nasabahnya. Salah satu yang utama ialah BRI Syariah mobile banking (BRIS) yang merupakan kemudahaan untuk melakukan transaksi keuangan maupun transaksi non finansial hanya melalui ponsel saja.

Hal ini juga dikombinasikan dengan media Short Message Service (SMS) secara aman dan mudah. Semua nasabahnya bisa menggunakan layanan ini asalkan memiliki jaringan internet. Namun harus melakukan pendaftaran dan registrasi SMS banking terlebih dahulu dengan dilengkapi nomor HP.

Registrasi ini bisa dilakukan dengan dua cara yakni dengan datang ke kantor cabang BRI Syariah terdekat atau melalui ATM BRIS. Kalau kamu merasa perlu bantuan langsung dari petugas bisa datang ke kantor BRI dengan membawa sejumlah dokumen persyaratannya. Dokumen ini berupa KTP asli Buku Tabungan BRIS asli dan Kartu ATM BRIS.

Lalu kamu akan dipandu untuk melakukan registrasi dan aktivasi setelah menerima SMS notifikasi registrasi berhasil yang berisi PIN SMS Banking. Sebelumnya, kamu juga bisa mengunduh aplikasi BRI Syariah mobile banking di telepon seluler (handphone) milikmu.

Kalau malas mengantre ke bank, bisa juga melakukan registrasi melalui mesin ATM BRISyariah. Caranya masukkan pin kartu ATM dan kamu akan dihadpkan pada menus yang bisa dipilih. Pilih menu Registrasi kemudian pilih lagi menus SMS Banking. Langsung masukkan nomor ponsel yang kan didaftarkan layanan SMSBanking lalu tekan 6 (enam) digit angka PIN yang dapat ditentukan sendiri.

Setelah itu kamu akan mendapatkan struk bukti registrasi dan bisa langsung menggunakan BRIS online. Sayangnya, aktivasi lewat ATM hanya memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi non finansial misalnya saja cek saldo atau ganti PIN. Sedangkan untuk transaksi finansial seperti transfer dana dan pembayaran tagihan harus tetap melakukan aktivasi finansial ke Unit Kerja BRISyariah terdekat.

Layanan online dari BRI Syariah bukan hanya BRI Syariah mobile banking. Tersedia pula internet banking dengan fungsi dan layanan yang jauh lebih lengkap. Registrasi dan aktivasinya juga nyaris serupa namun dengan menggunakan alamat email nasabah.

Penggunaan Meningkat Selama Corona

Memiliki akses mobile banking terbukti amat berguna ketika masa pandemi Corona. Banyak orang membatasi diri beraktivitas di luar ruangan agar tidak terjangkit virus ini. Namun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kadang tetap harus melakukan transaksi secara langsung. Hal ini bisa sedikit terbantu dengan menggunakan mobile banking.

Tak perlu keluar rumah, bisa pesan berbagai kebutuhan lewat ponsel. Pembayaran tagihan dan kebutuhan lainnya juga terkomodir dengan baik lewat menu mobile banking. Hal ini pula yang dilakukan oleh pengguna BRI Syariah Mobile Banking.

Terbukti, total transaksi yang dilakukan melalui aplikasi mobile BRIS Online mencapai 78,6% dari total transaksi keseluruhan hingga Mei 2020. Selama masa pandemi Covid-19 total frekuensi transaksi telah mencapai 11,5 juta transaksi, atau meningkat 36% dibandingkan sebelum adanya pandemi Covid-19. Jenis transaksi yang paling banyak dilakukan di BRIS Online adalah transfer dan isi uang elektronik.

Selain itu, aplikasi BRIS Online memiliki banyak fitur bermanfaat. Mulai dari fitur pembayaran biaya pendidikan, BPJS Kesehatan, pembelian sukuk/SBSN, pembayaran pajak e-Samsat, pelunasan haji, ZISWAF, digital marketplace Tokopedia dan Bukalapak, pencarian masjid terdekat, penunjuk arah kiblat, hingga juz amma.

Ragam Produk dan Layanan dari Bank BRI Syariah

BRI Syariah sangat memahami bahwa sebagai umat yang mencari ridha Yang Maha Kuasa, nasabah membutuhkan produk tabungan yang memungkinkan mereka menjalankan transaksi perbankan yang sesuai syariat perbankan Islam. Untuk itulah, BRI Syariah mempersembahkan Tabungan faedah BRI Syariah.

Tabungan Faedah BRI Syariah iBAdalah sebuah produk simpanan dari bank Syariah untuk nasabah perorangan yang menginginkan kemudahan transaksi keuangan sehari-hari berdasarkan syariat perbankan Islam.

Karena BRI Syariah bertekat menjadi bank ritel modern terkemuka dengan ragam layanan finansial sesuai kebutuhan nasabah dengan jangkauan termudah untuk kehidupan lebih bermakna, maka BRI Syariah merasa perlu menghadirkan produk tabungan yang:

  • Memahami keragaman individu dan mengakomodasi beragam kebutuhan finansial nasabah.
  • Mengedepankan etika sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.
  • Menyediakan akses ternyaman melalui berbagai sarana kapan pun & dimana pun.
  • Memungkinkan setiap individu untuk meningkatkan kualitas hidup dan menghadirkan ketenteraman pikiran.
  • Tidak dilaksanakan hanya melalui jaringan kantor, namun juga melalui kerjasama dengan pihak lain dan perlu didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

Memahami Akad Wadi’ah yad dhamanah 

Akad ini adalah model akad yang umum digunakan oleh perbankan. Pihak bank (pihak yang dititipi) boleh secara bebas mengelola uang titipan nasabah (pihak penitip). Nasabah (pihak penitip) boleh mengambil uang sewaktu-waktu atau kapanpun nasabah kehendaki, dan pihak bank (pihak yang dititipi) harus siap memberikannya secara utuh.

Bagaimana jika uang atau barang hilang atau rusak?

Jika uang itu hilang atau rusak, maka pihak yang dititipi (bank) harus bertanggungjawab penuh atas penggantian atau hal apapun.

Bagaimana pula jika pengelolaan uang tersebut menghasilkan keuntungan?

Jika dari pengelolaan uang menghasilkan keuntungan, maka keuntungan tersebut sepenuhnya menjadi milik bank (pihak yang dititipi). Pemilik uang atau nasabah tidak memiliki hak atas keuntungan pengelolaan dananya tersebut.

Cara Membuka Tabungan Faedah BRI Syariah

  • Melampirkan fotokopi KTP
  • Melampirkan fotokopi NPWP

15 Keunggulan Tabungan Faedah BRI Syariah iB

  • Setoran awal Rp100.000,-
  • Setoran selanjutnya minimum : Rp10.000,-
  • Saldo mengendap minimum: Rp50.000,-
  • Gratis biaya administrasi bulanan
  • Gratis biaya Kartu ATM Bulanan
  • Ringan biaya tarik tunai di ATM BRI, Bersama & Prima*)
  • Ringan biaya transfer melalui ATM BRI, Bersama & Prima*)
  • Ringan biaya Cek Saldo di ATM BRI, Bersama & Prima*)
  • Ringan biaya debit di EDC BRI & Prima*)
  • Fasilitas e-channel SMS Banking/Mobile Banking, Internet Banking dengan
  • diskon 50% biaya transaksi e-channel jika saldo sebelum transaksi
  • Rp500.000,- atau lebih.
  • Biaya penggantian buku tabungan karena habis : GRATIS
  • Biaya penggantian buku tabungan karena hilang/rusak : Rp5.000,-
  • Biaya pembuatan kartu ATM karena rusak/hilang : Rp15.000,-
  • Biaya jika saldo mengendap dibawah minimum : Rp12.500,-/bulan
  • Biaya penutupan rekening : Rp25.000,-

Pihak bank akan memberikan bonus dari hasil pengelolaan dana kepada nasabah secara sukarela. Bonus yang bersifat sukarela seperti ini masih dianggap halal dalam hukum Islam. Denan demikian, kamu bisa tetap mendapatkan manfaat sekaligus layanan dari perbankan tanpa merasa galau soal status kehalalannya.

Kini, dengan ridha-Nya setiap umat pun bebas giat menabung dengan hati damai lewat BRI Syariah.

Artikel Terkait