Bisnis & Kerja Sampingan

8 Tips Memasarkan Bisnis Travel Online Milikmu

bisnis travel online

Ajaib.co.id – Merencanakan dan membuka sebuah bisnis memang tidak mudah bagi kebanyakan orang. Apalagi jika ini adalah pengalaman pertama seseorang dalam membuka sebuah bisnis di industri yang juga dilakukan oleh banyak pebisnis, salah satunya adalah bisnis travel online.

Memikirkan tentang bisnis travel online, berarti harus siap untuk bersaing dengan bisnis serupa yang telah ada sebelumnya. Salah satu senjata untuk mengembangkan peluang bisnis travel online ke tingkat selanjutnya adalah pemasaran.

Rencana pemasaran yang dipikirkan dengan matang dapat memberikan bisnis kamu awal yang menggemuruh dan terkenal untuk banyak orang. Berikut adalah delapan tips untuk memulai bisnis travel online milikmu:

1. Iklan Yang Agresif

Karena tidak banyak orang mengetahui bisnis tour online milikmu, kamu perlu membuat mereka mengetahui siapa kamu dan layanan apa yang kamu tawarkan. Satu-satunya cara untuk memastikannya adalah meluncurkan kampanye iklan yang agresif secara online. Keuntungannya untuk bisnis kamu adalah sejumlah besar orang akan segera mengetahui tentang layanan bisnis perjalanan kamu.

Pastikan kamu memiliki brosur yang siap untuk pengunjung di website kamu. Letakkan brosur di situs online kamu sehingga pengunjung dapat mengunduhnya untuk mengetahui lebih banyak tentang layanan agen perjalanan kamu. Untuk membuat brosur yang unik, dapatkan inspirasi desain brosur dengan melihat-lihat brosur bisnis yang bagus. Juga, gunakan pemasaran email, newsletter, dan sarana iklan lainnya untuk mempromosikan perusahaan kamu.

2. Membangun Hubungan

Bisnis tidak dibangun hanya oleh beberapa kampanye pemasaran. Mereka diciptakan dengan membangun ikatan yang kuat dengan pelanggan. Landasan hubungan yang kuat dengan pelanggan yang puas dan pelanggan potensial kamu adalah kunci untuk menjalankan perusahaan perjalanan kamu dengan sukses.

Jadi, bahkan jika kamu telah membuat beberapa materi pemasaran yang bagus seperti selebaran dengan beberapa ide desain selebaran untuk mengiklankan agensi kamu. Itu tidak cukup. Orang ingin memiliki kepercayaan pada agen perjalanan terlebih dahulu karena agen akan mengirim mereka ke tempat untuk berlibur. Jika mereka memiliki kepercayaan pada layanan perjalanan kamu, mereka akan menjadi pelanggan setia kamu.

Karena itu, sangat penting bagi kamu untuk berhubungan dengan pelanggan kamu. Untuk melakukannya, kirimi mereka email tentang penawaran khusus kamu dan minta tanggapan mereka. Beri tahu mereka betapa pentingnya hal itu bagi bisnis kamu. Ingatkan mereka untuk menggunakan layanan kamu untuk rencana perjalanan selanjutnya.

3. Dorong Orang Untuk Berbagi Konten

Kamu juga harus melibatkan pelanggan dengan bisnis kamu. Cara untuk memastikannya adalah dengan meminta pelanggan yang puas untuk berbagi pengalaman perjalanan mereka dengan target pasar kamu menggunakan situs web perjalanan kamu. Minta mereka untuk memberikan momen-momen terbaik di foto dari perjalanan mereka. Orang-orang dapat melihat foto-foto ini untuk mendapatkan inspirasi.

Kamu juga dapat membuat kompetisi untuk foto perjalanan terbaik dan memberikan hadiah seperti diskon kecil untuk perjalanan berikutnya kepada pemenang. Taktik semacam itu membantu membangun rasa kebersamaan dan menginspirasi calon pelanggan baru untuk menggunakan layanan kamu. Ini adalah salah satu cara untuk bisnis untuk mendapatkan pelanggan potensial.

4. Gunakan Kekuatan Blogging

Blogging adalah cara yang ampuh untuk menjangkau orang. Kamu juga dapat memulai blog yang berisi informasi bermanfaat tentang perjalanan dan pariwisata. Salah satu keuntungan dari blogging adalah dapat menjadikan kamu sebagai ahli dalam masalah yang dihadapi oleh industri perjalanan dan bisnis.

Tetapi tuliskan pada masalah yang biasanya dihadapi oleh pelanggan potensial kamu saat bepergian. Ini adalah cara untuk membangun citra merek yang baik untuk agen perjalanan kamu. Kamu harus membantu pelanggan kamu dalam memahami masalah dan memberi mereka solusi yang tepat.

Juga, pastikan bahwa situs blog kamu menarik dan bermanfaat bagi para pengunjung. Gambar dan konten yang kamu gunakan di blog akan berdampak pada audiens target kamu.

5. Undang Reviewer atau Pengulas

Salah satu cara untuk melibatkan pelanggan potensial dengan bisnis agen travel online kamu adalah dengan mengundang mereka untuk meninjau layanan kamu. Ada banyak situs ulasan. Orang-orang mengunjungi situs-situs ini untuk mengetahui kisah dalam sebuah bisnis. Tetapi jika kamu dapat memberikan ruang pada situs web kamu sendiri untuk meninjau situs kamu, calon pembeli kamu akan menghargainya.

Kamu harus mendorong pelanggan kamu yang puas untuk menulis sesuatu tentang perjalanan mereka mulai dari pembelian tiket pesawat hingga perjalanan mengunjungi destinasi wisata di luar negeri. Pelanggan potensial akan mengunjungi situs kamu, dan jika mereka menemukan ulasan positif tentang agensi kamu dari pelanggan lama, mereka cenderung akan menggunakan layanan yang kamu tawarkan.

6. Hadiri Pameran Travelling

Cara lain yang pasti untuk memiliki wawasan tentang pasar potensial kamu dan juga untuk mempromosikan bisnis adalah menjadi pengunjung tetap di pameran travelling yang diselenggarakan di kota kamu. Pameran seperti ini tidak hanya memiliki kerumunan tetapi juga para ahli yang berpengaruh dari industri. Sedikit obrolan dengan mereka dapat meningkatkan bisnis perjalanan online kamu.

Yang paling penting, kamu memiliki kerumunan pelanggan potensial yang hadir di pameran tersebut. Manfaatkan ini untuk mempromosikan bisnis kamu. Misalnya, kamu dapat menggunakan stiker untuk memasarkan dan mempromosikan merek kamu. 

Kamu dapat membagikan stiker secara gratis di acara-acara tersebut dan menunjukkan kepada orang lain untuk dibicarakan tentang bisnis baru kamu. Namun, pastikan desain stiker kamu unik dan memberikan kesan luar biasa pada pelanggan potensial layanan kamu.

7. Optimalkan Situs Perjalanan Online kamu

Ada jutaan situs web di bidang industri dan bisnis apa pun di web. Bisnis perjalanan online baru kamu juga memiliki persaingan dari banyak situs dari agen serupa. Orang-orang menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari tahu layanan perjalanan. 

Mereka cenderung mengklik tautan situs agensi yang mereka lihat di beberapa hasil pencarian pertama atau halaman pertama. Jadi, jika situs web kamu tidak muncul di peringkat pencarian teratas, kamu akan kehilangan banyak calon pelanggan.

Karena itu, sangat penting bagi kamu untuk mengoptimalkan situs web agen perjalanan kamu untuk setiap kata kunci yang dapat digunakan pelanggan potensial untuk mencari layanan kamu di web. Kamu dapat menyewa layanan SEO profesional untuk membantu kamu mengatasi hal ini, atau mengikuti rute do-it-yourself. Jika kamu melakukannya nanti, mulailah dengan membaca panduan tentang SEO.

8. Gunakan Media Sosial

Media sosial bukan hanya media untuk terhubung dengan teman dan keluarga, tetapi media yang kuat untuk memulai dan mengoperasikan bisnis perjalanan online kamu. Kamu dapat memanfaatkan Facebook, Twitter, dan platform lainnya dengan baik sebagai alat komunikasi. Gunakan alat ini sebagai platform pemasaran kamu.

Beri tahu pelanggan kamu tentang layanan baru, diskon harga, paket baru, dll. Kamu juga harus menambahkan video, foto, dan konten lainnya di halaman media sosial kamu. Juga, undang orang untuk membagikan pengalaman tur mereka di halaman media sosial kamu.

Jadi, itu dia adalah tips utama untuk memasarkan bisnis travel online kamu. Ada banyak tips lain, tetapi ini adalah hal yang perlu diingat untuk sebuah langkah dasar.

 Kamu akan membutuhkan banyak materi pemasaran termasuk logo, brosur, kartu nama, dll untuk promosi bisnis. 

Saat merencanakan bisnis travel online kamu, pastikan kamu tahu pasar potensial untuk bisnis kamu. Melakukan riset industri perjalanan, bisnis, dan pasar secara menyeluruh untuk mengetahui pasar mana yang akan menarik pelanggan lebih banyak. Gunakan situs web kamu, media sosial, dan alat lain untuk promosi bisnis. Melibatkan pelanggan potensial kamu dan berinteraksi dengan mereka di mana pun dan kapan pun.

Artikel Terkait