Saham

7 Saham Consumer Goods yang Bisa Dipilih untuk Investasi

Consumer goods
Consumer goods

Ajaib.co.id – Consumer goods adalah barang-barang siap pakai yang akan dijual langsung kepada masyarakat yang membutuhkannya (consumer). Barang-barang siap pakai ini identik dengan dengan produk yang dapat dijual dengan cepat atau sering disebut fast moving consumer goods (FMCG).

Banyak orang percaya bisnis di bidang consumer goods  adalah bisnis yang tidak pernah mati. Orang-orang akan terus membutuhkan barang-barang untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Oleh karena itu saham-saham perusahaan di kategori ini cukup menarik untuk dilirik.

Saat ini ada sekitar 63 saham consumer goods  yang diperdagangkan di bursa. Dalam artikel ini kami pilihkan 7 perusahaan di bidang consumer goods yang nominal harga sahamnya masih tergolong murah.

1. PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP)

Siapa sih yang tidak kenal es krim Campina? Selain membeli produk es krimnya, kamu juga bisa loh membeli saham perusahaan ini. Sepanjang tahun 2021 ini harga saham CAMP cukup murah di kisaran 200-500 rupiah per lembar saham.

PT Campina Ice Cream Industry Tbk didirikan sejak Tanggal 22 Juli 1972. Awalnya perusahaan ini bernama CV Pranoto. Saham perusahaan ini mulai diperdagangkan di bursa pada Tanggal 19 Desember 2017 dengan kode emiten CAMP.

2. PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk (ULTJ)

Saham consumer goods  yang layak dilirik berikutnya adalah saham ULTJ. Produk susu UHT merk Ultra ini sangat terkenal dan memiliki konsumen loyal tersendiri. Hal ini tentu dapat menambah kepercayaan investor jika ingin memiliki saham ini.

PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk didirikan pada Tanggal 2 November 1972. Perusahaan yang bergerak di bidang consumer goods ini mulai melantai di bursa sejak Tahun 1990 dengan kode saham ULTJ. Kisaran harga sahamnya adalah 1500-1800 per lembar.

3. PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD)

PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk didirikan pada Tanggal 24 Agustus 1994 dan mulai melantai di bursa Tanggal 10 Oktober 2018 dengan kode saham GOOD. Harga saham ini berkisar antara 1100-1500 per lembar.

Kegiatan utama Garudafood adalah industri makanan ringan. Produknya antara lain kacang, coklat, biskuit, dan produk olahan susu. Pemegang saham terbesar perusahaan ini adalah PT Tudung Putra Putri Jaya. Sedangkan porsi saham yang dimiliki publik sekitar 0,47%.

4. PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO)

Kamu tentu mengetahui produk air minum dengan merk Cleo. Nah, air minum Cleo ini merupakan produk unggulan dari PT Sariguna Primatirta Tbk. Perusahaan ini bergerak di bidang consumer goods dengan kegiatan utamanya industri air minum dalam kemasan.

PT Sariguna Primatirta Tbk mulai melantai di bursa saham pada Tanggal 5 Mei 2017 dengan kode emiten CLEO. Harga sahamnya kisaran 400-600 rupiah per lembar. Fundamental dan laporan keuangan perusahaan ini semakin baik dari tahun ke tahun.

5. PT Nippon Sari Corporindo Tbk (ROTI)

PT Nippon Sari Corporindo Tbk didirikan sejak Tahun 1995. Visi perusahaannya adalah menjadi perusahaan roti terbesar di Indonesia melalui penetrasi pasar yang luas dan dalam dengan menggunakan jaringan distribusi yang luas agar dapat menjangkau konsumen di seluruh Indonesia. Perusahaan ini melantai di bursa pada Tanggal 28 Juni 2010 dengan kode ROTI.

Bidang usaha perusahaan ini bergerak pada sektor consumer goods dengan kegiatan utamanya meliputi pabrikasi, penjualan, serta distribusi roti dan minuman. Kamu tentu mengetahui produk unggulannya, yaitu roti merk SARI ROTI.

6. PT Mayora Indah Tbk (MYOR)

PT Mayora Indah Tbk merupakan salah satu perusahaan consumer goods yang sangat terkenal di Indonesia. Perusahaan ini didirikan sejak Tanggal 17 Februari 1977 dan mulai tercatat di bursa saham pada Tanggal 7 April 1990 dengan kode emiten MYOR.

Produk-produk Mayora menjadi pelopor makanan ringan dan minuman yang saat ini banyak beredar di pasaran. Sebut saja Choki-Choki yang merupakan pelopor coklat pasta. Ada Astor yang menjadi pelopor produk stik wafer. Ada juga Kopiko menjadi pelopor permen kopi. Selain itu masih ada Energen, Beng Beng, biskuit Roma, dan banyak lagi produk lainnya yang menjadi pelopor di bidangnya.

7. PT Budi Starch & Sweetener Tbk (BUDI)

Tentu kamu mengetahui produk tepung beras Rose Brand. Nah, itu merupakan salah satu produk dari PT Budi Starch & Sweetener Tbk. Selain tepung beras, perusahaan ini juga memiliki produk lain seperti berbagai macam tepung, pemanis, minyak goreng, dan masih banyak lagi.

PT Budi Starch & Sweetener Tbk didirikan pada Tanggal 15 Januari 1979. Visi perusahaan ini adalah menjadi produsen berbahan dasar singkong terintegrasi dengan menerapkan konsep lingkungan hijau. Saham perusahaan ini mulai dicatat di bursa pada Tanggal 5 Agustus 1995 dengan kode BUDI. Harganya masih tergolong murah di kisaran 100 rupiah per lembar.

Selain 7 saham consumer goods yang dibahas di atas, tentu masih ada saham lainnya yang menarik. Kamu bisa pelajari tentang fundamental masing-masing perusahaan consumer goods dan lakukan analisa terhadap pergerakan harga sahamnya. Ingat ya, setiap aksi beli atau jual saham yang dilakukan sebaiknya berdasarkan keputusan sendiri. Bukan sekadar ikut-ikutan orang lain.

Untuk transaksi saham, gunakan Aplikasi Ajaib. Interface di Aplikasi Ajaib sangat simple dan ramah untuk pengguna baru sekalipun. Kamu juga dapat melihat data-data perusahaan di Ajaib, seperti rasio keuangan, aksi korporasi, profil perusahaan, serta berita-berita terbaru tentang saham yang kamu amati.

Artikel Terkait