6 Tips Bisnis Yang Perlu Diketahui Setiap Pengusaha

tips bisnis
tips bisnis

Butuh akan tips bisnis yang ampuh agar bisa mendapat kesuksesan? Simak 6 tips bisnis yang sudah dihimpun oleh redaksi Ajaib ini ya.

Pendekatan yang tepat adalah kunci dari dunia perbisnisan. Bagian dari menyiapkan rencana jangka panjang adalah mengetahui keberadaan titik-titik masalahnya. Itulah sebabnya mengapa memiliki sekelompok teman dan mentor yang kuat sangat penting bagi para pemimpin: Perspektif luar, atau seseorang yang telah menghadapi masalah yang sama, dapat berarti berjuang dan menemukan kesuksesan.

Ini berarti bahwa kamu perlu menoleh ke arah mereka yang memiliki minat terbaik dalam pikiran kamu. Seorang mentor yang baik dapat memberikan dorongan di mana diperlukan – atau mencaci maki, jika diperlukan – dan bimbingan pada sejumlah mata pelajaran, semua tanpa mencoba menjalankan bisnis sendiri.

Sementara seseorang yang lebih senior dapat menawarkan nasihat yang baik, mereka bukan satu-satunya suara yang harus kamu cari: Teman sebaya dan orang lain pada tahap bisnis yang sama dengan kamu, misalnya, mungkin memiliki perspektif yang lebih dekat tentang bagaimana hal-hal saat ini beroperasi, atau apa teknologi atau metodologi baru sepadan dengan waktu kamu.

Untuk membantu kamu berhasil, inilah tips bisnis yang harus diketahui oleh para pengusaha.

Tips Bisnis yang Perlu Diketahui Pengusaha

Penelitian dan Pahami Pasar kamu

Luangkan waktu untuk melakukan riset pasar dan dengarkan baik-baik kebutuhan ideal klien kamu. Selaraskan tujuanmu dengan mereka untuk mengetahui di mana mereka berada sekarang: Itu berbeda dengan di mana kamu ingin mereka berada. Ambil celah-celah di pasar untuk menjadi solusi dan sumber kesuksesan bisniskmu.

Kerja Keras

Memulai bisnis secara eksponensial lebih sulit daripada pekerjaan lain. Pengusaha sukses perlu beroperasi dengan baik di berbagai fungsi: penjualan, pemasaran, keuangan, operasi, SDM, dll. Selain itu, menciptakan perusahaan dari awal memerlukan kreativitas, ketekunan, dan pembelajaran berkelanjutan. Jadi jalankan bisnismu dengan kerja keras dan dedikasi yang tinggi.

Dengarkan Klien Kamu

Dengarkan dan berempati dengan klien kamu. Setiap orang sangat tertarik untuk menyampaikan pesan pribadi mereka, sehingga tidak ada yang salah dengan berhenti sejenak untuk benar-benar mendengarkan dan menemukan akar masalah. Dengan ini, kamu dapat menemukan kesalahan-kesalahan (walaupun kecil) untuk dapat diperbaiki.

Belajar Bersama Tim

Sebagian besar pemimpin puas dengan belajar sendiri. Mereka membaca buku atau menghadiri konferensi sendiri. Para pemimpin yang baik, belajar dengan bantuan seorang mentor. Seorang pelatih dapat datang bersama seorang pemimpin dan membantu pemimpin melihat berbagai hal dari sudut pandang yang berbeda. Para pemimpin terbaik belajar dengan sebuah tim. Pepatah lama mengajarkan bahwa di mana ada banyak penasihat, ada banyak keberhasilan.

Jalankan Jangka Panjang

Sangat mudah untuk terjebak dalam tantangan sehari-hari menjalankan bisnis, tetapi kamu HARUS menyediakan waktu setidaknya sekali seminggu untuk mengetahui apa yang harus kamu lakukan untuk kesehatan jangka panjang bisnis kamu. Itu termasuk pemasaran, pelatihan, pengembangan karyawan, keterlibatan masyarakat dan pengembangan modal. Investasi yang baik hari ini akan membayar dividen di masa depan.

Jaringan Dengan Pelaksana Yang Berpengalaman

Manfaatkan kesempatan apa pun untuk berjejaring dan belajar dari eksekutif yang lebih berpengalaman, serta untuk dibimbing dan dilatih oleh beberapa dari mereka. Lebih jauh, buatlah pertemuan khusus, diskusi di ruang rapat, dan menyusun perencanaan strategis akan sangat bermanfaat.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait