5 Kendala Rencana Anggaran Kamu Tidak Berhasil

rencana anggaran
rencana anggaran

Apakah kamu mendapati diri kamu gagal menjalankan rencana anggaran yang telah kamu kerjakan dengan keras? Kamu tidak sendiri. Faktanya, lima kendala umum ini sering menjadi batu sandungan dalam membuat rencana anggaran.

Rencana Anggaran dan Kendala Umumnya

Analisis Kelumpuhan

Kamu merasa tidak dapat membuat anggaranmu sempurna. Mengapa itu terjadi: Jika kamu seorang perfeksionis, kamu mungkin takut membuat pilihan yang salah. Sehingga kamu tidak membuat pilihan sama sekali.

Solusinya: Mulai saja di suatu titik, mungkin dengan melacak hanya satu atau dua kategori penting. Ingatkan diri kamu bahwa bahkan anggaran yang tidak sempurna lebih baik daripada tidak ada anggaran.

Terlalu Rumit

Bulan lalu, kamu memutuskan untuk melacak setiap rupiah. Kamu terus melakukannya — selama dua hari. Jika kamu tidak menemukan kesalahan, kamu merasa gagal. Mengapa itu terjadi: Orang menganggap penganggaran harus memiliki banyak uraian pekerjaan, padahal sebenarnya ini tentang menemukan solusi dan kebiasaan yang sederhana dan realistis.

Solusinya: Tetap sederhana dan berikan waktu sesaat. Baik kamu menggunakan notebook atau aplikasi, melacak pengeluaran seharusnya tidak lebih dari 10-15 menit sehari.

Hidup Berubah

Kamu tidak memasukkan tagihan ini-itu. Atau kamu tidak menghitung jumlah dan menyiapkan dana penyangga untuk keadaan darurat seperti perbaikan mobil atau pengeluaran lainnya. Mengapa itu terjadi: Orang cenderung fokus pada apa yang ada di depan mereka. Dan melupakan titik-titik kecil yang tidak kalah penting.

Solusinya: Brainstorm pengeluaran tahunan, acara potensial yang bisa saja terjadi, dan bahkan belanja musiman sesekali seperti membeli hadiah.

Tombol Beli

Suka penawaran dan unduhan harian? Membeli aplikasi seharga Rp10.000 atau streaming film dengan harga Rp50.000. Memang terlihat sedikit, tetapi pembelian kecil itu bisa bertambah dan menumpuk. Mengapa itu terjadi: Jika kamu mendaftarkan informasi kartu kredit/akun bayar kamu dengan aplikasi atau situs, kemudahan membeli dapat membuat kamu lupa transaksi yang kamu lakukan.

Solusinya: Sebelum kamu mengklik “Beli”, ambil jeda lima menit untuk mempertimbangkan apakah kamu benar-benar membutuhkan pembelian. Jika kamu menggunakan aplikasi anggaran atau spreadsheet, lacak pengeluaran online kamu. Bisa jadi, kamu akan terkejut ketika melihat totalnya.

Tipe Pemberi

Kamu pandai berpegang pada anggaran untuk diri sendiri, tetapi ketika menyangkut teman-teman, pasangan, atau keluargamu, kamu mendadak menjadi dermawan. Mengapa itu terjadi: Banyak orang merasa lebih mudah untuk membenarkan pengeluaran untuk orang lain daripada untuk diri mereka sendiri.

Solusinya: Buat dan masukkan biaya untuk hadiah ke dalam anggaran kamu. Hanya karena itu bukan untuk kamu, bukan berarti mereka tidak dihitung sebagai pengeluaran.

Jadi, apakah kamu sudah siap untuk merevisi daftar anggaran bulanan/ tahunan kamu? Mulailah untuk merancang anggaran bulan depan, jika masih belum berhasil atau cocok dengan anggaran yang kamu buat, tetaplah berjuang untuk memperbaiki daftar anggaranmu sampai itu menjadi sempurna.

Misalnya pada November 2019 ini, kamu harus mulai menyusun daftar pengeluaran kamu untuk menghitung berapa anggaran yang harus kamu persiapkan. Hal ini diperlukan untuk mendapat informasi selengkap mungkin kemana saja uang kamu berpindah tangan agar rencana anggaran kamu bisa matang.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait