3 Emosi Yang Dibutuhkan Pemasaran Online Agar Laku Keras

pemasaran online
pemasaran online

Agar usaha laku keras, ternyata ada emosi yang harus dibangun dalam pemasaran online. Apa saja emosi itu? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Konsumen dibombardir dengan banyak pesan pemasaran online dan promosi setiap hari. Merek yang menghasilkan pemasaran ini menghabiskan banyak waktu, uang, dan sumber daya lainnya untuk menyampaikan pesan itu di depan pelanggan mereka dan orang lain yang ingin mereka layani.

Jadi sayang ketika pesan-pesan itu diabaikan atau dilupakan lima detik setelah dilihat. Berita baiknya adalah ada cara yang lebih cerdas untuk terhubung dengan pelanggan kamu. Menghasilkan pemasaran yang membuat mereka merasakan sesuatu selain ketidakpedulian. Hasilkan pemasaran online untuk mereka yang menggerakkan mereka untuk bertindak dan memaksa mereka untuk mengambil langkah selanjutnya dengan kamu.

Langkah selanjutnya adalah membagikan konten kamu, memberi kamu lebih banyak perhatian saat kamu mencoba berkomunikasi dengan mereka, memberi kamu alamat email mereka, atau bahkan membeli salah satu produk atau layanan kamu.

Cara kamu membuat pelanggan merasa nyaman di sepanjang berbagai titik sentuh yang kamu miliki bersama mereka sebagian besar adalah apa yang akan memicu tindakan apa yang mungkin mereka ambil saat mereka mengkonsumsi konten kamu.

Sama seperti poin klarifikasi, konten tidak terbatas pada posting blog, episode podcast, atau video YouTube. Ini adalah setiap tempat di sepanjang perjalanan pelanggan kamu, di mana pelanggan kamu berinteraksi dengan bahan apa pun yang kamu hasilkan, seperti situs web kamu, kampanye promosi, signage, musik penahan di hotline layanan pelanggan kamu, atau bahkan panduan instruksi kamu.

Masing-masing titik sentuh tersebut memiliki dampak pada perasaan pelanggan tentang merek kamu. Kamu akan memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk memastikan pelanggan kamu merasakan sesuatu yang berharga ketika kamu memulai kampanye pemasaran atau upaya pembuatan konten apa pun dengan gagasan yang jelas tentang bagaimana kamu ingin pelanggan kamu merasakan akibat terlibat dengan apa yang kamu hasilkan.

Berikut adalah tiga emosi yang ketika dimasukkan ke dalam pemasaran online kamu akan membantu kamu menghancurkan ketidakpedulian terhadap merek kamu, dan membuat pelanggan kamu mengambil langkah selanjutnya dengan menggunakan produk atau layanan dari bisnis kamu.

Menyenangkan

Setiap kali sebuah bisnis melakukan pekerjaan untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang menyenangkan untuk konsumen, biasanya konsumen menemukan bahwa mereka tidak bisa diam tentang hal itu. Mereka akhirnya mengatakan kepada siapa pun yang akan mendengarkan karena mereka ingin yang lainnya mengalami keangkeran itu untuk diri mereka sendiri atau, paling tidak, mendapatkan kesenangan dari hidup secara perwakilan melalui pengalaman yang dimilikinya.

Emosi ini berhasil karena itu mengejutkan pelanggan kamu karena norma yang biasa. Dengan menyampaikan hal-hal yang tidak terduga dengan cara yang menimbulkan kejutan, kegembiraan, dan keriangan, kamu membuka jalan untuk menjadikannya jalan ke pelanggan kamu untuk mengambil tindakan.

Kebanggaan

Di media sosial, banyak orang sering memposting langsung dari aplikasi mereka setiap kali mereka menyelesaikan latihan. Mereka bangga dengan apa yang telah mereka capai dengan tujuan kebugaran mereka dan tergerak untuk berbagi dengan orang lain tentang kemajuan mereka.

Ketika kamu menciptakan momen kebanggaan bagi pelanggan kamu, baik sebagai sekali jalan atau secara konsisten, itu membuat mereka terhubung dengan produk atau layanan kamu pada tingkat yang lebih dalam, lebih emosional.

Ini menggerakkan hubungan kamu di luar transaksi, dan mendorong pelanggan kamu untuk ingin terus menggunakan produk kamu dan, dalam beberapa kasus, untuk berbagi dengan orang lain tentang hasil luar biasa yang mereka peroleh dari kamu.

Kamu dapat melakukannya dengan melacak kemajuan mereka, membantu mereka merayakan kemenangan, tonggak sejarah, dan hal terbaik secara pribadi. Sedikit gamification juga bisa menyenangkan, dengan membantu pelanggan kamu melacak kemajuan versus data yang kamu miliki untuk grup yang lebih besar.

Nyeri

Suka atau tidak, rasa sakit adalah motivator yang kuat. Dalam pengalaman banyak orang, baik secara pribadi maupun dalam mengamati orang lain, sampai orang-orang sampai ke tempat di mana tingkat kesakitan mereka saat ini lebih buruk daripada ketidaknyamanan yang terkait dengan mengambil tindakan untuk melakukan sesuatu yang berbeda, maka tidak banyak yang akan berubah.

Itu sebabnya banyak pemasaran online yang menggerakkan rasa sakit orang-orang yang ingin mereka layani. Mereka memperbesar dampak dari situasi yang kurang diinginkan yang dapat diubah, dengan tujuan membuat keadaan saat ini begitu tak tertahankan untuk bergerak maju sehingga tindakan harus diambil sekarang.

Hidup adalah tentang momen. Momen yang membuat kita merasa. Pastikan kamu menciptakan momen untuk pelanggan kamu yang membuat mereka merasakan sesuatu untuk kamu.

Karena, bagaimanapun, pelanggan hanyalah manusia yang merasakan rasa emosional.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bisnis dan start-up, kamu bisa membuka artikel lainnya di bagian ‘Belajar’ di situs Ajaib. Banyak artikel yang membahas tentang pemasaran dan bagaimana cara menjual produk yang kamu miliki, atau mengembangkan komunikasi antara pegawai dan atasan. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait