3 Alasan Mengapa Bisnis Coffee Shop Adalah Tren Baru

bisnis coffee shop
bisnis coffee shop

Ajaib.co.id – Bila diperhatikan, bisnis coffee shop semakin menjamur di Indonesia. Mengapa bisnis coffee shop ini begitu digandrungi dan menjadi arah tren baru? Simak ulasan ini untuk lebih memahaminya.

No coffee, no work!”, Siapa yang setuju dengan pernyataan yang satu ini? Minum kopi sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia, mulai dari mereka yang tinggal di desa hingga perkotaan. Budaya minum kopi juga tidak pandang bulu, mulai dari remaja, pelajar hingga pegawai kantor. Itulah yang memicu banyaknya bisnis coffee shop yang semakin meningkat di kota-kota besar, misalnya Jakarta, Surabaya, Bandung, dan banyak lagi.

Warung kopi yang identik dengan tempat yang sederhana saat ini mulai berubah menjadi tempat nongkrong yang digemari oleh banyak kalangan muda. Banyak coffee shop yang memanfaatkan tempatnya sebagai tempat untuk bekerja atau meeting bersama rekan kerja.

Lalu, apa yang membuat bisnis coffee shop ini menarik sebagai peluang usaha? Ingin tahu tentang bagaimana bisnis kopi berkembang? Apa saja faktor yang membuat banyak orang berbisnis kopi? Ayo, mari kita pelajari satu per satu!

Keuntungan Besar

Kita tidak perlu lagi mempertanyakan mengapa banyak orang berubah menjadi pengusaha warung kopi atau coffee shop. Bukan hanya kebiasaan, bisnis ini bisa menghasilkan banyak omset. Cobalah belajar satu per satu, ya.

Di ibu kota Jakarta, harga kopi Arabika Green Bean (belum dipanggang) langsung dibeli dengan harga petani hanya Rp80.000 / kg. Tetapi jika kamu membelinya langsung di vendor yang telah memanggang kopi menjadi bubuk, harganya bisa mencapai Rp300.000 / kg.

Sementara harga satu cangkir kopi Arabika termurah dijual seharga Rp15.000 per cangkir. Sedangkan dalam satu kilogram kopi Arabika dapat menghasilkan lebih dari 50 cangkir (atau lebih). Sehingga laba bersih 1 kg kopi bubuk Arabika bisa mencapai Rp500.000. Nah, coba hitung jika kamu bisa menjual 100 gelas sehari dan kalikan dalam satu bulan. Berapa omset yang bisa kamu dapatkan?

Keuntungan besar inilah yang banyak menarik perhatian para pengusaha untuk membuka usaha coffee shop, dengan keuntungan yang besar mereka berani untuk menanamkan modal awal yang besar juga, dengan harapan modal tersebut akan berlipat ganda dalam beberapa tahun mendatang.

Ide kreatif

Berbeda dengan bisnis kuliner lain yang harus berinovasi mati-matian, untuk bisnis coffee shop yang kamu jual bukan hanya cita rasa tetapi ide kreatif. Misalnya dalam memberi nama dan juga desain interior. Bisnis saat ini tidak hanya bergelut dengan rasa, tetapi juga sebuah ide.

Salah satu contohnya, adalah Kopi Kenangan. Coffee Shop ini awalnya hanya ada di beberapa outlet saja, tetapi karena namanya yang unik tidak sulit bagi Kopi Kenangan untuk mencuri hati rakyat Indonesia. Nama menu yang unik, seperti Kopi Kenangan Mantan dan Kopi Kenangan Mantan Menikah, adalah menu utama bisnis ini. Selain harganya yang terjangkau, kopi ini menawarkan sisi kreatif yang tidak dapat dibeli oleh siapa pun.

Ide kreatif dari masing-masing pengusaha bersaing satu sama lain dalam merebut hati calon konsumennya. Perang ide inilah yang juga membuat banyak pengusaha tertantang untuk membuka usaha ini, selain perang kreatif yang sehat mereka juga menambah racikan dengan bahan yang unik.

Mudah Mendapatkan Bahan Makanan Tambahan

Bagi kamu yang ingin minum kopi, kamu benar-benar tidak perlu menu snack atau makanan. Namun, jika kamu memiliki keinginan untuk membuat menu jajanan atau makanan, kamu tidak perlu repot karena jajanan yang disajikan dengan kopi tidak bisa menjadi atau tidak mungkin dikategorikan sebagai makanan berat. Misalnya, kamu bisa menyajikan brownies, kue, kentang goreng, dan sebagainya.

Bahan-bahanan makanan ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di pasaran, dengan harga yang miring. Menyiapkan makanan pendamping tidak merepotkanmu untuk urusan dapur dan persediaan makanan. Ingat, coffee shop bukan sebuah restoran yang menyediakan makanan-makanan berat, namun ‘biasanya’ menyediakan makanan-makanan pendamping atau jajanan-jajanan kecil yang bisa kamu buat sendiri atau kamu pesan dari pihak ketiga.

Banyak Pecandu Kopi

Apakah kamu sudah tahu bahwa Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia? Tidak hanya beragam jenis kopi yang dihasilkan, pecandu kopi di Indonesia juga semakin meningkat di mana-mana, apalagi di sektor konsumen anak muda.

Dilansir dari Viva, data dari International Coffee Organisation (ICO) mencatat bahwa pertumbuhan rata-rata konsumsi kopi Indonesia lebih besar daripada dunia pada umumnya.

Tren penjualan ini tercermin dalam platform jual beli online. Berdasarkan data dari salah satu e-commerce yang membeli dan menjual barang, penjualan kopi di platform pasar hampir tiga kali lipat. Sebelumnya, data mencatat bahwa ada sekitar 40 ribu produk pada tahun 2016 dan naik tiga kali lipat menjadi 120 ribu produk selama 2017.

Peningkatan jumlah ini dapat dianggap sangat fantastis dan membuktikan bahwa penggemar kopi di Indonesia cukup tinggi. Peluang ini dapat digunakan sebagai data awal untuk mendirikan warung kopi atau coffee shop impian kamu.

Kamu tidak perlu khawatir untuk membuka coffee shop impian kamu, gunakan waktu untuk menentukan konsep dan strategi untuk memasarkan warung impian kamu. Jika kamu masih belum memiliki investasi dalam jangka dekat, sisihkanlah dan gunakanlah waktu luangmu untuk berinvestasi di platform investasi reksa dana Ajaib. Kamu tidak akan membuang waktu luangmu dengan percuma, dengan pakar keuangan yang andal, mereka akan merekomendasikan kebutuhan finansial kamu melalui platform Ajaib.

Bacaan menarik lainnya:

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait