Yuk Intip! Ini Peran Social Media Buzzer di Era Digital

social media buzzer
social media buzzer

Sedikit banyak kamu mungkin pernah mendengar mengenai social media buzzer. Namun, sebenarnya peranan apa yang social media buzzer emban? Simak ulasan yang telah dihimpun oleh redaksi Ajaib berikut ini.

Di era sekarang ini hampIr setiap orang bisa unjuk kemampuan dan menawarkan kelihaiannya akan suatu hal yang menghasilkan keuntungan. Bermodalkan gadget berupa telepon genggam yang canggih dan koneksi internet maka dengan mudah seseorang bisa terkenal dan berbagai informasi tersebar.

Pemanfaatan Media Sosial

Berbicara mengenai peluang yang ditawarkan, pemanfaatan media sosial dalam hal pemasaran juga sangat mudah untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan media sosial tidak hanya digunakan oleh kaum milenial saja tetapi menyasar semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Dalam perkembangannya layanan satu ini juga memberikan banyak peluang bisnis sehingga tidak mengherankan apabila banyak perusahaan ataupun pebisnis yang memanfaatkan akun media sosial yang memiliki banyak pengikut untuk mempromosikan produknya. Mungkin kamu sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini.

Mereka yang memiliki banyak pengikut dan memiliki kemampuan untuk memberikan dampak terhadap orang lain, termasuk mempengaruhinya disebut sebagai social media buzzer.

Secara harfiah, buzzer diartikan sebagai pendengung. Artinya jika mengacu pada suatu kegiatan maka kurang lebih ia bertugas untuk mendengungkan informasi sampai heboh dan akhirnya netizen mempercayai hal tersebut sehingga lambat laun peran buzzer adalah untuk menggiring opini publik salah satunya menggunakan media sosial.

Membunyikan sebuah Pembicaraan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di media sosial, buzzer mempunyai misi sebagai orang yang memengaruhi orang lain melalui pembahasan atau pembicaraan terkait produk atau jasa dan merek suatu perusahaan dengan tujuan publik bisa mengenal dan tertarik terhadap produk atau jasa serta merek tersebut.

Menjadi buzzer berarti kamu bekerja mengandalkan kemampuan untuk mempengaruhi orang lain, dan bisnis ini dinilai memiliki peluang yang cukup besar karena setiap usaha membutuhkan usaha pemasaran seperti promosi agar produk mereka dapat dikenal orang banyak. Melalui buzzer produk sebuah perusahaan dapat cepat dikenal, sehingga permintaan akan jasa buzzer oleh kalangan perusahaan dan pebisnis semakin meningkat.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengatakan buzzer adalah salah satu mata pencaharian untuk mendulang uang di era digital dan dianggap sebagai salah satu alat pemasaran. Selain itu menurut Dirjen Aplikasi dan Informatika profesi buzzer juga dianggap mengurangi beban negara dan angka pengangguran di Indonesia.

Sejarah Buzzer di Indonesia

Mengutip CNNIndonesia, Di Indonesia, istilah buzzer mulai populer pada tahun 2012. Selanjutnya berdasarkan penelitian dari Universitas Oxford yaitu “The Global Disinformation Order 2019 Global Inventory of Organised Social Media Manipulation” yang digarap oleh Samantha Bradshaw dan Philip N.. Howard mengatakan bahwa besaran uang yang diterima oleh buzzer di Indonesia tercatat berkisar antara Rp1-50 juta.

Mengenai sistem pembayaran, bisnis buzzer biasanya dibayar per project namun dengan tarif yang bermacam-macam tergantung tarif yang mereka pasang dan berapa banyak pengikut serta engagement-nya. Berdasarkan informasi yang ditemukan dari berbagai sumber, ada beberapa buzzer yang memasang harga dimulai dari jutaan, puluhan juta, hingga ratusan juta per project.

Angka yang sangat fantastis bukan? Tidak mengherankan apabila banyak sekali orang yang berminat untuk menjadi buzzer. Namun tunggu dulu, ternyata hal ini tidak semudah yang kamu pikirkan lho.

Bagaimana Cara MenjadiSocial Media Buzzer?

Memiliki pengikut yang banyak

Jumlah pengikut yang banyak tentu merupakan syarat utama untuk menjadi seorang buzzer. Namun jumlah ini tentu harus real dan bukan merupakan pengikut yang ‘dibeli’ dalam jumlah ribuan sekaligus.

Dikenal Banyak Orang

Dikenal banyak orang tidak berarti hanya harus di dunia nyata saja, namun kamu juga bisa hanya terkenal di dunia maya. Jumlah pengikut yang banyak belum tentu mengindikasikan bahwa seseorang tersebut terkenal, karena di era sekarang yang serba canggih, jumlah pengikut sudah bisa dibeli sehingga syarat menjadi buzzer adalah selain memiliki jumlah pengikut yang banyak.

Pengikutnya juga diharuskan merupakan pengikut asli, bukan palsu. Cara mendeteksi apakah pengikutmu itu adalah pengikut asli adalah dengan membuat konten yang menarik dan informatif, bukan hanya sekedar sensasi. Selain itu, dengan dikenal banyak orang kamu juga akan mempunyai jaringan yang banyak dan kuat di media sosial.

Melalui jaringan tersebut maka kamu akan semakin mudah menyampaikan apa yang ingin netizen atau pengikutmu ketahui dengan segera, selain itu semakin bagus pula kerja kamu dalam upaya mempengaruhi masyarakat dengan berbagai produk dari project yang kamu dapatkan.

Kreatif dan Aktif Bermedia Sosial

Buatlah sebuah konten yang menarik, kreatif, berbeda namun tetap berguna untuk dibagikan. Hal ini akan membuat kamu lebih mudah untuk menyampaikan pesan yang ada. Selain itu aktif dalam bermedia sosial atau disebut juga dengan konsisten.

Pilihlah salah satu bidang yang kamu betul-betul kuasai. Meski sesekali kamu tertarik untuk membahas di luar kekuasaan kamu, hubungkan dengan hal yang kamu kuasal. Tentu saja kamu harus betul-betul memahami konten yang kamu buat.

Membuat Sebuah Konten yang Dapat Menjadi ‘Trending Topic’

Sebagai seorang buzzer, kamu harus bisa dan mencari tahu agar konten yang kamu buat dengan mudah cepat menyebar di tengah masyarakat dan menjadi trending topic.

Jika kamu mampu akan hal ini maka kamu sudah selangkah lebih maju daripada buzzer pada umumnya. Semakin cepat suatu hal tersebar di kalangan orang luas, maka akan semakin cepat juga suatu produk atau jasa atau merek tersebut dikenal.

Kalau sudah begitu, orang yang akan terpengaruh untuk membeli produk dan jasa tersebut. Juga akan semakin cepat sehingga memiliki konsumen yang loyal.

Menekuni aktifitas sebagai social media buzzer belakangan ini cukup menjanjikan. Peluang sukses di bidang ini juga terbuka lebar, dikarenakan saat ini ada banyak orang yang membutuhkan layanan buzzer.

Namun perlu diingat bahwa ketika menjadi seorang social media buzzer kamu juga harus memahami mengenai jurnalistik. Hal ini ditujukan agar konten yang kamu buat juga terlihat meyakinkan.

Selain itu, jadilah buzzer yang professional dan mempunyai hati nurani. Karena ingat sebagai seorang buzzer kamu dapat dengan mudah menggiring atau mempengaruhi hal apapun yang terjadi di masyarakat. Oleh sebab itu sebisa mungkin jauhilah isu-isu yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. Dengan cara menyebarkan hal-hal yang positif, bukan konten hoax.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait