Teknologi

Youtube Studio Beta, Pengelolaan Channel Jadi Lebih Baik

youtube-studio-beta

Ajaib.co.id – Youtube menjadi salah satu media sosial yang digunakan hampir semua orang terlebih orang Indonesia. Bagi seorang Youtuber, baik yang masih pemula maupun yang sudah professional, pasti akan merasakan perubahan pada tampilan atau navigasinya.

Beberapa waktu lalu, platform berbasis video ini mengalami perubahan pada menu, yang tadinya Creator Studio sekarang diubah menjadi Youtube Studio Beta.

Bagi yang belum tahu, Youtube Studio Beta adalah menu baru yang dibuat untuk sejumlah inisiator. Para kreator dapat mengurus traffic atau kedatangan, meningkatkan kanal, menjalin relasi dengan audiens, dan menghasilkan uang dari satu tempat.

Kabarnya Youtube akan menghentikan penggunaan menu Creator Studio. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu tetap bisa menggunakannya kembali untuk sesaat yang ada pada pilihan menu di sebelah kiri.

Cara Membuka Youtube Studio Beta

Bagi yang belum tahu, untuk bisa mengakses Youtube Studio Beta ini juga sangat mudah. Caranya adalah sebagai berikut:

·      Login ke channel Youtube milikmu

·      Pada bagian atas sebelah kanan, pilih gambar profil

·      Lalu pilih Youtube Studio

Mengelola Channel Youtube Jadi Lebih Mudah

Meski beberapa fiturnya masih dalam proses desain ulang, namun Youtube Studio Beta ini membantu para Youtuber mengelola channelnya jadi lebih mudah. Kamu bisa gunakan menu yang ada di sebelah kiri untuk mengelola channel Youtube dan video milikmu.

Apa saja fitur-fitur yang dapat diandalkan? Berikut poin-poinnya:

·      Dasbor. Fitur ini memberikan gambaran umum tentang aktivitas terbaru di channel Youtube kamu, dan berbagai hal baru yang ada di Youtube.

·      Video. Kamu bisa menemukan ringkasan video dan live stream di sini.

·      Analytics. Fitur analytics memudahkan kamu memantau performa channel dan video milik kamu berupa metrik dan laporan.

·      Komentar. Lihat dan lakukan balasan dari komentar para audiens di video kamu.

·      Monetisasi. Apabila memenuhi syarat, kamu dapat memperbarui merchandise dan langganan untuk bisa memonetisasi channel kamu.

Cara Mengelola Video

Pada Youtube Studio Beta, kamu akan melihat beberapa tab di tampilan menu sebelah kiri, tergantung apakah kamu melihat keseluruhan channel atau video tertentu. Cara mengelola video tertentu, buka halaman video dan pilih judul atau thumbnail video yang ingin dikelola.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kotak pencarian untuk menemukan video yang ingin diedit. Beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola video yaitu:

·      Detail. Buat perubahan pada judul video, deskripsi, dan setelan video channel kamu.

·      Analytics. Perhatikan metrik yang hanya tersedia pada level video Youtube, seperti retensi penonton.

·      Editor. Kamu bisa melakukan perubahan pada video seperti trim video atau menambahkan layar akhir.

·      Komentar. Cek kolom komentar dari para penonton video kamu dan lakukan balasan untuk menjalin hubungan dengan mereka.

·      Terjemahan. Kamu juga bisa menambahkan terjemahan pada judul dan deskripsi di video kamu.

Youtube Studio Beta Tidak Bisa Dibuka, Bagaimana Mengatasinya?

Jika melihat perbandingan antara Youtube Studio Beta dengan menu Creator Studio, jelas sekali ada perubahan. Sayangnya, Youtube Studio ini sulit dibuka dan lebih sering muncul kalimat “Loading Youtube Studio” beberapa detik bahkan menit.

Tak heran jika sejumlah Youtuber lebih memilih menggunakan versi Creator Studio Klasik karena lebih simpel dan mudah untuk diakses. Youtube Studio sepertinya masih perlu perbaikan karena meski koneksi internet kencang masih saja sulit untuk diakses. Bahkan halamannya lebih berat daripada Creator Studio dan ada beberapa fitur membuatnya lebih sulit diakses di beberapa browser.

Mungkin karena Youtube Studio masih ‘Beta’ dari awal menyebabkan sulit untuk dibuka. Namun, ada beberapa cara mengatasi Youtube Studio Beta yang lemot sebagai berikut

1.    Pastikan Koneksi Internet Cepat dan Stabil

Untuk membuka Youtube Studio Beta jelas perlu yang namanya koneksi internet. Namun, pastikan koneksinya cepat dan stabil. Solusi yang satu ini dibutuhkan jika kamu ingin mengakses situs yang dirasa berat saat membukanya.

2.    Ganti Browser Lain

Saat mengakses situs atau web, sebagian orang mungkin hanya mengandalkan satu aplikasi browser saja. Kebanyakan orang jika suatu situs sudah tidak bisa oleh browser, tidak ada inisiatif untuk mencoba membuka situs tersebut di browser yang lain.

Untuk itu, cobalah untuk setidaknya memiliki 2 atau 3 aplikasi browser di perangkat komputermu sehingga ada solusi lain untuk mengakses Youtube Studio yang seringkali lemot.

3.    Buka Youtube Studio Melalui Desktop

Memang lebih simpel dan mudah membuka Youtube lewat smartphone. Namun, terkadang ada beberapa situs yang susah diakses di smartphone. Jika pada saat kamu ingin membuka Youtube Studio Beta di HP ternyata untuk diakses, coba buka menggunakan komputer atau laptop. Alasannya karena kinerja laptop atau lomputer lebih baik disbanding HP.

4.    Buka Tab Jangan Terlalu Banyak

Kamu mungkin pernah melihat orang lain ataupun temanmu ketika sedang browsing tidak cukup buka hanya satu atau dua tab, tetapi sampai 10 tab sekaligus.

Ketika itu juga kinerja laptop atau komputer tidak stabil, apalagi di saat bersamaan kamu ingin mengakses Youtube Studio sudah pasti lemot atau bahkan browser jadi not responding. Jadi, kurangi membuka banyak tab di browser ya.

5.    Gunakan Saja Creator Studio Klasik

Cara terakhir jika tidak ada lagi solusi adalah menggunakan Creator Studio Klasik. Awalnya kita memang wajib mengakses Youtube Studio Beta lebih dulu, dan jika sudah berhasil masuk tinggal di Bookmark saja halamannya.

Artikel Terkait