Teknologi

WiFi Rumah Suka Lemot? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!

Wifi Rumah
Wifi Rumah

Ajaib.co.id – Selama WFH di rumah, penggunaan WiFi rumah memang sangat dibutuhkan untuk menunjang rutinitas pekerjaanmu. Namun hal yang menyebalkan adalah ketika WiFi milikmu yang digunakan untuk bekerja mengalami gangguan atau putus secara tiba-tiba.

Tentunya peristiwa ini bisa menjadi bencana yang bisa membuat pekerjaanmu menjadi berantakan. Apalagi jika sedang dikejar-kejar deadline oleh atasan untuk dikerjakan secepatnya. Walaupun dianggap sepele, namun WiFi rumah yang suka lemot dan mengalami gangguan berdampak langsung terhadap ritme kerja seseorang.

Cara Tahu Penyebab Provider WiFi Mengalami Gangguan

Oleh karenanya, agar masalah WiFi ini tidak sampai mengganggu pekerjaanmu. Kamu perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab WiFi rumah suka lemot dan tidak berfungsi secara baik. Berikut adalah cara-caranya:

1.     Ketahui Apakah Memang Benar Koneksi Internet Lambat atau Tidak

Penyebab koneksi WiFi yang kamu gunakan lemot, bukan hanya bisa disebabkan oleh masalah koneksi saja dari pihak provider. Melainkan, bisa jadi kamu sedang membuka sebuah halaman website yang memiliki loading yang sangat lama.

Kamu bisa mengetahui apakah memang benar koneksi internet milikmu sedang lambat atau tidak. Dengan cara menekan tombol windows + R di keyboard  bila kamu sedang menggunakan desktop atau laptop, lalu kamu bisa mengetikkan CMD dan tekan Ok.

Setelahnya, kamu bisa mengetikkan ping google.com atau ping yahoo.com. Kemudian tekan Enter, akan ada muncul angka dalam satuan ms. Bila angka ping yang muncul 18ms untuk Google.com, berarti kondisi koneksi WiFi rumahmu sangat cepat, sedangkan bila angka tersebut hingga ratusan bahkan ribuan ms. Hal ini menunjukkan bahwa kecepatan internet-mu sangat lambat.

2.     Gunakan Situs untuk menguji Kecepatan Koneksi Internet

Selain dengan mengetahui angka ping lewat command prompt di desktop atau laptop. Kamu juga bisa mengetahui kecepatan WiFi milikmu dengan membuka situs https://fast.com/id/.

Kamu bisa membuka situs ini lewat desktop atau laptop, dan ponsel pintar untuk menguji kecepatan internet di rumah. Kamu hanya perlu membuka saja situs tersebut, lalu situs tersebut akan secara otomatis menguji kecepatan internet rumah milikmu dengan menunjukkan informasi tentang latensi dan kecepatan upload.

3.     Jumlah Perangkat yang Terhubung ke WiFi

Semakin banyak jumlah perangkat yang terhubung dengan WiFi akan semakin membuat koneksi internet kian lambat saja. Karena bandwith internet terbagi ke beberapa device, hal ini seringkali menjadi penyebab mengapa WiFi rumah terkadang lemot.

Untuk mengetahui perangkat mana saja yang saat ini sedang terhubung dengan WiFi milikmu. Kamu bisa mencari tahunya dengan cara langsung masuk ke akun pelanggan milikmu dari penyedia layanan WiFi yang kamu gunakan.

Dari sana, kamu bisa mengetahui perangkat-perangkat mana saja yang terhubung ke WiFi milikmu. Cara ini bisa kamu lakukan untuk menghindari adanya penggunaan WiFi yang bukan dari anggota keluargamu atau menggunakan WiFi rumah tanpa sepengetahuanmu.

4.     Perangkat WiFi yang Digunakan Rusak

Bila WiFi yang kamu gunakan mengalami kendala, kamu bisa langsung menanyakan langsung kepada tetanggamu yang memang sama-sama menggunakan provider yang sama. Jika respon tetanggamu tidak sama seperti yang kamu alami.

Kamu bisa memeriksa kabel-kabel WiFi apakah sudah terpasang dengan benar atau belum. Bila kamu sudah mengeceknya dan terpasang dengan benar. Kamu bisa menghubungi lebih lanjut customer service dari provider internet yang kamu gunakan. Guna mendapatkan tindak lanjut apa yang perlu dilakukan misalnya me-refresh sistem, restart modem, atau meminta teknisi untuk datang ke lokasi untuk memperbaikinya.

Keempat cara ini bisa kamu lakukan untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi pada WiFi milikmu yang terkadang suka lemot saat digunakan atau mengalami kerusakan akibat modem sudah usang.

Paket WiFi Murah untuk di Rumah

Mahalnya penggunaan WiFi di rumah bisa disebabkan oleh paket internet yang kita gunakan. Karena ketika kamu memilih paket internet dengan koneksi internet yang lebih cepat pasti memerlukan biaya lebih dalam penggunaannya.

Berikut adalah rekomendasi provider internet terbaik untuk rumah yang bisa kamu gunakan untuk menunjang WFH-mu saat ini.

1.IndiHome

Harga paket internet IndiHome terbilang terjangkau untuk masyarakat secara luas. Karena IndiHome menawarkan paket WiFi mulai dari Rp320.000 – Rp1.800.000 per bulan. Sebagai pelanggan baru IndiHome, kamu akan dikenakan biaya pemasangan sebesar Rp100.000 untuk wilayah Jabodetabek. Sedangkan, untuk biaya pemasangan di luar Jabodetabek akan dikenakan biaya Rp75.000 ditambah PPn sebesar 10%.

2. First Media

First Media adalah salah satu provider internet terbaik untuk rumah. Paket WiFi yang ditawarkan mulai dari Rp 361.000 per bulan. Bagi pelanggan baru, kamu akan dikenakan biaya pemasangan sebesar Rp200.000 ditambah PPn sebesar 10%.

3. MNC Play

Paket internet murah lainnya yang bisa kamu pilih sebagai WiFi rumah adalah MNC Play. Pasti kamu sudah tahu kan, siapa pemilik perusahaan ini? Betul sekali, Hary Tanoesoedibjo bos MNC Group. Biaya langganan per bulan untuk MNC Play mulai dari Rp290.000 dan biaya pemasangan sebesar Rp200.000, serta biaya PPn 10%.

4.     Biznet

Kalau provider internet satu ini pasti tidak asing di telinga kamu. Lantaran, layanan internet mereka banyak digunakan oleh perusahaan besar di Indonesia. Sehingga, wajar saja bahwa harganya terbilang cukup mahal untuk WiFi rumah.

Biaya pemasangan yang dibebankan kepada kamu sebesar Rp750.000 dan biaya sewa perangkat Rp900.000. Namun, biaya berlangganan paket internet Biznet sebanding dengan kualitas layanan yang prima mencakup berbagai wilayah di Indonesia. Paket yang ditawarkan oleh Biznet mulai dari Rp325.000/bulan.

5.     MyRepublic

Paket internet dari MyRepublic menawarkan kecepatan internet hingga 30 mbps. Paket WiFi rumah yang ditawarkan mulai dari Rp329.000 dengan biaya pemasangan sebesar Rp500.000 dan PPn 10%.

Setelah mengetahui penyebab dan bagaimana cara mengatasi WiFi yang sering lemot, serta rekomendasi lima provider internet terbaik untuk rumah yang bisa kamu gunakan. Apakah kamu sudah memasang atau mengganti WiFi rumahmu dengan provider internet di atas?

Artikel Terkait