Investor Pemula

Tips Beli Saham Bagi Pemula yang Termudah untuk Dilakukan

tips beli saham

Ajaib.co.id – Sebagai generasi milenial yang baru ingin terjun dalam berinvestasi saham, pasti kamu membutuhkan sebuah panduan atau tips beli saham yang bisa membantumu saat ingin membeli saham-saham terbaik di pasar modal. Sebab, ketika kamu menjadi seorang investor saham, kamu harus secara mandiri memilih sendiri dari berbagai opsi pilihan saham yang tersedia.

Saat ini, kamu bisa membeli saham secara langsung ataupun online, melalui sekuritas yang bisa diakses lewat aplikasi dan juga website milik mereka. Oleh karenanya, tips-tips beli saham bagi pemula berikut ini bisa memudahkanmu saat ingin membeli saham.

Tips Memilih Sekuritas

Pertama-tama, kamu perlu memilih sekuritas terbaik dengan cara mengetahui apakah perusahaan sekuritas tersebut sudah memiliki izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak.

Kedua, jika kamu sudah mengetahui legalitas dari perusahaan sekuritas tersebut, kamu bisa mencari tahu berapa besaran setoran awal untuk membuka rekening saham di perusahaan sekuritas tersebut.

Ketiga, kamu bisa mempertimbangkan memilih perusahaan sekuritas yang menawarkan biaya transaksi jual dan biaya beli saham dengan biaya yang tergolong murah.

Keempat, pilihlah perusahaan sekuritas yang bisa memudahkan kamu saat ingin membuka rekening saham, membeli atau menjual saham. Di mana, kamu bisa memilih perusahaan sekuritas yang bisa diakses secara online lewat aplikasi dan website saja.

Kelima, kamu bisa mempertimbangkan perusahaan sekuritas yang memberikan layanan data atau grafik pergerakan harga saham secara real-time, di mana kamu tidak perlu harus berlangganan untuk data yang disediakan tersebut, alias gratis.

Jadi, setidaknya ada 5 hal yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih sekuritas terbaik yakni legalitas, besaran setoran awal, biaya transaksi, kemudahan akses, dan layanan data secara real-time.

Tips Beli Saham Bagi Pemula

Selanjutnya, jika kamu sudah menentukan pilihan terkait perusahaan sekuritas yang ingin dijadikan tempat untuk membeli saham. Kemudian, kamu bisa memilih untuk membeli saham-saham yang memiliki kapitalisasi pasar yang besar. Kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli saham-saham blue chip seperti BBCA, UNVR, TLKM, BBRI, dan ICBP.

Cara Beli Saham BCA Online Lewat Sekuritas

Kamu bisa mengunjungi perusahaan sekuritas terbaik ataupun mengaksesnya melalui aplikasi atau website, jika perusahaan sekuritas tersebut mendukung layanan online.

Jika kamu memilih untuk membeli saham BBCA secara online, kamu bisa mengisi form untuk administrasi pendaftaran secara online yang sudah disediakan oleh sekuritas di website mereka. Kemudian, kamu bisa unduh form tersebut dan harus dikirimkan kembali ke alamat email atau kantor sekuritas tersebut.

Siapkan uang deposit atau setoran awal untuk pembukaan rekening sahammu, biasanya pembukaan rekening saham juga bisa dilakukan secara online melalui aplikasi atau website dari sekuritas bersangkutan. Besaran uang deposit berbeda-beda dari masing-masing sekuritas mulai dari Rp100.000 – Rp3.000.000

Setelah kamu setorkan sejumlah dana untuk pembukaan rekening sahammu, kamu akan mendapatkan notifikasi ataupun email yang berisikan ID dan PIN.

ID dan PIN yang kamu dapatkan tersebut, bisa kamu gunakan untuk mengakses akun sahammu di perusahaan sekuritas bersangkutan. Kamu bisa mengakses akunmu dengan memasukkan ID dan PIN melalui website ataupun aplikasi.

Ketika kamu sudah masuk dengan ID dan PIN yang dimiliki, kamu bisa memilih saham-saham blue chip yang tersedia di sekuritas tersebut melalui aplikasi, di mana kamu bisa mencari atau membeli saham BCA, dengan mengetikkan kode emiten BBCA.

Jika, sudah kamu akan diminta untuk mengisi berapa jumlah unit saham yang ingin kamu beli, minimal pembelian saham yakni 100 lembar atau 1 lot. Per 27 Maret 2020, harga saham BBCA berada di angka Rp27.550 per saham. Jadi, kamu perlu menyiapkan dana sebesar Rp2.755.000 untuk 1 lot saham BBCA.

Namun, jika kamu masih ragu untuk terjun langsung dalam berinvestasi saham, kamu bisa mencari pengalaman berinvestasi terlebih dahulu melalui aplikasi simulasi trading saham yang bisa kamu unduh secara gratis melalui Google Play Store dan App Store di ponsel pintarmu, salah satu aplikasi simulasi jual-beli saham yang bisa kamu unduh adalah Nabung Saham Go.

Investasi Saham BCA Melalui Produk Reksa Dana di Ajaib

Jika kamu merasa keberatan dengan modal yang perlu kamu keluarkan sebesar Rp2.755.000 saat ingin berinvestasi saham BBCA, kamu bisa menyiasatinya dengan cara melakukan investasi saham BBCA melalui produk reksa dana yang dijual oleh platform investasi online Ajaib.

Di mana, investasi melalui produk reksa dana saham di Ajaib, kamu hanya butuh modal Rp10.000 saja, kamu sudah bisa berinvestasi di saham BBCA, BBRI, UNVR, dan saham-saham terbaik lainnya.

Kamu bisa membeli produk reksa dana saham di Ajaib seperti reksa dana Perusahaan BUMN Terbaik, 30 Saham Terbesar di Indonesia, 10 Saham Terbesar di Indonesia, dan lain sebagainya. Hal ini merupakan tips beli saham BBCA melalui produk reksa dana, dan bukannya secara langsung. Mengapa?

Sebab, produk reksa dana saham yang berisikan sejumlah saham-saham terbaik di Indonesia seperti BBCA, BBRI, dan UNVR layaknya sebuah paket investasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan investasimu.

Sedangkan jika kamu membeli saham BBCA secara langsung, hal ini dapat diibaratkan kamu hanya membeli satu produk saja, padahal kebutuhan atau keperluan investasimu masih belum cukup dengan hanya membeli saham BBCA saja.

Demikianlah informasi yang bisa Ajaib sampaikan mengenai tips beli saham bagi pemula, di mana sebagai investor pemula, saham-saham blue chip sangat cocok sekali bagi portofolio investasimu.

Sebab, saham-saham tersebut tidak mudah mengalami kenaikan ataupun penurunan harga yang drastis. Namun, jika kamu merupakan orang yang cenderung tidak terlalu menyukai analisa yang begitu mendalam terkait pergerakan harga saham, kamu bisa memilih investasi reksa dana di Ajaib.

Karena, kalau kamu berinvestasi di Ajaib, potensi return yang nantinya kamu dapatkan bisa dikalkulasikan melalui algoritma Robo Advisor, yang akan lebih memudahkan investor saat berinvestasi reksa dana di Ajaib.

Bacaan menarik lainnya:

Darmadji, Tjiptono, dan Fakhruddin. (2012). Pasar Modal Di Indonesia. Edisi Ketiga.Jakarta: Salemba Empat


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait