Milenial

Suka Menulis? Ini 5 Situs untuk Membuat Blog Gratis

Membuat Blog Gratis

Ajaib.co.id – Jaman serba canggih ini, tentunya segala sesuatunya dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan internet. Ini juga termasuk dalam memfasilitasi hobi menulis yang bisa diaplikasikan dalam bentuk blog.

Memiliki blog menjadi sarana terbaik memfasilitasi hobi menulismu, apalagi jika kamu merupakan seorang pemula. Bagi siapapun yang ingin mengungkapkan pikiran, ide, cerita dalam bentuk tulisan tentunya bisa membuat blog.

Namun hal yang paling penting adalah bagaimana cara membuat blog gratis, sehingga dalam memfasilitasi hobi kamu tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak.

Ada beberapa situs yang bisa digunakan untuk membuat blog gratis. Tampilannya juga bisa kamu atur sedemikian rupa untuk menarik minat pembaca kamu.

Tentunya dalam membuat blog gratis sudah pasti beberapa tools yang tersedia umumnya sangat terbatas. Namun ini bisa disiasati dengan kreativitas kamu tentunya.

Jika kamu berencana menulis untuk personal blog dan tidak ingin repot mengurusi masalah hosting, tentunya membuat blog gratis pada beberapa situs penyedia bisa kamu lakukan. Ada banyak platform blog yang mendukung hobi menulis kamu dengan gratis.

Namun yang perlu kamu ketahui, dengan menggunakan platform blog gratis, berarti kamu bersedia nama domain yang kamu miliki diembel-embeli dengan nama platform tersebut.

Sebelum kamu memulai blogging, ada baiknya jika kamu mulai belajar dan mulai mencari referensi yang sesuai yang kemudian bisa kamu aplikasikan dalam tulisan kamu.

Kamu juga bisa melihat artikel apa saja yang memiliki potensi untuk dibaca oleh pengguna internet. Dengan memanfaatkan hal tersebut, maka akan banyak orang yang mengunjungi personal blog kamu.

Adapun beberapa situs blog gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk mendukung hobi menulis kamu, antara lain :

1.   WordPress

Membuat blog gratis bisa kamu lakukan dengan mendaftar melalui situs wordpress.com. Situs ini sudah cukup lama berdiri dan dikenal sebagai solusi terbaik ketika seseorang ingin menuangkan keinginan atau hobi menulisnya.

Situs WordPress juga memberikan kamu kesempatan untuk menampilkan iklan dari perusahaan yang bekerja sama. Dengan begitu, selain memfasilitasi kamu menghasilkan uang, WordPress juga akan memudahkan kamu untuk mendapatkan uang.

Dalam menggunakan WordPress, ada banyak fitur dan tools gratis yang bisa kamu peroleh secara terbatas. Misalkan saja, kamu bisa melihat statistik pergerakan pembaca kamu secara real time, filter anti-spam, theme atau background gratis, SEO, dan banyak lagi.

Jika kamu merupakan seorang blogger pemula situs WordPress sangat cocok untuk kamu mulai menjalankan hobi menulis kamu. Namun, jika kamu sudah ahli dalam bidang tulis menulis, maka kamu bisa menjalankan pilihan untuk mulai berlangganan secara premium.

2.   Blogger

Selanjutnya kamu juga bisa mulai membuat blog gratis melalui situs Blogger yang merupakan satu kesatuan dari layanan Google yang cukup terkenal. Blogger memiliki layanan gratis bagi kamu penulis pemula yang ingin menunagkan kreativitas kamu dalam menulis.

Namun tentunya template desain dari theme sendiri tergolong cukup standar dan tidak banyak modifikasi yang unik.

Situs blogger ini, selain gratis juga merupakan salah satu situs yang memfasilitasi tulisan kamu dengan fitur dan tools yang mudah digunakan, karena sangat sederhana.

Blogger kemudian akan memberikan fasilitas dalam pengelolaan blog kamu yang terintegrasi dengan akun Gmail kamu, sehingga akan memudahkan dalam melakukan maintenance atau melihat traffic jumlah pembaca tulisan kamu.

3.   Tumblr

Ada juga situs penyedia blog gratis yang tidak kalah hebat adalah Tumblr. Tumblr merupakan situs popular yang penuh fitur dan memunculkan banyak hal menarik seperti audio blogging yang digunakan untuk backsound dan lain sebagainya.

Dalam situs Tumblr, kamu akan menikmati tampilan yang jauh lebih baik dari kompetitornya dengan keterbatasan fasilitas tools yang diberikan. Dalam situs Tumblr, kamu tentunya berkesempatan melakukan modifikasi pada situs blog kamu agar menarik pembaca.

Selain memiliki keunggulan dari backsound musik, aplikasi Tumblr juga memberikan dukungan pihak ketiga berupa Google Analytics dan Feedburner.

4.   Weebly

Situs penyedia blog gratis selanjutnya adalah Weebly. Situs ini memberikan tawaran yang lebih dari sekedar blogging biasa.

Kamu bisa memilih desain dan theme yang sesuai dengan keinginan kamu dalam jumlah yang cukup banyak dan cukup efektif untuk menarik keinginan pembaca kamu betah berada dalam situs kamu.

Weebly juga menghadirkan model pembangunan desain sebagai sistem manajemen konten, sehingga kamu akan dipermudah dalam membangun halaman kamu dengan berbagai tutorial yang ditawarkan.

Hal ini mencakup dari tutorial desain berdasarkan topik, traffic jumlah pembaca kamu dan juga pengembangan situs.

5.   Medium

Blog gratis selanjutnya adalah Medium. Medium merupakan sebuah sarana blog yang baru muncul dalam beberapa tahun terakhir. Medium juga didirikan dari gabungan penulis-penulis blogger yang semua menggunakan situs ini untuk sharing dan saling belajar satu sama lain mengenai beragam topik.

Itulah beberapa situ blog gratis yang bisa memfasilitasi kamu dalam menulis dan memposting berbagai macam artikel.

Namun perlu kamu tahu bahwa situs blog gratis tentunya mempunyai batasan, sehingga sudah pasti performanya tidak akan sebagi situs blog premium atau dengan berlangganan hosting.

Artikel Terkait