Pengertian dari istilah Marketing Adalah Sebagai Berikut

marketing adalah
marketing adalah

Kebanyakan orang pasti setuju jika marketing adalah salah satu ujung tombak sebuah perusahaan. Namun, apakah istilah ini hanya sesimpel itu? Simak ulasan berikut ini.

Kamu pasti sering mendengar istilah marketing atau pemasaran di dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, sudah banyak orang yang bekerja di bidang marketing, seperti digital marketing, manager marketing, marketing officer, dan lainnya.

Pengertian marketing adalah kegiatan bisnis yang di dalamnya meliputi perencanaan, penentuan harga barang dan jasa, promosi, serta kepuasan konsumen.

Setiap kegiatan marketing yang dilakukan, pastinya akan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnismu. Marketing juga tidak memandang seberapa besar bisnismu berjalan.

Jika tidak ada marketing di dalam bisnis, maka konsumen tidak akan mengetahui produk atau jasa yang dihasilkan dari bisnismu. Sehingga, penjualan produk bisnismu menjadi rendah.

Sebaliknya, jika bisnismu melakukan kegiatan marketing dengan baik, maka para konsumen bisa mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnismu.

Dengan begitu, banyak konsumen yang akan tertarik dengan produk kamu. Kamu bisa membangun penguatan merek (brand equity) terhadap produk yang kamu jual.

Mengenal Dunia Online Marketing

Saat ini, online marketing menjadi salah satu strategi yang dilakukan oleh para pengusaha. Sebab, sebagian besar masyarakat menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi.

Dengan banyaknya pengguna media sosial di Indonesia, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk memasarkan produk bisnismu. Kamu bisa menarik konsumen dengan cara memasarkan produk melalui media sosial.

Media sosial yang bisa kamu manfaatkan adalah Instagram, Facebook, dan Twitter. Seperti yang kita ketahui, ketiga media sosial ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Agar pemasaran produkmu berjalan lancar, kamu harus mengetahui perilaku konsumen di media sosial. Misalnya, mengetahui kapan mereka aktif mengakses media sosial.

Bagi kamu yang masih bingung kapan waktu untuk memasarkan produkmu melalui online marketing, berikut ini adalah penjelasannya:

Online Marketing Melalui Facebook

Banyak perusahaan yang menganalisa waktu terbaik untuk memasarkan produk mereka melalui Facebook. Meskipun kamu sudah menggunakan Facebook Ads, namun tidak ada salahnya untuk menerapkan online marketing.

Inilah waktu terbaik untuk memasarkan produk bisnismu melalui Facebook:

  • Saat jam kerja 10.00 WIB – 15.00 WIB
  • Khusus hari Rabu pada pukul 12.00 WIB – 14.00 WIB
  • Kamis adalah waktu terbaik untuk memasarkan produkmu di Facebook, tepatnya pada pukul 13.00 WIB – 14.00 WIB
  • Posting produk saat pagi hari dan malam hari dinilai kurang efektif
  • Untuk hari Sabtu, jumlah pengguna Facebook yang aktif lebih sedikit dibanding hari lainnya.

Jika dilihat dari data di atas, diketahui bahwa jumlah pengguna Facebook akan aktif pada siang hari saat hari kerja. Sebab, jam tersebut digunakan oleh mereka untuk beristirahat dan makan siang.

Akhir pekan pun kurang efektif untuk memasarkan produk, karena mereka lebih sibuk beraktivitas dan tidak sempat memegang smartphone.

Online Marketing Melalui Instagram

Tidak hanya Facebook, kamu juga bisa menggunakan Instagram untuk meningkatkan jumlah konsumen bisnismu.

Selain menggunakan Instagram Ads, kamu bisa meraih traffic pengunjung dengan mengunggah produk di waktu yang tepat. Mengelola posting-an Instagram untuk bisnis membutuhkan perencanaan yang tepat.

Waktu terbaik untuk memasarkan produk bisnismu di Instagram adalah:

  • Minggu (17.00 WIB)
  • Senin (19.00 WIB dan 22.00 WIB)
  • Selasa (03.00 WIB dan 22.00 WIB)
  • Rabu (17.00 WIB)
  • Kamis (07.00 WIB dan 23.00 WIB)
  • Sabtu(12.00 WIB dan 02.00 WIB)

Waktu tersebut tidak didasarkan pada jumlah like, namun hal itu terkait dengan berapa banyak orang yang melihat posting-an tersebut.

Online Marketing Melalui Twitter

Waktu terbaik untuk memasarkan produkmu di Twitter adalah Senin dan Kamis, tepatnya pada pukul 13.00 WIB dan 15.00 WIB.

Kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut sebagai jadwal yang paling ideal untuk mengunggah produkmu di Twitter.

Sementara itu, waktu yang paling buruk untuk memasarkan produkmu di Twitter adalah akhir pekan, tepatnya pada pukul 20.00 WIB ke atas dan Jumat pada pukul 15.00 WIB ke atas.

Supaya lebih efektif, jangan lupa untuk mencantumkan gambar di setiap tweet produk. Penggunaan gambar juga dinilai lebih efektif untuk menarik perhatian konsumen dibanding tulisan.

Dapat disimpulkan, marketing adalah kegiatan bisnis untuk mencapai tujuan dari perusahaan. Tentu dengan berorientasi terhadap profit yang dituju.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait