Banking

Pegadaian Digital Service: Layanan Bisa Diakses di Mana Saja

pegadaian digital

Ajaib.co.id – Butuh dana segar? Tetapi tidak bisa pergi ke mana-mana? Solusinya adalah Pegadaian Digital Service yang bisa diakses di mana saja.

Ketika pemerintah mengharuskan masyarakat untuk di rumah saja, ikuti anjuran tersebut. Namun bagaimana jika ingin menyelesaikan pembayaran logam mulia atau menggadaikan barang elektronik? Manfaatkan layanan Pegadaian digital.

Sejarah Pegadaian

PT Pegadaian (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam sektor keuangan dengan layanan pembiayaan, beli jual logam mulia (emas), dan jasa lainnya.

Kehadiran perusahaan plat merah ini di Indonesia sudah lama. Sejarah berawal dari pemerintah Belanda mendirikan Bank van Leening si Batavia pada 20 Agustus 1746. Ini adalah lembaga keuangan dengan jasa penyaluran kredit menggunakan sistem gadai.

Lembaga tersebut sempat dibubarkan ketika Inggris berkuasa pada 1811-1816. Inggris mendirikan usaha pegadaian dengan lisensi dari pemerintah daerah. Namun dalam perjalanannya, tak sedikit pemegang lisensi usaha yang menyalahgunakan peraturan atau menjalankan praktik lintah darat.

Ketika Belanda berkuasa kembali, pemerintah Hindia Belanda mendirikan Pegadaian Negara di Sukabumi, Jawa Barat, pada 1 April 1901. Tanggal tersebut diperingati sebagai hari lahir Pegadaian.

Pasca kemerdekaan, status BUMN ini beberapa kali berubah. Pada 1 Januari 1961, status Pegadaian yang tadinya Perusahaan Jawatan berubah menjadi Perusahaan Negara. Perubahan berlanjut pada 1990, status Pegadaian menjadi Perusahaan Umum. Yang terakhir pada 2011, Pegadaian menjadi Perseroan, tetapi berdasarkan anggaran dasar, status tersebut resmi berlaku pada 1 April 2012.

Pegadaian Digital

Pada 2018, Pegadaian meluncurkan Pegadaian Digital Service. Ini adalah layanan digital berbasis mobile dan web yang akan memberikan informasi mengenai produk Pegadaian sekaligus melayani transaksi.

Dengan Pegadaian Digital Service, perseroan dapat memberikan pelayanan lebih luas lagi dan menjangkau generasi muda dekat dengan produk Pegadaian. Bagi nasabah dan calon nasabah, mereka semakin mudah dalam bertransaksi. Karena layanan digital bisa diakses di mana saja, tanpa perlu menyambangi ke kantor Pegadaian.

Saat pandemi virus corona (Covid-19) melanda Jakarta pada Maret lalu, perseroan berupaya melakukan pencegahan. Perseroan menutup sementara 394 unit layanan (unit pelayanan cabang atau UPC) di DKI Jakarta serta memberikan vaksin influenza kepada karyawannya. Sehingga nasabah yang akan bertransaksi dianjurkan untuk menggunakan Pegadaian Digital Service.

Produk Pegadaian Digital Service

Pada dasarnya, produk Pegadaian Digital Service sama seperti Pegadaian konvensional. Yang berbeda hanyalah metodenya, produk digital menggunakan sistem daring. Untuk menikmati layanan, unduh aplikasi Pegadaian Digital Service di Play Store dan AppStore. Daftarkan dirimu dan manfaatkan layanannya.

Adapun produk Pegadaian digital adalah:

Gadai

Kredit Cepat Aman (KCA). KCA merupakan kredit menggunakan sistem gadai untuk kebutuhan produktif maupun konsumtif bagi masyarakat umum. Proses layanan gadai ini cepat dan aman. Bagi kamu yang memerlukan dana segar, KCA menjadi salah satu alternatifnya.

Caranya, bawa barang jaminan seperti logam mulia (emas batangan), perhiasan emas, barang elektronik, atau kendaraan bermotor (motor atau mobil). Lengkapi proses administrasi, lalu kamu akan membawa dana segar tersebut.

Krasida. Krasida adalah kredit dengan sistem gadai khusus pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya. Kredit ini memiliki syarat mudah, yakni agunan berbentuk emas (perhiasan atau batangan) atau kendaraan bermotor dan angsurannya per bulan dengan jangka waktu hingga 36 bulan.

Kreasi. Di tengah pandemi covid-9, sejumlah pengusaha UMKM kesulitan memperoleh dana untuk menjalankan bisnis. Salah satu solusinya adalah menggadaikan kendaraan bermotor. Namun mereka tetap membutuhkan kendaraan tersebut untuk operasional.

Oleh karena itu, Pegadaian memiliki layanan Kreasi. Ini merupakan layanan kredit bagi pelaku UMKM bersistem fidusia. Sistem fidusia adalah jaminan hanya berupa BPKB, sedangkan kendaraan bermotor dapat digunakan untuk keperluan usaha. Jangka waktu angsuran hingga 36 bulan.

Amanah. Amanah adalah pembiayaan dengan prinsip syariat Islam dari Pegadaian Syariah. Produk tersebut dapat digunakan oleh pegawai (negeri maupun swasta) yang ingin memiliki kendaraan bermotor dengan sistem mengangsur. Pembiayaan ini memiliki angsuran tetap, biaya administrasi terjangkau, dan jangka waktu 12-60 bulan.

Logam Mulia

Logam Mulia. Bagi kamu yang berencana investasi emas, pilih Mulia di Pegadaian Digital Service. Mulia adalah layanan penjualan emas dengan proses sangat mudah. Masyarakat dapat membeli emas secara tunai maupun kredit berjangka waktu fleksibel.

Bagi masyarakat, membeli emas merupakan investasi jangka menengah, bersifat likuid, keuntungan menjanjikan, serta prosesnya mudah. Untuk mendapatkan keuntungan, setidaknya kamu membeli emas saat ini dan jual minimal lima tahun lagi.

Keuntungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk membeli rumah, menunaikan ibadah, melengkapi kebutuhan pendidikan anak, dan lainnya.

Tabungan Emas. Selain emas batangan, kamu juga bisa berinvestasi dalam Tabungan Emas yang tersedia di Pegadaian Digital Service. Caranya lebih mudah seperti menabung pada umumnya, tetapi di buku tabungan akan dikonversi sesuai harga emas, dan minimal setoran Rp50,000. Buka rekening Tabungan Emas pada layanan digital, lalu ikuti langkah-langkahnya.

Jika sudah memiliki tabungan, tak ada salahnya untuk mengaktifkan G-Cash. Dompet virtual ini berfungsi untuk menyimpan, menyetor, dan menerima dana produk Pegadaian.

Cara tersebut memudahkan nasabah dalam menabung emas atau mencairkannya. Selain itu, G-Cash dapat digunakan untuk top up pulsa, membayar tagihan listrik, hingga transfer ke bank.

Lain-lain

Remittance. Remittance adalah layanan mengirimkan dan menerima uang dengan aman. Remittance Pegadaian memiliki jaringan remiten cukup luas, dari dalam maupun luar negeri, seperti Telkom Delima, BNI Smart Remittance, Mandiri Remittance, sampai Western Union, dan biayanya terjangkau.

Multi Pembayaran Online (MPO). Seiring perkembangan sektor keuangan, Pegadaian memaksimalkan layanannya berupa pembayaran via daring untuk berbagai hal. Sebut saja membayar tagihan listrik, tagihan air, pembelian pulsa, pemesanan tiket kereta api, dan lainnya. Uniknya, MPO tak mengharuskan nasabah memiliki rekening bank. Bahkan MPO dapat diakses di layanan digital dengan cara mengaktifkan G-Cash terlebih dahulu.

Akses Pegadaian Digital Service untuk menemukan solusi keuanganmu. Namun jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentuannya dengan detail.

Artikel Terkait