Ajaib

Pantau Transaksi Reksa Dana Melalui AKSes KSEI, Berikut Cara Daftarnya

Ajaib.co.id – Sejak 18 Februari 2021 ada perubahan pada laporan transaksi investor. Jika sebelumnya investor mendapat laporan melalui surat fisik ataupun email, sekarang investor akan mendapatkan laporan yang dimuat dan diakses mandiri di AKSes Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

AKSes KSEI merupakan platform elektronik yang dapat digunakan investor untuk melihat portofolio investasi pasar modal secara terintegrasi untuk saham, obligasi maupun reksa dana. Platform ini tersedia sejak 2009 dan dikembangkan versi terbarunya pada 2019 dengan tambahan berbagai fitur anyar.

Kebijakan baru tersebut diharapkan membuat laporan transaksi investor reksa dana diatur lebih transparan guna menambah perlindungan kepada investor. Adapun laporan transaksi reksa dana yang dimaksud adalah surat konfirmasi subscription, redemption, dan switching serta laporan bulanan. 

Supaya bisa mendapat laporan transaksi investor harus mendaftarkan diri terlebih dahulu pada AKSes KSEI. Adapun mengenai layanan AKSes KSEI, setiap investor reksa dana memiliki nomor SID. Investor tinggal melakukan registrasi akun AKSes secara mandiri. 

Berikut panduan daftar akun AKSes KSEI:

1. Masuk ke laman website AKSes KSEI (https://akses.ksei.co.id).

2. Masuk ke menu DAFTAR yang ada di sebelah kanan atas.

3. Pilih tipe registrasi (individu lokal/ individu asing/institusi).

4. Masukan data-data pribadi, seperti nama, nomor induk kependudukan, alamat email dan nomor handphone yang masih aktif dan terdaftar pada partisipan KSEI tempat investor membuka rekening efek. Lalu klik selanjutnya.

5. Aktivasi akun.

6. Buka email. Lalu klik tautan yang ada di dalam email tersebut.

7. Buat kata sandi, lalu klik Aktifkan Akun Saya.

Pendaftaran akun baru AKSes KSEI sudah selesai. Investor bisa login dan melihat portofolio investasinya di pasar modal dengan kembali ke beranda website AKSes KSEI lalu pilih ‘MASUK’. Kemudian masukan email dan password kamu.

Berikut panduan lengkapnya:

1. Masuk ke AKSes.

Buka https://akses.ksei.co.id/ dan klik tombol MASUK di kanan atas.

2. Masukkan email dan kata sandi.

3. Buka Portofolioku.

Begitu kamu login, kamu bisa lihat nama kita di sebelah kiri atas halaman. Lalu, di sebelah kiri tersedia berbagai tab. Pilih Portofolioku.

4. Pilih Saldo.

Menu Saldo akan menunjukkan total nilai investasi dari seluruh produk yang kita miliki saat ini, mulai dari ekuitas (saham), reksa dana, obligasi, kas dan lainnya. 

Terlihat juga grafik yang menunjukkan komposisi kepemilikan investasi investor di produk-produk investasi tersebut. Bila kita pilih tab Reksa Dana saja, akan terlihat nama produk reksa dana yang kita miliki dan komposisinya (dalam persentase) dari total nilai investasi kita.

5. Pilih Mutasi

Menu Mutasi akan memperlihatkan transaksi yang kita lakukan, baik pembelian atau penjualan. Untuk melihat transaksi melalui Ajaib, kita bisa memilih dengan filter rekening di PT Takjub Teknologi Indonesia.

Lalu, kita masukkan kisaran (range) periode tanggal yang ingin kita lihat. Akan tampil transaksi baik pembelian maupun penjualan reksa dana selama periode yang kita tentukan tersebut dengan informasi termasuk tipe transaksi, kode efek (reksa dana), kustodian, jumlah unit dan nilai investasi.

6. Laporan

Menu Laporan menampilkan kepemilikan investasi kita, baik berdasarkan mutasi reksa dana atau laporan bulanan reksa dana. Lalu kita bisa pilih periodenya dan klik download.

Kita akan menerima laporan dalam bentuk PDF yang berisikan informasi mulai dari nama reksa dana, manajer investasi, agen penjual, jumlah unit penyertaan, NAB per unit, dan nilai investasi per akhir bulan yang kita pilih tersebut.

Ketua Dewan Presidium Asosiasi Pelaku Reksa Dana & Investasi (APRDI) Prihatmo Hari Mulyanto menyebut laporan transaksi reksa dana via AKSes KSEI akan sangat bermanfaat bagi investor.

Jika sebelumnya investor hanya menunggu laporan setiap bulan dan setiap bertransaksi, dengan adanya sistem pelaporan elektronik ini, investor dapat melakukan monitoring investasi secara real-time melalui sistem S-INVEST.

Dengan platform tersebut, baik manajer investasi, selling agent, bank kustodian, semuanya mengakses satu database yang sama kemudian menjadi efisien dan berdampak positif bagi industri reksa dana.

Tetapi jika investor tetap ingin menerima laporan secara elektronik maupun cetak, investor hanya perlu menghubungi manajer investasi atau CS Ajaib.

Artikel Terkait