Investasi

Mengintip Beberapa Investasi Pilihan di Bulan Ramadan

investasi pilihan

Ajaib.co.id – Investasi pilihan di bulan Ramadan bisa menjadi alternatif untuk menghemat pengeluaran yang meningkat. Apa saja pilihan-pilihan investasi tersebut?

Bulan Ramadan menjadi momen di mana kamu bisa menjadi seorang muslim yang lebih baik lagi. Pada bulan Ramadan, para muslim diwajibkan untuk berpuasa, di mana kamu harus menahan makan dan minum. Selain itu, puasa juga menjadi acuan kamu untuk menahan emosi dan selalu berbuat kebaikan.

Di samping itu, berpuasa tentu akan menghemat pengeluaran khususnya pada makanan untuk kebutuhan sehari-hari. Pengeluaran yang tersimpan ini tentunya bisa kamu jadikan sebagai simpanan tabungan atau investasi. Investasi pilihan yang bisa kamu gunakan dalam memanfaatkan pengeluaran tidak terpakai saat bulan Ramadan, ada banyak jenisnya.

Kamu bisa memilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan. Nah, untuk melengkapi ibadah puasa kamu di bulan Ramadan, kamu bisa memilih jenis investasi yang menerapkan hukum syariah. Investasi syariah ini sangat penting hukumnya bagi kamu yang ingin tahu dari mana keuntungan didapat.

Oleh karena itu, investasi syariah bisa menjadi pilihan kamu dalam berinvestasi. Lalu, jika bicara instrumen investasi, kira-kira jenis investasi seperti apa yang cocok digunakan saat bulan Ramadan.

Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, berikut ini penjelasan mengenai investasi pilihan yang bisa kamu gunakan di bulan Ramadan khususnya memanfaatkan dana yang tidak terpakai.

Jenis Investasi Emas

Investasi emas atau logam mulia memang menjadi jenis investasi yang paling banyak digunakan oleh hampir setiap orang. Pasalnya, investasi emas ini memiliki risiko harga turun yang rendah dan keuntungan dari harga yang terus naik.

Investasi emas di bulan Ramadan ini sangat cocok karena banyak orang yang menjual emas mereka untuk kebutuhan berpuasa hingga menjelang hari raya lebaran.

Oleh karena itu, biasanya harga emas akan stabil dengan harga yang cukup murah. Dana pengeluaran yang kamu simpan selama bulan Ramadan tersebut bisa digunakan untuk membeli emas sebagai investasi. Di mana, kamu bisa menjual emas yang sudah diinvestasikan di Ramadan tahun berikutnya.

Dengan begini, keuntungan yang akan kamu dapatkan jelas lebih besar dibanding tahun saat kamu membelinya. Mengingat harga emas yang terus naik setiap tahunnya, menjadikan investasi emas merupakan investasi pilihan yang tepat di bulan Ramadan.

Selain itu, emas juga sifatnya bisa dikategorikan ke dalam hukum syariah karena keuntungan investasi emas berdasarkan pada nilai dari emas itu sendiri.

Jenis Investasi Obligasi Pemerintah

Investasi obligasi pemerintah juga bisa menjadi pilihan untuk berinvestasi di bulan Ramadan. Obligasi yang merupakan jenis investasi berupa surat utang yang dikeluarkan oleh pihak penerbit untuk para pemegang surat utang yang disebut investor.

Dari sekian banyak penerbit obligasi, obligasi pemerintah dianggap yang paling aman untuk dipilih karena tingkat risikonya cukup rendah. Obligasi pemerintah sendiri lebih dikenal dengan istilah Obligasi Negara Ritel atau disingkat ORI.

Di mana, ORI dikeluarkan sebanyak enam kali sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Kamu bisa menggunakan sebagian pengeluaran yang tersimpan saat bulan Ramadan atau tunjangan hari raya yang akan didapat menjelang hari raya untuk diinvestasikan ke obligasi pemerintah.

Jenis Investasi Reksa Dana

Investasi reksa dana bisa menjadi investasi pilihan yang tepat di bulan Ramadan. Apalagi investasi ini memiliki tingkat risiko yang cukup rendah dengan keuntungan cukup tinggi. Namun, ada beberapa jenis reksa dana yang bisa dipilih dan cocok digunakan pada saat bulan Ramadan. Berikut rekomendasi jenis reksa dana yang bisa menjadi pilihan:

Reksa Dana Syariah

Untuk melengkapi ibadah puasa kamu, investasi reksa dana bisa dilakukan dengan memilih jenis reksa dana syariah. Di mana, dana para investor akan dikumpulkan dan ditempatkan pada jenis aset syariah.

Hal ini meliputi sertifikat syariah, deposito syariah, serta surat berharga syariah negara. Aset-aset ini tentunya akan diinvestasikan dengan menerapkan hukum atau syariat islam pada prosesnya.

Untuk memastikan proses investasi sudah berada pada kaidah syariah, biasanya akan dilakukan proses cleansing yang merupakan proses seleksi reksa dana syariah berdasarkan tingkat kehalalan dari pertumbuhan investasi.

Proses cleansing sendiri juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah sebagai pihak yang bertanggung jawab untuk memastikan reksa dana syariah sudah sejalan dengan hukum syariah

Reksa Dana Pasar Uang

Jenis reksa dana selanjutnya yang bisa menjadi investasi pilihan di kala Ramadan yaitu reksa dana pasar uang. Jenis reksa dana ini juga cocok bagi para pemula atau orang-orang yang ingin memulai berinvestasi reksa dana karena nilai keuntungan yang dihasilkan serta tingkat risiko yang cukup rendah. Jadi, kamu bisa memilih jenis reksa dana pasar uang untuk pilihan berinvestasi di bulan Ramadan.

Jenis Investasi Saham Syariah

Memilih investasi saham di bulan Ramadan ternyata bisa menjadi investasi pilihan. Kamu bisa memilih jenis investasi saham syariah dengan beberapa pilihan efek yang masuk ke dalam kategori Jakarta Islamic Index atau JII dan Indonesia Sharia Stock Index atau ISSI. Dengan begitu, saham syariah yang kamu pilih sudah terjamin prosesnya sesuai dengan hukum atau syariat islam.

Jenis saham syariah yang bisa menjadi pilihan dalam berinvestasi adalah pada jenis saham konsumer. Di mana, tingkat konsumsi masyarakat di bulan Ramadan cenderung naik dibanding hari biasanya. Oleh karena itu, jenis saham konsumer syariah merupakan investasi pilihan yang bisa kamu gunakan di bulan Ramadan.

Bulan Ramadan memang bisa menjadi momen bagi kamu untuk mulai menghemat pengeluaran. Kebutuhan untuk makan yang biasanya dikeluarkan pada makan pagi, makan siang, dan makan malam, bisa kamu kurangi menjadi makan saat berbuka puasa dan sahur. Akan tetapi, hal ini justru terjadi sebaliknya.

Di mana, pengeluaran di bulan puasa cenderung meningkat lebih dibandingkan hari biasanya. Undangan buka bersama yang didapat dari kerabat saat sekolah, kuliah, atau keluarga besar menjadi salah satu pemicu meningkatnya pengeluaran kamu di bulan Ramadan. Oleh karena itu, kamu harus bijak dalam mengatur pengeluaran tersebut.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatur pengeluaran tersebut adalah dengan menyimpan dana melalui investasi. Kamu bisa memilih instrumen investasi yang cocok dan sesuai kebutuhan.

Investasi pilihan yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah reksa dana. Apalagi kini investasi reksa dana bisa dilakukan secara online melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang bisa membantu kamu berinvestasi khususnya reksa dana. Dengan menggunakan Ajaib, kamu bisa menemukan jenis reksa dana yang sesuai kebutuhan seperti reksa dana syariah, reksa dana pasar uang, dan jenis reksa dana lainnya.

Kini, kamu bisa mengatur dan merencanakan keuangan dengan mudah melalui investasi reksa dana di Ajaib. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait