Margin Trading

Cara Menghitung Bunga Margin Trading Saham Di Ajaib

Ajaib.co.id – Sebelum memutuskan untuk menggunakan fasilitas Margin Trading, kita harus memahami segala risiko dan berbagai aturan yang berlaku agar dapat memanfaatkannya secara tepat dan bijak. Salah satu bagian penting dalam aturan ini berkaitan dengan Bunga Margin. 

Berapa besar Bunga Margin? Bagaimana cara menghitung Bunga Margin? Adakah cara untuk mengurangi beban bunga yang harus kita bayar? Semuanya akan terjawab lengkap dalam pembahasan kita berikutnya.

Tata Cara Menghitung Bunga Margin

Bunga Margin adalah tingkat suku bunga yang dikenakan kepada nasabah atas pemakaian dana dari sekuritas dalam rekening Margin Trading. Bunga Margin biasanya ditulis dalam nominal tertentu per annum (per tahun), tetapi pembayaran bunga akan dihitung per hari kalender selama kamu menggunakan dana dari sekuritas saja. 

Umpamanya, Ajaib menerapkan Bunga Margin sebesar 14%. Ini berarti perhitungan Bunga Margin hariannya harus dibagi dengan 365 (jumlah hari dalam setahun). Hasil perhitungan itu kemudian dikalikan dengan jumlah hari selama kamu menggunakan dana dari sekuritas.

Masih bingung? Mari menengok contoh kasus perhitungan Bunga Margin di bawah ini untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

Contoh Perhitungan Bunga Margin Trading Saham

Rumus perhitungan Bunga Margin Trading berdasarkan jumlah dana pinjaman dikalikan dengan Bunga Margin, kemudian dikalikan jumlah hari pemakaian (termasuk Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional). Contoh:

Pada tanggal 14 Juni 2022, rekening Margin Trading milikmu memiliki dana tunai sebesar Rp200 juta dan portofolio sebanyak 0. Selanjutnya, kamu membeli saham A senilai Rp300 juta. 

Transaksi beli akan jatuh tempo pada 16 Juni 2022 dan kamu menggunakan dana pinjaman dari Ajaib mulai tanggal 16 Juni 2022 senilai Rp100 juta. Dengan demikian, jumlah Bunga Margin yang dikenakan per hari adalah sebagai berikut:

Kemudian kamu menyetorkan dana sebesar Rp80 juta ke dalam RDN pada tanggal 17 Juni 2022 sebelum pembukaan bursa pada sesi 1. Maka total Bunga Margin kamu sampai dengan 17 Juni 2022 adalah:

Perhatikan bahwa Bunga Margin tanggal 16 Juni dihitung berdasarkan total dana Margin yang terpakai (Rp100 juta), sedangkan Bunga Margin tanggal 17 Juni hanya dihitung sejumlah dana Margin yang belum dikembalikan (Rp100 juta-Rp 80 juta = Rp20 juta). Hal ini karena kamu menyetorkan Rp80 juta sebelum sesi 1 pada tanggal 17 Juni. 

Seandainya kamu baru membayar Rp80 juta sebelum sesi 1 pada tanggal 20 Juni, maka perhitungan bunga harian penuh Rp38.889 akan berlaku pula untuk tanggal 17, 18, dan 19 Juni. Intinya: Semakin lama kamu memakai dana Margin, semakin besar akumulasi bunga yang perlu dibayar. Sebaliknya, kita dapat mengurangi beban Bunga Margin yang harus dibayar dengan cara memulihkan dana lebih cepat.

4 Hal yang Perlu Diperhatikan tentang Bunga Margin

Fasilitas Margin Trading yang disediakan oleh sekuritas itu sepintas mirip dengan dana pinjaman atau kredit usaha dari bank. Faktanya, memang terdapat sejumlah persamaan dan perbedaan diantara keduanya. Hal terpenting adalah dua-duanya sama-sama dana pinjaman yang perlu dimanfaatkan secara hati-hati.

Sejumlah karakteristik khas Bunga Margin perlu diperhatikan secara khusus, antara lain:

  1. Bursa Efek Indonesia mewajibkan jaminan awal untuk aktivasi rekening Margin Trading minimal sebesar Rp200 juta. Jaminan dapat berupa saldo RDN dan Saham Margin. Apabila kamu tidak dapat menyediakan jaminan awal ini, kamu tidak dapat memanfaatkan fasilitas Margin Trading. 
  2. Bunga Margin dihitung berdasarkan jumlah dana pinjaman yang dipakai untuk membeli saham. Ini berarti kamu tidak harus membayar bunga pada rekening Margin Trading jika kamu membeli saham dengan total nilai sebatas Saldo RDN yang kamu punya, atau tidak menggunakan pinjaman dana Margin sama sekali. Hanya pemilik rekening Margin Trading yang menggunakan dana pinjaman saja yang harus membayar bunga.
  3. Bunga Margin dihitung per hari kalender, dan bukan berdasarkan hari kerja. Ini berarti kamu harus memperhitungkan bunga juga pada hari-hari ketika sekuritas dan Bursa Efek Indonesia tidak beroperasi, seperti Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.
  4. Setiap sekuritas menentukan Bunga Margin dalam jumlah berbeda-beda. Dengan demikian, kamu dapat membandingkan tarif bunga tiap sekuritas dan memilih mana yang menerapkan bunga paling rendah.

Kabar baik bagi semua trader saham: Ajaib menggelar promo bebas dari biaya broker dan Bunga Margin sampai 1 Juni 2022. Apabila kamu menggunakan rekening Margin Trading selama periode ini, biaya broker dan Bunga Margin sama-sama nol persen. Hubungi Customer Service Ajaib untuk mengetahui prosedur pembukaan rekening Margin Trading dan memanfaatkan peluang unik ini.

Artikel Terkait