Mengambil Peluang Bisnis Mahasiswa, Untung Atau Rugi?

peluang-bisnis mahasiswa

Seorang mahasiswa biasanya mulai memikirkan masa depannya saat duduk di bangku kuliah. Banyak yang mencoba mengambil peluang bisnis mahasiswa saat sedang menempuh studi. Namun, apakah ini langkah yang tepat?

Tidak ada yang salah memang memutuskan dan mengambil peluang bisnis mahasiswa saat berada di bangku kuliah. Namun, ada beberapa kerugia juga yang harus kamu ketahui sejak dini dan sebisa mungkin kamu hindari. Begitu juga dengan hal-hal positif yang bisa kamu dapati dengan mengambil peluang bisnis mahasiswa

Keuntungan Mengambil Peluang Bisnis Mahasiswa

Selain menggiurkan, hal-hal ini adalah keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memulai menjadi pebisnis muda:

Menambah Uang Jajan

Menjadi pebisnis muda berarti menambah keuntungan dan tabungan, apalagi saat kamu duduk di bangku kuliah. Keuntungan ini bisa kamu rasakan untuk keperluanmu sehari-hari dan menambah uang jajanmu setiap bulan.

Sebagai anak muda, peluang bisnis memang bisa di dapatkan di mana saja. Bisa dengan membuka bimbingan belajar, membuka bisnis online untuk berjualan, memulai usaha jasa, ataupun usaha makanan ringan yang bisa ditaruh di kantin. Semuanya bertujuan satu, untuk menghasilkan uang sendiri.

Pengalaman Dan Jalan Menuju Sukses Yang Semakin Dekat

Tidak ada yang mampu membeli pengalaman, memulai sebuah bisnis juga sama dengan menambah pengalaman. Kamu bisa merasakan kegagalan, tetapi kamu juga bisa merasakan kesuksesan. Semakin muda kamu memulai bisnis, maka semakin dekat jalanmu menjadi pengusaha sukses.

Menabung Untuk Hari Tua

Salah satu hal memulai bisnis lebih awal adalah menabung untuk hari tua. Menabung adalah kunci untuk menikmati hari tuamu nanti, dengan berbekal keuntungan yang sudah kamu sisihkan di tabungan, masa tuamu akan menjadi semakin terjamin.

Kerugian Mengambil Peluang Bisnis Mahasiswa

Tiga hal ini adalah hal yang perlu kamu hindari saat menjadi pebisnis muda:

Kurang Fokus Ke Kuliah

Menjalani bisnis berarti harus berkomitmen dengan bisnis yang kamu jalani. Biasanya kamu akan menyepelekan kuliah karena lebih fokus ke dunia bisnis kamu. Padahal, keduanya harus sama-sama seimbang, loh!

Rentan Sakit

Kesehatan adalah hal yang utama dalam menjalani bisnis dan kuliah. Seorang yang terikat dan berkomitmen berlebih akan melupakan kewajiban untuk merawat tubuhnya. Jadi, jaga kesehatanmu lagi ya! Jangan lupa kesehatan itu penting.

Lupa Waktu

Di dunia kampus, waktu adalah hal terpenting. Begitu juga di dunia bisnis. Nah, biasanya kedua hal ini bisa saling bertabrakan jadwal. Kamu harus lebih pintar mengatur waktu, jika ada kegiatan perkulihan lebih baik mengatur ulang jadwal bisnis kamu.

Itulah dia beberapa hal yang harus kamu tahu dan hindari saat mengambil peluang bisnis mahasiswa. Selain harus menjaga waktu, kamu harus tetap fokus ke kuliahmu.

Seorang pebisnis yang sukses harus pintar mengatur waktu dan keuangan, dan seorang mahasiswa yang baik harus pintar dalam menyelesaikan tugas dan meraih prestasinya. Siapa yang tidak senang jika kamu bisa sukses di keduanya ya, kan? Sukses!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait