Kriteria Pemimpin yang Ideal dan Layak untuk Dipilih

kriteria pemimpin
kriteria pemimpin

Ajaib.co.id – Bagi kamu yang belum tahu kriteria pemimpin yang ideal, kamu berarti butuh membaca ini. Pasalnya, kriteria pemimpin ini yang menentukan bagaimana kamu ke depannya. Untuk itu, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Ketika memilih seorang pemimpin, ada beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan. Hal ini penting dilakukan untuk bisa sama-sama bekerja dalam perusahaan dan mencapai target perusahaan secara maksimal.

Setiap individu sudah pastilah ingin menjadi seorang pemimpin, namun hanya demikian tidak semua orang  yang memiliki kriteria sebagai pemimpin yang baik. Nah, maka dari itu jika kamu memiliki kesempatan untuk memilih seorang pemimpin maka kamu juga harus paham dan mengetahui beberapa kriteria pemimpin yang baik.

Seorang pemimpin yang baik, tak hanya berorientasi pada hasil kerja saja, namun juga memiliki rasa empati dan mampu memperlakukan karyawan atau bawahannya dengan baik pula. Dengan menjadi seorang pemimpin yang baik, secara tidak langsung akan terbangun motivasi kerja yang sebanding dengan pencapaian hasil yang maksimal.

Lalu, bagaimana menentukan kriteria pemimpin yang baik? Simak beberapa kriteria yang menunjukkan cara memilih pemimpin yang baik, antara lain :

Self Managing

Self managing atau mampu mengatur diri sendiri adalah hal paling penting untuk memilih seorang pemimpin yang baik. Jika seseorang mampu untuk mengatur diri sendiri, maka bukan tidak mungkin ia juga mampu untuk mengatur orang lain.

Dalam self managing, hal yang perlu diperhatikan adalah cara mengelola diri sendiri dengan efektif dalam memprioritaskan tujuan-tujuan yang ingin di capai serta bertanggung jawab untuk mencapai tujuan tersebut.

Seorang pemimpin yang baik dan sangat efektif dalam melakukan pemajuan pada perusahaan, harus mampu mengatur waktu, perhatian (fokus) dan emosi. Juga disisi lain seornag pemimpin baik itu, adalah pemimpin yang baik juga harus menyadari kelemahan, kekuatan dan potensi yang dimiliki.

Selanjutnya seorang pemimpin yang baik juga barang pasti wajin terampil dalam menangani stres dan juga mampu menyeimbangkan kehidupan pribadi dan profesional. Selain itu juga ada sebuah perilaku disiplin dan dikap fleksibel yang mana ini sangat dibutuhkan oleh seorang pemimpin.

Acting Strategically

Dalam melakukan tindakan juga harus strategis adalah salah satu hal yang harus dimiliki oleh pemimpin yang nantinya akan memimpin perusahaan dengan baik. Dengan pikiran demikian  maju dan terbuka seorang pemimpin sudah harus mamiliki pemikiran yang srategis dalam memutuskan sesuatu.

Para pemimpin harus siap dalam menyesuaikan strategi menangkap peluang yang ada untuk mengatasi tantangan yang tidak terduga. Dengan berpikir strategis, maka akan muncul bentuk pendekatan dan ide-ide baru untuk masa depan perusahaan.

Effective Communicator

Pemimpin yang baik harus bisa menjadi komunikator yang baik pula. Pemimpin yang baik harus tahu kapan harus berbicara dan kapan harus mendengarkan. Seorang komunikator yang baik harus mampu menjelaskan dengan ringkas kepada anggotanya mengenai segala hal termasuk tujuan perusahaan hingga tugas penting.

Jika seseorang atau anggota tidak mengerti apa yang sudah dijelaskan, maka artinya seorang pemimpin gagal menjadi seorang komunikator yang efektif. Seorang pemimpin yang baik juga harus mempu melakukan komunikasi kepada dengan semua level tingkatan termasul staff, mitra kerja dan pemilik perusahaan.

Accountable And Responsible

Pemimpin yang baik juga harus bersikap ankuntabel dan bertanggung jawab dimana ia akan mengetahui bagaimana cara untuk menggunakan kekuasaan dan wewenang secara tepat. Pemimpin yang baik akan bertanggung jawab atas kesalahan sendiri sekaligus menunjukkan kepada anggotanya untuk melakukan hal yang sama.

Selain itu, sikap mampu mengerjakan pekerjaan berdasarkan SOP (Stkamur Operating Procedure) adalah salah satu ciri pemimpin yang baik dan produktif. Dimana pemimpin akan menghargai pentingnya mendukung dan mendorong potensi tiap individu untuk mengikuti aturan dan kebijakan yang berlaku.

Setting Clear Goals

Menentukan arah tujuan perusahaan secara jelas juga termasuk ciri pemimpin yang baik. Dengan menentukan target yang ingin dicapai kepada anggota dan konsisten dalam mencapai target akan memudahkan perusahaan untuk sampai ke tujuan akhir dengan sempurna.

Bahkan, seorang pemimpin bisa dikatakan sukses jika ia mempu mengatasi masalah kebimbangan dan keraguan dengan keyakinan diri yang tidak tergoyahkan ketika mengalami kemerosotan produktivitas kerja atau masalah perusahaan.

Komunikasi yang Baik

Pemimpin yang bisa berkomunikasi yang baik adalah sebuah modal utama yang harus dimiliki seorang pemimpin. Dengan melalui sebuah kebijakan atau keputusan yang akan dikeluarkannya apabila tidak dikomunikasikan yang baik akan menjadi sorotan karyawan dari setiap orang terutama bawahannya.

Saat ini, di era digital yang tergolong sangat terbebas dari berapa banyak pemimpin yang jatuh, karena tidak bisa berkomunikasi yang baik. Oleh karena itu, para bawahannya pun mempertanyakan kapasitas kepemimpinan dalam dirinya.

Maka sebab itu dengan kemahiran komunikasi bukanlah sesuatu yang main-main diperlukan skill khusus dalam melakukan dan juga mempelajarinya. Maka jika kamu merasa kurang dalam hal berkomunikasi mintalah bantuan pada pakar untuk komunikasi terbaik untuk bisa melatih kamu.

Bila kamu memiliki skill komunikasi yang baik, maka kamu dengan mudah untuk berkomunikasi dengan bawahan dengan berbagai tingkatan.

Berani dan Menginspirasi

Seorang yang merupakan pemimpin haruslah memiliki sikap berani. Berani yang dimaksud adalah arti berani mengambil resiko dan juga mengambil keputusan. Apabila sikap tersebut belum mendarah daging pada diri kamu dimana masih ada bentuk keraguan dalam memutuskan sesuatu, maka kamu harus melatih diri kamu.

Jadilah seorang pemimpin yang mampu menjadi bentuk inspiratif bagi bawahan atau rekan-rekan kamu. Selain dalam bentuk perbuatan kamu, dengan menggunakan kata dan kalimat yang memotivasi bawahan kamu.

Tentunya apabila kamu seorang pemimpin tidak memiliki sebuah keberanian maka dari itu kamu akan kehilangan rasa percaya dari anak buahnya. Dengan sikap berani dalam mengambil keputusan kamu harus diiringi dengan mampu mengantisipasi risiko kedepannya.

Itulah ciri pemimpin jang bijaksana dalam perusahaan. kamu tertatik dengan ragam artikel ekonomi? kamu bisa mengakses Ajaib atau men-download aplilasinya melalui Google Play Store atau App Store. Selamat mencoba!


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait