Kelola Pinjaman Tanpa Agunan dengan Strategi Angsuran

Kelola Pinjaman Tanpa Agunan dengan Strategi Angsuran
Kelola Pinjaman Tanpa Agunan dengan Strategi Angsuran

Saat ini sedang tren pinjaman tanpa agunan yang banyak digemari millenial ketika sedang butuh uang. Namun, sebelum memilih pinjaman online ini ada banyak hal yang harus kamu tau, karena saat ini sering ditemukan kasus pinjaman online dengan bunga yang ‘mencekik’. Di bawah ini Ajaib akan memberikan beberapa hal penting yang harus kamu tau sebelum melakukan pinjaman.

Jenis Pinjaman Online

Ada beberapa jenis, dibedakan berdasarkan pihak pemberi pinjaman:

1. Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari bank swasta dan nasional

Program pemberian kredit bagi nasabah bank swata dan nasional untuk  berbagai keperluan konsumsi, dengan tingkat bunga relatif rendah tanpa agunan/jaminan, selain kepastian sumber penghasilan dan hasil survei bank yang memenuhi syarat dan ketentuan.

2. KTA  dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP)

Program pemberian kredit bagi anggota koperasi untuk permodalan UKM dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan masyarakat di sekitarnya, sesuai prinsip dasar koperasi dalam UU No 17 Tahun 2012, dengan semangat gotong-royong dan kekeluargaan khas bangsa Indonesia, yang memiliki tingkat bunga relatif rendah tanpa jaminan selain simpanan wajib dan simpanan bulanan anggota.

3. KTA dari badan leasing swasta

Program pemberian kredit bagi individu umum untuk keperluan apapun, yang memiliki tingkat bunga relatif lebih tinggi, tanpa memerlukan jaminan selain KTP dan info lengkap pribadi.

Peruntukan pinjaman tanpa agunan 

Tujuan tiap individu mengambil pinjaman tanpa agunan bervariasi, tapi umumnya adalah kebutuhan yang memerlukan pembiayaan cukup besar, seperti pendidikan, pernikahan, renovasi rumah, modal usaha/kerja. Dulu mungkin ada peruntukan bagi  kesehatan, namun sekarang sudah diatasi asuransi BPJS.

Kemudahan & Risiko Pinjaman Tanpa Agunan

a. Pinjaman Bank Swasta maupun Nasional

Bagi para nasabah setia bank swasta maupun nasional, yang juga menggunakan rekening banknya sebagai wadah penerimaan gaji dari kantor, tidak akan menemui banyak tantangan dalam mendapatkan approval KTA, karena bank yang bersangkutan telah yakin terhadap potensi liability si nasabah berdasarkan jejak rekam finansialnya berupa gaji tetap selama 6 bulan terakhir berturut-turut biasanya menjadi standar minimum survei bank. Risiko hampir tidak ada, karena besaran cicilan KTA yang diberikan sudah memenuhi rumus “aman”, yaitu hanya 1/3 besar gaji bulanan. Kalaupun ada kemacetan, bank akan menempuh upaya penagihan sesuai butir 8 Surat Edaran Bank Indonesia No. 14/17/DASP 7 Juni 2012, karena akan menyangkut integritas bank.

b. Pinjaman Koperasi Simpan Pinjam

Bagi nasabah KTA dari Koperasi Simpan Pinjam, kemudahan KTA umunya didapatkan karena rasa percaya sesama anggota, saling mendukung, gotong-royong, dan senasib sepenanggungan. Anggota KSP akan berusaha sebaik mungkin menjaga liability pengembalian KTA-nya, dan berpikir 1000x sebelum melakukan tindakan wanprestasi, karena ia paham bahwa setiap tindakan finansialnya akan langsung menimbulkan konsekuensi nyata, baik ataupun buruk, pada teman-temannya sesama anggota KSP. Kalaupun ada kemacetan, tahap yang ditempuh adalah pengambilan simpanan pokok, simpanan bulanan, penagihan kekeluargaan bersama sponsor dan restrukturisasi cicilan.

c. Pinjaman dari Badan Leasing

Sedangkan individu pengguna KTA dari badan leasing swasta akan menghadapi risiko yang tak tergambarkan jika cicilan KTA-nya macet, karena kesembronoan badan leasing dalam memberikan KTA tanpa survei liability sumber penghasilan tetap untuk pengembaliannya, bisa menimbulkan kepanikan bisnis di badan leasing itu sendiri, yang ujungnya bisa menyebabkan mereka nekat menempuh cara-cara penagihan di luar norma dan etika, terlebih dengan tidak adanya undang-undang dan peraturan Pemerintah yang membatasi tata cara operasional badan leasing swasta dalam penagihan cicilan.

Pinjam Lebih, Kurangi Pemakaian

Demi kelancaran cicilan, gunakan strategi besar pinjaman berbanding besar pemakaian, dimana kalkulasi besaran pinjamann KTA seharusnya sudah meliputi jumlah pengembalian cicilan tetap selama minimum 1 tahun pertama. Tujuannya agar nasabah punya waktu lega untuk menabung cicilan pelunasan akhir, tanpa stres memikirkan kemungkinan buruk yang bisa menyebabkan kemacetan cicilan pengembalian KTA.

Kondite Adalah Kunci

Bagi kelancaran menggunakan fasilitas KTA dalam hidup, hal yang harus diprioritaskan adalah: kondite! Jika sudah terkena blacklist BI checking, jangan bermimpi untuk mendapatkan kemudahan KTA lagi di manapun juga, dan butuh usaha super ekstra untuk “memutihkannya” kembali.

Namun, dalam memilih pinjaman tanpa agunan ini, kamu juga harus memerhatikan produk KTA tersebut, jangan pernah tergiur dengan jangka waktu pencairan yang hanya hitungan jam. Perhatikan dengan baik angsuran perbulannya, apakah kamu masih mampu membayarnya? Perhatikan juga jangka waktu pinjaman, biaya provisi, biaya administrasi, bunga bank, dan sebagainya,

Bacaan menarik lainnya:

Lynch, A. W., & Musto, D. K. (2003). How investors interpret past fund returns. The Journal of Finance, 58(5), 2033-2058


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait