Inspirasi Hadiah Pernikahan Buatan Sendiri, Tetap Berkesan

hadiah pernikahan
hadiah pernikahan

Menghadiri undangan pernikahan setiap akhir pekan seakan sudah menjadi agenda wajib bagi generasi milenial. Tentunya ini termasuk biaya yang disiapkan untuk membeli hadiah pernikahan bagi pasangan yang baru menikah. Perkara kado ini sebenarnya menyedot dana yang cukup lumayan lho.

Coba hitung berapa biaya yanmg kamu keluarkan setiap kali belanja barang yang dijadikan hadiah pernikahan. Setiap hadiah kamu mengalokasikan Rp100.000 maka paling tidak butuh dana Rp400.000 jika ada satu undangan pernikahan tiap weekend.

Padahal tak banyak kado menarik dan berkesan yang bisa dibeli dengan dana segitu. Belum lagi kalau undangannya lebih banyak atau pengantinnya lebih akrab. Pasti kamu terpaksa mengeluarkan dana yang lebih banyak. Untuk mensiasatinya, kamu bisa membuat hadiah pernikahan sendiri. Hasilnya kado darimu pasti unik dan tidak membuat dompet jebol.

Resep Masakan Personal

Banyak pengantin baru, khususnya sang wanita kebingungan harus masak apa untuk sang suami di awal pernikahannya. Kamu bisa membantu sahabatmu dengan memberikan buku resep makanan yang sesuai dengan selera mereka.

Kalau ingin lebih istimewa, kumpulkan resep-resep favorit sahabatmu dari kerabat atau teman terdekat. Tuliskan resep itu dengan tulisan tanganmu dan tambahkan gambar atau hiasan lainnya. Kado ini pasti akan sangat berkesan karena usahamu mengumpulkan berbagai resep itu.

Relationship Map

Kalau selama ini kamu selalu jadi tempat curhat si calon pengantin soal naik turun hubungannya sampai ke jenjang pernikahan maka manfaatkanlah. Tuangkan hasil curhatan ini menjadi relationship map yang unik dan artistik.

Gambarkan time line hubungan mereka dan tandai waktu istimewa seperti hari jadian, tunangan dan bahkan putus sambungnya. Berikan potongan peta atau sekedar koordinat untuk tempat-tempat istimewa pengantin yang kamu ketahui. Untuk membuat hadiah ini, kamu hanya butuh alat tulis dan kreatifitas saja. Murah kan.

Hiasan Dinding

Hadiah pernikahan lainnya yang hemat biaya adalah hiasan dinding buatan sendiri. Pilihlah lirik lagu favorit atau lagu pernikahan untik dijadikan kutipan. Kamu bisa memanfaatkan kain kanvas dan bingkai kayu yang ditulis sendiri dan dihias sesuai kreatifitasmu.

Cari inspirasi hiasannya di Pinterest atau Instagram agar kekinian. Jangan lupa pilih lagu yang sesuai dengan semangat pernikahan ya. Jangan sampai malah memilih lagu cinta yang berakhir tragis atau perpisahan bagi pasangan.

Ketiga contoh di atas adalah beberapa hadiah pernikahan yang bisa kamu buat dengan modal terbatas. Manfaatkan barang yang sudah kamu miliki untuk menjadi barang unik yang tidak bisa dibeli begitu saja di toko. Dana membeli biaya pernikahan merupakan salah satu kebutuhan tersier sehingga seharusnya kamu bijak mengalokasikan dananya.

Pastikan berbagai kebutuhan utamamu tercukup sebelum memberikan hadiah yang mewah dan berharga mahal. Kebutuhan lain yang juga harus kamu penuhi adalah menabung dan berinvestasi untuk jaminan keuangan yang lebih baik.

Tabungan adalah cara menyimpan uang untuk kebutuhan mendadak di masa mendatang sedangkan investasi adalah cara cerdas memanfaatkan uangmu. Generasi milenial pasti sadar pentingnya mengembangkan uang dengan berinvestasi sedini mungkin.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait