Ekonomi, Uncategorized

Ilmu Ekonomi di Cities Skyline dengan Menjadi Walikota

Masalah Ekonomi Modern

Ajaib.co.id – Menjadi pemimpin tentunya bukan hal yang mudah. Rasanya apapun kebijakan yang diambil selalu mengundang kritik dan komentar, meski ada juga sebagian yang memuji. Kadang sebuah kebijakan ditentang kareng kurang menyenangkan secara jangka pendek namun memberikan efek positif yang sangat besar secara jangka panjang. Jika kamu merasa berbakat untuk mengelola suatu kota, kamu bisa coba menjadi walikota dalam permainan Cities Skyline!

Cities Skyline adalah permainan tycoon PC, salah satu yang terbaik di genre City Building. Ini adalah game simulasi yang akan membuat kamu memiliki kuasa penuh untuk mengatur dan membangun sebuah kota beserta isinya. Kamu akan atur bagaimana caranya agar kotamu berkembang mulai dari nol hingga menjadi kota yang padat penduduk dan mengundang banyak wisatawan.

Berbeda dengan game city building lainnya, kamu tidak hanya akan sekedar membangun gedung, jalan, dan infrastruktur saja. Kamu juga akan mengatur budget pemerintah yang diperoleh dari pajak yang dikutip. Budget tersebut akan kamu atur porsinya untuk membantu mobilitas penduduk agar kotamu berhasil mencapai tujuannya. Terserah kamu tujuannya, apakah kamu akan membuat kota hiburan, kota eco yang ramah lingkungan, pusat budaya, dll. Pokoknya kamu akan punya kuasa penuh atas kotamu layaknya seorang kepala daerah.

Sekilas Tentang Cities Skyline

Cities Skyline adalah permainan PC yang belum ada versi smartphone-nya, jadi tidak ada di Play Store. Dibuat oleh tim developer Colossar Order sejak tahun 2015 dan masih dimainkan oleh banyak user hingga saat ini. Didapuk sebagai game City Building terbaik yang memberikan gambaran realistis tentang manajemen ekonomi wilayah dan desain kota.

Game ini sangat lengkap dan kompleks, cocok buatmu yang kritis terhadap kebijakan pemerintah. Bukan hanya membangun kota, memasang instalasi air, pembangkit listrik, taman, dan tempat wisata saja. Game ini juga menantangmu untuk memecahkan masalah yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Masalah juga termasuk saat tsunami melanda atau ketika ada gempa yang meruntuhkan bangunan penting di kotamu.

Kamu sebaiknya siapkan sejak awal bagaimanakah kotamu kelak. Kamu harus memantau perkembangan kotamu karena semakin lama akan semakin padat penduduk dan akan semakin sulit juga mengaturnya.

Tantangan dan Dasar Permainan

Kamu diharuskan membangun kota yang nyaman dan indah untuk ditinggali penduduk, nyaman bagi para pekerja, dan juga menarik wisatawan. Fokusnya adalah membuat sebuah kota yang mendukung mobilitas para penduduknya.

Kamu akan dihadirkan simulasi orang-orang yang berkegiatan; ada yang pergi bekerja, bersekolah, berjualan, berwisata, dll. Lalu lintasnya pun kompleks, jalanan diisi mobil-mobil yang mengangkut para pekerja, truk kayu yang memasok toko meubel, truk adonan donat yang memasok toko bakery, dll. Kamu sebagai pemimpin daerah juga mesti mencari solusi kemacetan.

Tantangan dalam permainan ini adalah bagaimana cara memuaskan warga daerahmu dengan segala hajat hidupnya. Bagaimana kamu mendesain kota yang indah dengan fasilitas yang sempurna untuk menunjang kebutuhan warga. Kamu akan lihat orang-orang yang bekerja, anak-anak pergi ke sekolah, dan truk-truk lalu lalang untuk mendukung distribusi barang dan memasok pertokoan.

Untuk mendukung kegiatan mobilitas warga kota, kamu akan membangun rumah, gedung, apartemen, pertokoan, pabrik dan perkantoran. Kamu juga bisa membuat sebuah distrik bertema tertentu. Misalnya distrik A yang kelihatannya cocok menjadi kota wisata. Kamu bisa membuat distrik B menjadi distrik dengan tema eco-friendly, atau tema lainnya. Dan berikutnya infrastruktur dan bangunan fasilitas umum seperti rumah sakit, taman dan gedung lainnya akan menyesuaikan tema distrik yang kamu terapkan.

Seluruh bangunan, fasilitas dan infrastrukturnya akan dibiayai dari anggaran daerah. Budget didapat dari pajak. Semakin baik desain kotamu akan menghasilkan aktivitas ekonomi yang baik dan pajak yang diterima juga akan lebih besar lagi. Pajak adalah sumber penghasilan utama di sini, sama seperti di dunia nyata. Jika ternyata kamu terlalu banyak menghambur-hamburkan dana, maka kamu akan kehabisan dana nantinya. Tapi jika demikian, kamu bisa mengajukan pinjaman ke Badan Moneter Dunia yang tentunya harus dikembalikan beserta bunganya.

Manajemen Ekonomi Wilayah

Dalam game ini masalah utama ada pada ekonomi. Kamu harus menjaga bagaimana agar pembangunan yang kamu lakukan mendukung aktivitas ekonomi warganya. Kota impian yang tidak hanya indah, tapi juga minim masalah. Kamu mesti atur juga agar minim kemacetan.

Jika macet maka truk-truk pemasok tidak bisa sampai tepat waktu ke pertokoan. Jaga jangan sampai toko-toko bangkrut karena adanya karantina wilayah berkepanjangan pasca bencana. Dan ketika ada kebakaran kamu harus pastikan bahwa kamu sudah membangun dinas pemadam kebakaran di titik-titik strategis.

Cara mengatasi kemacetan adalah dengan membuat kebijakan seperti mengatur jalan satu arah, membuat tol, membangun MRT, memberlakukan Bike To Work, dll. Ketika sudah padat penduduk, maka masalah akan semakin kompleks. Kemampuanmu dalam mendesain kota dan peraturannya akan terbina di sini.

Kamu dituntut gerak cepat ketika masalah terjadi, jika tidak maka penduduk akan kehilangan pekerjaan dan penerimaan pajak akan menurun. Ketika kamu berhasil kamu akan membuat penduduk bahagia dan kamu akan disanjung.

Kamu Tidak Akan Bosan

Jangan khawatir kamu akan melakukan semuanya sendiri. Layaknya pemimpin daerah yang didukung sistem lainnya seperti kepolisian dan dinas-dinas lain yang membantumu menata kota. Kamu cukup bangun sistemnya dalam sebuah mod. Atau kamu bisa download mod-nya di Steam.

Komunitas pembuat mod dari game ini masih aktif hingga saat ini. Tentang mod, kamu bisa download misalnya MOD TMPE yang berfungsi mengatur lalu lintas jika sudah semakin kompleks. Urusan transportasi adalah masalah yang cukup membuat pusing, kamu bisa download MOD TMPE yang akan menjalankan sistem transportasi kotamu.

Setidaknya itu mod yang wajib kamu punyai karena kadang mobil-mobil terjebak macet total. Seringkali ada banyak mobil yang mengantri sampai panjang sekali dalam satu ruas jalan. Maka sistem pengatur jalan seperti MOD TMPE diperlukan. Kamu tidak perlu turun tangan sendiri, atur saja sistem kepolisian lalu lintasnya bekerja dalam bentuk Mod.

Mod-mod lainnya bisa kamu download, misalnya mod pembangkit listrik tenaga nuklir, mod yang membereskan kekacauan di jalan raya layaknya Satpol PP, dll. Game ini masih terus berkembang. Kamu juga bisa memperbaiki mod tertentu agar sesuai dengan kebutuhan kotamu. Kapan lagi kamu bisa atur sistem kota sesuka hatimu?

Spesifikasi yang Dibutuhkan
• OS: Windows 10 (64-bit)
• Prosesor: minimal AMD or Intel, 3 GHz (AMD A10 7850K, Intel i3-2000)
• Memori: 8 GB RAM / (Direkomendasikan; 16 GB RAM)
• Grafis: AMD/NVIDIA dedicated GPU, 2GB dedicated VRAM (Radeon HD 7870, Geforce GTX 750)
• Storage: 20 GB atau lebih

Game ini cocok buatmu yang peka dan kritis terhadap kebijakan pemerintah. Kamu akan sadari bahwa mempimpin sebuah daerah tidaklah mudah namun bisa diusahakan. Dengan bermain game ini kamu akan peka terhadap kebijakan seputar pemberian stimulus dan cara mendapatkan pajak, dll. So, mau coba?

Artikel Terkait