Cerdas Belanja Harbolnas 12.12, Ikuti 7 Tips Ini!

Seorang pria hendak membayar belanjaan yang dibelinya dari toko online ketika harbolnas

Saat yang paling ditunggu di akhir tahun akhirnya datang juga! Eits, tapi yang dimaksud di sini bukan libur natal ataupun tahun baru, melainkan Hari Belanja Online Nasional akhir tahun yang jatuh pada tanggal 12 Desember sehingga kerap disingkat ‘Harbolnas 12.12’.

Harbolnas 12.12 ini adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan beberapa e-commerce yang serentak mengadakan diskon besar-besaran untuk barang-barang yang dijajak di lapak online mereka. Di hari ini juga banyak promo yang ditawarkan seperti flash sale, gratis ongkir, hingga cash back.

Apakah kamu sudah cukup sering menjadi bagian dari kemeriahan Harbolnas? Atau tahun ini adalah tahun pertamamu?

Nah, sudah sering atau pun baru pertama bergabung, ada baiknya untuk menyimak tujuh tips penting di bawah ini agar kamu bisa mendapat cuan maksimal dari perayaan Harbolnas 12.12!

1. Pasang reminder 

Buat kamu yang memang rajin berbelanja online, mungkin berpikir tidak perlu mengatur reminder agar tidak ketinggalan berbagai promo harbolnas 2019. Namun, ada baiknya untuk selalu mempersiapkan skenario terburuk. Rutinitas yang padat bisa banget loh bikin kamu kelewatan momen untuk dapat penawaran harga terbaik. Mending set reminder dari sekarang, deh.

2. Preview & Wishlist

Dua fitur ini baiknya dimanfaatkan sebelum Harbolnas dimulai. Hayo, siapa yang pernah punya pengalaman membeli barang yang tidak sesuai dengan gambar atau deskripsi karena melewatkan membaca review dari kostumer sebelumnya? Itulah fungsinya ada fitur review. Agar kamu tidak membeli kucing dalam karung, jangan malas untuk selalu memperhatikan fitur ini sebelum membeli barang ya.

Nah, kalau fitur wish-list ini berguna untuk membantu kamu lebih fokus dan tidak kalap ketika Harbolnas. Jadi, kamu sudah tahu betul barang apa saja yang akan kamu beli.

3. Pantau Promo dari Tengah Malam

Salah satu keseruan harbolnas adalah perilaku berbagai macam kostumer untuk mendapatkan barang dengan potongan harga terbaik. Biasanya, para e-commerce memang sudah memberlakukan promo ketika jam menunjukkan pukul 00. 00 di tanggal 12. 12.

Tentu saja, tidak sedikit kostumer yang sudah langsung akan menyerbu barang-barang tersebut semenjak tengah malam. Jadi, kalau kamu sudah mempersiapkan wish-list dengan baik, tidak ada salahnya kamu ikut memulai di garis awal dengan memantau promo untuk barang yang kamu inginkan sedari tengah malam. Tapi, jangan sampai keasikan belanja dan tidak tidur sampai pagi loh ya.

4. Pastikan Barang Bisa Dikembalikan

Meskipun menawarkan kemudahan berbelanja, belanja online memiliki risikonya sendiri. Salah satunya adalah risiko jika barang yang kamu dapatkan tidak sesuai dengan yang dijual atau jika barang yang sampai di tanganmu mengalami kerusakan ketika dalam proses pengantaran.

Hal ini sebenarnya bukan salahmu dan kamu tidak harus menanggung kerugiannya. Oleh karena itu, akan lebih baik memilih toko online yang menyediakan sistem retur jika barang yang kamu tidak terima tidak sesamuai atau mengalami kekurangan.

5. Buat Limit!

Ingat-ingat hari esok, akhir bulan masih lama. Apa pun metodenya, ada baiknya kamu tetapkan limit saldo untuk menikmati harbolnas. Ingat prioritas! Mau tahu cara terbaik untuk menghindari pengeluaran berlebihan saat harbolnas? Investasikan uangmu sebelum harbolnas dimulai!

6. Cek Sebelum Bayar

Meskipun banyak barang dijual dengan harga miring, jangan sampai kamu membeli barang yang tidak kamu butuhkan hanya karena murah. Bisa-bisa ketika barangnya sampai, kamu malah bertanya-tanya sendiri “untuk apa beli ini, ya?”. Cek kembali setiap barang yang kamu beli sebelum kamu membayarnya.

7. Teliti Promo Tambahan

Biasanya kalau kamu bayar pakai dompet digital akan ada promo berupa cashback atau tambahan poin jika kamu bayar dengan kartu kredit. Cermatilah promo-promo tambahan semacam ini agar kamu tahu kamu untung berapa persen.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, Philip., Keller, K. (2012). Marketing Management Global Edition Publishing as Prentic Hall

Tjiptono, Fandy. (2007). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait