Cara Menghemat Keuangan Belanja Agar Tidak Khilaf

menghemat uang belanja
menghemat keuangan belanja

Belanja tidak harus boros, ternyata ada cara menghemat keuangan belanja agar kamu bisa mengalokasikan dananya ke pos lain yang lebih penting. Seperti apa caranya? Simak ulasan berikut ini.

Cara Menghemat Keuangan Belanja

Unduh Aplikasi Diskonan atau Voucher

Kamu dapat menyimpan uang dari mana saja ibu jari kamu berada. Cukup ketuk-ketuk-ketuk ke kupon atau cashback dengan mengunduh aplikasi-aplikasi yang menyediakan voucher atau informasi diskon saat berbelanja online. Kegunaan aplikasi itu adalah untuk memberi tahu kamu tentang harga terbaik yang tersedia pada item dalam daftar keinginanmu. Dan jangan lupa mengunduh aplikasi untuk toko favorit kamu. Kamu dapat memeriksa penjualan, bergabung dengan program hadiah, dan skor kupon. Berhati-hatilah dengan godaan untuk berbelanja online ketika aplikasi belanja online selalu ada setiap kali kamu membuka telepon.

Beli Bekas

Gunakan kebijaksanaan kamu dalam hal ini. Jangan membeli ban bekas, sikat gigi, atau snack bekas. Tetapi jika kamu berada di pasar untuk mobil, peralatan, pakaian, video game, atau buku, maka kamu dapat menghemat uang dan mewarisi karakter instan dengan membeli barang yang telah digunakan dengan kondisi minim cacat. Membeli barang bekas adalah pilihanmu untuk tetap berbelanja hemat.

Beli Generik

Kamu tidak perlu memiliki segalanya dengan nama merek. Kamu dapat menyombongkannya pada beberapa item — itu hak kamu sebagai pembelanja yang cerdas. Tetapi lihatlah obat-obatan generik, kantong sampah, barang dapur dasar, persediaan pembersih, dan banyak lagi. Ini adalah cara cepat dan sangat sederhana untuk menghemat uang setiap kali kamu berbelanja!

Buat Daftar Belanja

Sama seperti kamu membutuhkan rencana untuk uang bulanan kamu secara keseluruhan (dengan membuat anggaran), kamu juga perlu rencana untuk belanja kamu (dengan membuat daftar belanja). Mulailah dengan perencanaan makan — putuskan apa yang akan kamu makan untuk sarapan, makan siang dan makan malam sepanjang minggu, dan kemudian buat daftar semua hal yang kamu butuhkan untuk mewujudkannya.

Tetap pada daftar! Ini menjaga kamu dari melupakan hal-hal penting lainnya dan menghindarimu dari pengeluaran berlebihan setiap bulan.

Manfaatkan Beli Satu Gratis Satu

Toko-toko dengan penawaran ‘beli satu gratis satu’ meminta kamu untuk menghemat uang — memohon. Oke, tidak sejauh itu. Tetapi mereka menetapkan penawaran sehingga kamu dapat membelinya. Manfaatkan promo ini di bagian suplai makanan, banyak toko swalayan yang memberikan promo ini di bagian makanan dan minuman.

Kamu dapat menyimpan makanan atau minuman tersebut di lemari es untuk masa mendatang. Pastikan pembelian kamu sesuai dengan anggaran kamu, jangan pernah membeli barang hanya karena sedang dijual, dan jangan lupa apa yang kamu beli hingga tanggal kadaluarsa dan terpaksa membuangnya. Membuang sama saja menghabiskan uang.

Tunggu Sebelum Membeli

Mungkin orang tuamu menyuruhmu untuk tidur sebelum mengambil keputusan besar. Beberapa orang merekomendasikan untuk memberikan pilihan beberapa hari. Mengikuti filosofi “kebijaksanaan bagi mereka yang menunggu”, habiskan waktu memeriksa harga, menimbang pro-dan-kontra, dan mengukur keinginan sebelum kamu membeli.

Pengukuran keinginan? Tentu, kamu menginginkan casing laptop multi-lapis, semua-cuaca, berlapis-lapis-interior saat pertama kali kamu melihatnya. Tetapi apakah keinginan itu akan berkurang seiring waktu? Berlatihlah sedikit kesabaran sebelum membeli barang-barang penting. Kamu akan menghemat uang dengan mencari harga yang lebih rendah selama waktu penelitian itu atau memutuskan untuk tidak membeli.

Tips menghemat uang ini bisa dilakukan dari lajang hingga ibu rumah tangga lho. Jadi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-sehari, sebenarnya tidak perlu gelap mata saat shopping kan?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait