Ajaib
Menu

Bisnis & Kerja Sampingan

Tarif & Beragam Format Pasang Iklan di Instagram

Novia Widya UtamiAugust 14, 2020

Tarif & Beragam Format Pasang Iklan di Instagram

Ajaib.co.id – Kombinasi marketing dan sosial media tidak melulu soal menjajakan dagangan online shop milikmu. Kamu yang punya bisnis atau usaha bisa memanfaatkan popularitas sosial media untuk meraup keuntungan. Salah satunya dengan pasang iklan di Instagram atau Facebook.

Tarif beriklan di Instagram

Instagram kini mengakomodir pemilik usaha untuk memasarkan produk dan jasanya dengan membuat akun bisnis untuk usahamu. Kalau selama ini terlanjut menggunakan akun sosial media personal, kamu bisa mengubahnya menjadi akun bisnis kok. Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah profil bisnis terbesar besar bersama dengan Amerika Serikat, Brasil, Rusia, dan Inggris. 

Hal ini membuktikan Instagram merupakan sarana beriklan paling efektif saat ini. Efektivitasnya bahkan bisa menyalip televisi karena bisa meraih konsumen berbagai usia apalagi jika target pasarmu adalah kalangan milenial. Selain itu, bahasa visual saat ini memang menjadi andalan dibandingkan bahasa tulis atau lisan. 

Jenis & Bentuk Tampilan Iklan di Instagram

Iklan di Instagram dibangun dengan konspe visual yang kuat dan interaktif. Ada 5 jenis tampilan yang bisa kamu pilih jika ingin pasang iklan antara lain: 

a. Iklan cerita

Iklan ini akan ditampilkan lewat Instagram Stories yang bisa dilihat 500 juta akun setiap harinya. Visual yang ditampilkan bisa berupa foto maupun video. Jika memilih format video maka durasi maksimalnya adalah 120 detik dan akan ditambilkan selama 5 detik secara default. 

b. Iklan Foto

Iklan tipe ini adalah gambar promosi yang biasa disisipkan di antara postingan yang kamu lihat di Instagram. Materi iklannya akan nampak jauh menarik karena kanvasnya yang sederhana dan interaktif.

c. Iklan video

Serupa dengan foto, iklan ini biasanya kita temukan di beranda Instagram, di antara berbagai postingan yang kita lihat. Bedanya adalah iklan ini berformat video dengan kualitas yang terbaik pada tampilan, suara dan gerakannya. Video yang bisa ditampilkan berdurasi maksimal 60 detik baik berupa persegi atau lanskap.

Promosi ini berupa tampilan visual foto namun dengan jumlah lebih banyak dalam satu postingan. Dengan demikian, pengguna Instagram yang tertarik bisa menggeser foto atau video yang ditampilkan dalam postingan tersebut. Model iklan ini cocok buat kamu yang memiliki bisnis dengan layanan dan produk yang beragam. 

e. Iklan koleksi

Sesuai namanya, iklan ini menampilkan koleksi visual agar pengguna Instagram tertarik pada produkmu dan kemudian menelusuri dan membelinya. Biasanya tampilannya tematik sesuai dengan bisnis yang akan dipromosikan baik lewat video atau gambar. 

Selain lewat Instagram, pemilik usaha dapat memasang iklan dengan mudah melalui grup kompas gramedia lewat situs pasangiklan.com. Ini merupakan platform pemasangan iklan mandiri (self service adplatform) yang ditujukan bagi pemilik UMKM untuk memasarkan usahanya di media grup Kompas Gramedia. Para pemilik UMKM dapat memasang iklan dengan mudah dan terjangkau di media digital, media cetak maupun akun sosial media..

Artikel Terkait

Mengenal Apa Itu Referral Marketing: Jenis dan Cara Kerjanya
Mengenal Apa Itu Referral Marketing: Jenis dan Cara Kerjanya
Bisnis & Kerja Sampingan5 bulan yang lalu
Yield Management Adalah: Kunci Sukses Bisnis Hotel
Yield Management Adalah: Kunci Sukses Bisnis Hotel
Bisnis & Kerja Sampingan6 bulan yang lalu
Mengenal Apa Itu Kode Referral
Mengenal Apa Itu Kode Referral
Bisnis & Kerja Sampingan6 bulan yang lalu
Bedah Saham FAST di Tengah Isu Boikot?
Bedah Saham FAST di Tengah Isu Boikot?
Bisnis & Kerja Sampingan10 bulan yang lalu
Mengintip Peluang Bisnis Daun Kelor
Mengintip Peluang Bisnis Daun Kelor
Bisnis & Kerja Sampingansetahun yang lalu

Artikel Populer

Daftar 100% Online, Tanpa Minimum Investasi

Tentukan sendiri jumlah investasi sesuai tujuan keuanganmu!