Rumah Tangga Masa Kini

Alat Rumah Tangga yang Wajib Dimiliki Ketika Pindah Rumah Baru

Ajaib.co.id – Alat rumah tangga adalah bagian penting dari sebuah rumah. Tanpa alat rumah tangga, rumah akan terasa kurang lengkap karena akan sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, tentu perabotan dan furnitur dalam sebuah rumah akan membuat rumah lebih estetik.

Sebuah rumah dapat dikatakan layak huni jika terisi dengan peralatan rumah tangga yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Meskipun itu Alat rumah tangga murah, bukan yang branded. Terutama bagi kamu yang baru saja membangun rumah atau membeli rumah baru. Alat rumah tangga merupakan kebutuhan rumah tangga yang cukup perlu diprioritaskan.

Berikut ini adalah beberapa alat rumah tangga yang penting yang bisa kamu prioritaskan untuk memilikinya.

Peralatan Tidur

Saat lelah setelah beraktivitas seharian, maka kamar akan menjadi tempat untuk beristirahat yang nyaman. Itulah sebabnya kamar tidur menjadi tempat utama saat ingin melengkapi peralatan di dalam rumah. Kasur, bantal, guling, serta sprei merupakan peralatan yang harus tersedia dalam sebuah rumah. 

Kasur yang berkualitas bagus akan membuat tidur kamu lebih nyenyak dan nyaman. kamu dapat memilih kasur busa dengan material kain yang kualitasnya baik. Perhatikan juga aspek kesehatan saat memilih bantal. Jangan yang terlalu tebal atau tipis.

Pilihlah guling dan bantal yang nyaman saat kamu gunakan. Salah saat memilih bantal dan guling akan membuat posisi tidurmu menjadi tidak nyaman dan justru dapat membuat kamu mengalami masalah pada leher.

Untuk sprei, pilihlah yang terbuat dari bahan katun supaya kamu tidak merasa panas saat tidur. Permukaan sprei yang halus dan lembut akan membuat kamu semakin nyaman beristirahat di malam hari.

Lemari Pakaian

Lemari pakaian merupakan salah satu alat rumah tangga yang wajib kamu miliki. Tidak harus besar dan mahal. Lemari pakaian kamu perlukan untuk menyimpan pakaian serta barang – barang yang berharga sehingga rumahmu akan lebih rapi.

Pilihlah lemari pakaian yang sesuai dengan kebutuhan dan ukuran kamar kamu. Jika kamar tidur berukuran tidak terlalu besar, jangan memilih lemari pakaian dengan ukuran besar. Tentunya akan terlihat tidak tepat dan terlalu banyak memakan ruang di kamar kamu.

Kamu juga dapat memilih lemari yang memiliki cermin di pintunya sehingga tidak memerlukan anggaran tambahan untuk membeli cermin sendiri.

Peralatan Dapur

Untuk kamu yang hobi memasak, alat dapur yang lengkap merupakan poin utama. Kamu akan semakin menikmati proses memasak jika alat- alat yang kamu miliki lengkap. Berikut ini beberapa contoh peralatan dapur yang bisa kamu miliki.

  • Kompor

Kompor termasuk salah satu alat rumah tangga yang penting. Dengan adanya kompor, kamu bisa menghemat pengeluaran dengan memasak makanan sendiri. Tanpa kompor, kegiatan masak-memasak tidak dapat kamu lakukan. Untuk kompor gas, belilah kompor gas yang memiliki kualitas terjamin agar lebih aman saat digunakan. 

  • Alat penanak nasi

Alat penanak nasi atau rice cooker ini merupakan alat krusial yang kamu butuhkan di dapur. Penanak nasi dapat kamu gunakan untuk menanak nasi, menghangatkan nasi, dan menghangatkan makanan lainnya. Sebagai fungsi tambahan kamu dapat menghangatkan lauk atau dapat juga merebus makanan.

Pilihlah penanak nasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk kamu yang tinggal sendiri tentunya tidak perlu membeli penanak nasi dengan ukuran besar. Sedangkan untuk skala keluarga tidak mungkin membeli dengan ukuran kecil. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu masing- masing. 

Peralatan Makan

Peralatan makan perlu kamu persiapkan juga. Tidak perlu dalam jumlah banyak, untuk tahap awal sesuaikan saja jumlahnya dengan anggota di rumah agar pengeluaran tidak terlalu besar. Seiring berjalannya waktu kamu bisa membeli tambahan yang lainnya.

Peralatan makan yang perlu kamu sediakan adalah seperti piring, gelas, sendok, garpu, dan mangkuk. Pilihlah alat makan yang terbuat dari bahan food grade dan tahan lama sehingga awet digunakan.

Peralatan Memasak

Peralatan dapur lainnya yang perlu kamu lengkapi yaitu peralatan memasak. Kamu dapat menyediakan wajan, panci, pisau, spatula, ulekan, dan cobek. Sebaiknya kamu memilih peralatan memasak yang berkualitas untuk menjaga kesehatan dari makanan yang kamu masak.

Peralatan Elektronik

Kamu dapat memilah-milah alat rumah tangga yang menggunakan listrik yang ingin kamu miliki segera. Penggunaan alat elektronik ini sebagai hiburan dan dapat menghemat banyak tenaga dan waktu. 

  • Mesin cuci

Keberadaan mesin cuci cukup penting karena meringankan pekerjaan kamu dalam mencuci pakaian. Selain itu juga akan lebih menghemat waktu dan tenaga sehingga kamu dapat mengerjakan pekerjaan lain sembari mesin cuci mencuci baju kotormu.

Pilihlah mesin cuci yang dilengkapi dengan pengering. Sehingga kamu tidak perlu bergantung dengan sinar matahari. Selain itu juga akan lebih praktis karena kamu tidak perlu menunggu lama untuk menjemur dan menunggu pakaian kamu kering. 

  • Setrika

Setrika adalah peralatan elektronik yang dapat kamu pertimbangkan selanjutnya setelah membeli mesin cuci. Kamu dapat menghemat lebih banyak uang kamu dengan menyetrika baju sendiri. Dibandingkan dengan menyetrika di tempat jasa laundry, menyeterika sendiri akan jauh lebih hemat.

  • Lemari es

Memiliki lemari es bertujuan untuk menyimpan bahan makanan seperti sayur-sayuran, daging, atau rempah-rempah agar tidak cepat busuk. Dengan memiliki lemari es kamu dapat berhemat dengan berbelanja lebih banyak sekaligus dan tidak perlu setiap hari. Pilihlah lemari es yang sesuai dengan ukuran listrik di rumah kamu dan juga sesuaikan dengan budget serta tipe kulkas yang kamu butuhkan.

Peralatan Kebersihan

Peralatan kebersihan dibutuhkan agar rumahmu rapi dan bersih. kamu dapat melengkapi peralatan kebersihan seperti alat pel, sapu, keset, dan ember. Jika memiliki anggaran lebih kamu dapat membeli penghisap debu sehingga lebih praktis dalam membersihkan rumah.

Nah, itu dia beberapa macam alat rumah tangga yang bisa kamu pertimbangkan untuk dimiliki terlebih dahulu ketika kamu baru menempati rumah baru. Kamu bisa membelinya secara bertahap agar tidak mengganggu kondisi keuangan keluarga.

Artikel Terkait