Ajaib

Berapa Nominal Modal Investasi dengan Trade Limit?

Cadangan Devisa RI per Juli 2022 US$132,2 Miliar, Turun Tipis!

Mungkin ada yang bertanya-tanya terkait berapa nominal untuk trading dengan menggunakan Trade Limit. Secara garis besar, tidak ada jawaban yang pasti mengenai berapa banyak Anda dapat berinvestasi dengan Trading Limit. 

Penting untuk mengevaluasi situasi keuangan, toleransi risiko, dan tujuan investasi Anda dengan cermat sebelum trading dengan fasilitas Trade Limit. Mulailah dengan jumlah yang memungkinkan Anda belajar dan berkembang tanpa membahayakan stabilitas keuangan Anda. Serta sesuaikan juga berdasarkan pengalaman Anda dan kondisi pasar dari waktu ke waktu.

Jumlah yang harus diinvestasikan dalam Trading Limit tentunya akan berbeda untuk masing-masing trader berdasarkan beberapa faktor, seperti: toleransi risiko, tujuan investasi, situasi keuangan pribadi, dan pengalaman trading. 

Berikut adalah beberapa pertimbangan utama untuk membantu Anda menentukan berapa banyak yang sebaiknya diinvestasikan dalam Trading Limit:

1. Toleransi Risiko

Trading Limit memungkinkan Anda untuk berinvestasi dengan jumlah yang lebih tinggi dari jumlah dana yang Anda miliki. Investasikan hanya uang yang mampu Anda tanggung kerugiannya tanpa mempengaruhi stabilitas keuangan atau tujuan jangka panjang Anda. 

Aktivitas trading di pasar modal mengandung risiko dari pergerakan harga aset, jadi jangan pernah menginvestasikan uang yang Anda tidak mampu kehilangannya.

2. Tujuan Keuangan

Tentukan tujuan investasi Anda sebelum trading. Apakah Anda mencari keuntungan jangka pendek atau pertumbuhan jangka panjang? Tujuan keuangan Anda dapat membantu menentukan seberapa besar risiko yang dapat Anda ambil dan seberapa banyak Anda harus berinvestasi.

3. Pengalaman Trading

Jika Anda baru memulai perjalanan Anda di dunia trading, mulailah dengan jumlah yang lebih kecil hingga Anda mendapatkan kepercayaan diri dan pemahaman yang lebih baik tentang dinamika pasar. 

Banyak trader berpengalaman menyarankan memulai dengan porsi yang lebih kecil dari keseluruhan modal investasi Anda hingga Anda mahir. 

Selalu diingat, Trading Limit memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan atau kerugian dana pribadi Anda yang lebih banyak, bergantung dengan harga saham pada periode transaksi yang diberikan dikarenakan fasilitas pinjaman yang digunakan seorang trader akan memperbesar potensi keuntungan maupun kerugian yang dihadapi.

4. Diversifikasi

Hindari memasukkan seluruh modal investasi Anda ke dalam Trading Limit. Diversifikasikan investasi Anda ke berbagai kelas aset (misalnya menabung saham, menabung obligasi, properti) untuk diversifikasi risiko.

5. Alokasi Aset

Tentukan berapa persentase total portofolio investasi yang dapat Anda alokasikan ke Trading Limit. Ini harus didasarkan pada keseluruhan rencana keuangan dan profil risiko Anda. 

Kunci dari poin ini bukan hanya terdapat pada proses alokasi aset namun pada disiplin Anda untuk mengikuti alokasi yang telah Anda tetapkan untuk meminimalisir risiko yang tidak diinginkan.

6. Pelajari dan Lakukan Riset

Investasikan waktu untuk mempelajari strategi perdagangan, tren pasar, dan teknik manajemen risiko sebelum menggunakan modal dalam jumlah besar. Juga pelajari mekanisme Trading Limit dengan hati-hati sebelum Anda menggunakan fitur ini secara maksimal.

7. Konsultasi

Pertimbangkan untuk mencari nasihat dari penasihat keuangan atau mentor yang berpengetahuan luas, terutama jika Anda baru mengenal perdagangan di pasar modal atau tidak yakin tentang berapa banyak yang harus diinvestasikan.

Kini bisa transaksi saham lebih besar dari Buying Power yang Anda miliki hingga 6x. Beli saham lebih banyak dengan fitur XTRA Trade Limit di Ajaib, artinya potensi profit yang akan didapatkan juga semakin maksimal. 

Intinya, pahami dengan baik tentang fasilitas trade limit sebelum menggunakannya sehingga potensi keuntungan lebih maksimal dan meminimalisir potensi kerugian.

Download Ajaib sekarang!

Artikel Terkait