Properti, Rumah Tangga Masa Kini

Tips Foto Rumah Sederhana Agar Cepat Dilirik Pembeli

Foto Rumah Sederhan

Ajaib.co.id – Anda ingin menjual properti dalam waktu dekat ini? Atau Anda kesulitan mempromosikan properti Anda? Mungkin selain masalah harga yang tinggi, Anda lupa untuk menunjukkan foto-foto detail rumah yang menarik minat pembeli.

Mengambil foto detail rumah untuk kebutuhan jual beli tidaklah sulit. Anda tidak perlu menyewa seorang fotografer untuk membuat foto rumah sederhana tampak menarik. Dengan kamera seadanya, Anda dapat membuat pencitraan yang maksimal.

Tips Membuat Rumah Sederhana Menjadi Lebih Menarik

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat foto rumah sederhana, tampak menarik dan dilirik pembeli. Simak tips berikut ini.

#1 Mengatur Pola Pencahayaan

Mengatur pola pencahayaan sangatlah penting dalam mengambil foto rumah sederhana. Pencahayaan ini berguna untuk menunjukkan beberapa sudut ruangan agar ruangan tidak terlihat kumuh dan kotor.

Atur pencahayaan agar tidak terlalu terang yang mengakibatkan over white. Jangan mengambil gambar objek dengan membelakangi cahaya, ini akan mengakibatkan backlight sehingga foto akan terlihat siluet.

#2 Fokus pada Objek

Fokus kepada objek sangat penting dalam pengambilan foto rumah sederhana. Terkadang sedikit gerakan saja akan menjadikan gambar buram atau blur. Hal ini jelas akan mengurangi minat pembeli untuk melirik rumah yang Anda jual.

Auto focus memang umumnya terdapat pada kamera DSLR. Namun jangan sedih, beberapa kamera handphone juga sudah dilengkapi dengan image stablilizer untuk mengurangi gambar buram.

#3 Perhatikan Angle Foto Rumah Sederhana

Tips mengambil foto rumah sederhana adalah dengan memperhatikan pengambilan angle (sudut pandang). Dengan memikirkan sudut pandang sebuah foto, selain menunjukkan informasi produk secara visual, ini sekaligus menunjukkan sisi artistik dari sebuah produk yang akan Anda jual.

Beberapa angle yang umumnya diambil untuk foto rumah adalah eye level atau setinggi arah mata lurus memandang. Bird’s eye view yang artinya angle yang diambil dari ketinggian untuk melihat semua sudut.

Kemudian ada high angle yakni dengan posisi lebih tinggi dari arah pandangan mata. Selanjutnya menggunakan low angle atau teknik pengambilan gambar dari angle lebih rendah dari mata.

#4 Ukuran Kepadatan Pixel

Hal yang menjadi tak kalah penting adalah dengan memperhatikan kepadatan pixel dari sebuah foto. Foto yang baik sudah pastilah foto yang disesuaikan dengan media yang akan menampilkan foto.

Khusus untuk foto rumah sederhana yang akan ditampilkan di website atau media online, kepadatan pixel yang bisa Anda atur adalah 72 pixel per inchi. Ukuran ini cukup kecil, guna memudahkan pengguna website untuk melihat gambar dalam sekejap tanpa perlu waktu untuk reload gambar.

#5 Gunakan Software Fotografi

Setelah Anda melakukan sederet tips di atas, Anda dapat mulai melakukan editing  dengan  software  fotografi. Standar paling umum adalah Photoshop. Dengan aplikasi Photoshop, Anda dapat melakukan pengeditan beberapa foto yang dinilai masih kurang maksimal.

Namun perlu diingat, editing hanya dilakukan terkait dengan kontras cahaya dan tata letak bagi beberapa foto yang miring atau tidak proporsional. Hindari untuk melakukan retouch pada foto, agar gambar terlihat lebih real dan pastinya tidak mengecewakan pembeli Anda.

Tipe Rumah Sederhana

Ada banyak sekali tipe rumah sederhana yang kini sedang tren di kalangan masyarakat Indonesia, mulai dari model rumah minimalis modern hingga tipe yang sederhana tapi kelihatan mewah. Agar lebih jelasnya, di bawah ini Ajaib akan memberikan beberapa contoh tipe rumah sederhana yang bisa jadi salah satu acuan kamu membeli rumah.

#1. Model Rumah Sederhana Tipe 21

Dulu, para para developer di Indonesia cenderung membedakan jenis rumah yang mereka bangun kemudian dipasarkan dengan nama berdasarkan luas bangunan. Salah satunya model rumah sederhana dengan tipe 21, yaitu rumah dengan luas bangunan 21 m². Panjang dan lebar bangunannya bisa beragam, misalnya ukuran 6 meter x 3,5 meter yang menjadi bangunan seluas 21 m². Namun, kini developer diminta untuk membangun rumah dengan minimal bangunan 36 meter. Sehingga, kini sudah jarang kita temui rumah baru dengan tipe ini.

Model rumah sederhana ini biasanya hanya memiliki 1 kamar tidur yang bisa ditempati 2 orang, ruang tamu yang langsung terhubung dengan dapur serta sebuah kamar mandi. Rumah ini cocok untuk para pasangan muda yang belum memiliki anak.

#2 Model Rumah Tipe 36

Rumah dengan type 36 menjadi salah satu tipe rumah minimalis terbaru yang sering dijadikan developer sebagai tipe standar. Tipe ini masih menerapkan prinsip yang sama dengan model rumah sederhana tipe 21. Bedanya, rumah dengan tipe 36 biasanya sudah memiliki 2 kamar tidur dan ruang tamu yang lebih luas. Sehingga cocok bagi kamu yang ingin memiliki rumah untuk keluarga kecil kamu.

#3. Model Rumah Tipe 45

Model rumah sederhana selanjutnya merupakan rumah dengan luas bangunan 45 m² yang cocok dihuni keluarga kecil yang memiliki satu atau dua orang anak. Model rumah ini biasanya memiliki teras depan rumah yang dapat dijadikan garasi satu unit mobil dan taman kecil pada halaman belakang. Biasanya, rumah dengan tipe ini memiliki ruang keluarga dan ruang makan yang terpisah. Di mana, terdapat dapur kecil yang terletak pada bagian belakang rumah. Namun, ada juga variasi rumah tipe 45 dengan 3 kamar tidur tanpa halaman belakang.

#4. Model Rumah Tipe 54

Tipe ini merupakan model rumah sederhana bagi kalangan kelas menengah yang unggul dari segi luas bangunan. Di mana, model rumah ini biasanya dibangun dua lantai, dan terdapat dua kamar tidur di lantai dasar dan satu kamar tidur di lantai atas, juga terdapat ekstra ruang tamu di lantai dua. Bukan hanyabangunan yang luas, harga dari model rumah ini juga tergolong terjangkau.

#5. Model Rumah Tipe 60

Bagi kamu yang sedang mencari rumah dengan tampilan yang elegan dan dengan harga yang terjangkau, model rumah tipe 60 adalah jawabannya. Di mana, bangunan seluas 60 m² ini biasanya terdiri dari 2 lantai dan memiliki bangunan yang sedikit lebih luas. Selain itu, biasanya model rumah ini memiliki 4 kamar tidur dan 3 kamar mandi serta teras di bagian belakang rumah yang lebih luas.

#6. Model Rumah Tipe 120

Rumah ini merupakan rumah sederhana yang sedikit mewah. Di mana, tipe sederhana tapi mewah ini menyediakan semua kebutuhan ruangan yang kamu butuhkan. Secara umum, rumah ini dibangun dan memiliki 3 sampai 4 kamar tidur, 3 kamar mandi, ruangan dapur tersendiri, ruang makan, beranda belakang, dan carport yang bisa menampung dua mobil sekaligus. Ini cocok bagi kamu yang memiliki keluarga atau anak lebih dari dua.

#7. Model Rumah Tipe Modular

Saat ini, rumah dengan bentuk persegi panjang berukuran kecil yang dapat dibangun dalam waktu kurang lebih 3 bulan menjadi salah satu rumah yang sedang populer. Tipe rumah ini disebut dengan rumah modular yang unggul dari sisi fleksibilitas desain interior rumah dan pilihan material, ditambah lagi daya tahan yang mencapai waktu paling sedikit 60 tahun. Bukan hanya itu, harga model rumah ini juga sangat terjangkau, namun prefabrikasi beberapa bagian dari rumah ini memiliki kendala di sisi pengiriman.

#8. Rumah Kontainer

Dalam dunia arsitektur, rumah yang dibangun menggunakan kontainer disebut dengan cargotecture. Rumah tipe ini sedang populer dan menjadi salah satu desain rumah minimalis sederhana yang sering digunakan untuk hotel di tepi pantai ataupun dipegunungan. Tipe rumah ini memiliki desain elegan dan fleksibilitas serta ekonomis. Untuk membangunnya pun tergolong cepat dan ukuran juga jumlah ruangan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Hanya bermodalkan -bahan daur ulang, membuat desain rumah kontainer juga ramah lingkungan.

#9. Menggunakan Trailer Sebagai Hunian

Bagi kamu yang sering menonton film-film Hollywood, kamu pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan mobil trailer yang bagian belakangnya terdapat kabin kecil dan bisa dijadikan rumah lengkap dengan tempat tidur, dapur, dan kamar mandi. Nah, ini merupakan rumah trailer yang menjadi salah satu bangunan rumah temporer yang dapat dipindah-pindahkan dengan kendaraan berat. Rumah tipe ini sangat cocok bagi kamu yang suka berpetualang dan memiliki budget terbatas.

#10. Model Conch House

Conch House merupakan model rumah yang sedang populer di Amerika Serikat. Rumah ini dibangun dengan material kayu, berbentuk persegi dan memiliki 2 lantai. Uniknua, rumah ini tidak menyentuh tanah, seperti beberapa rumah adat di Indonesia. Sehingga, dijamin cuaca dalam rumah tidak akan panas karena terdapat sirkulasi udara pada bagian bawah lantai rumah.

Itulah beberapa model atau tipe rumah sederhana tapi kelihatan mewah jika kamu bisa menatanya dengan baik. Nah, bagi kamu yang ingin melakukan jual beli, pastikan kamu mengecek foto rumah minimalis yang ingin kamu beli dan cek langsung ke TKP sebelum membelinya. Hal ini berguna untuk mendapatkan hasil rumah atau properti sesuai dengan yang kamu harapkan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait