Bisnis & Kerja Sampingan

12 Peluang Bisnis Rumahan, Biar Cuan Terus

5 Peluang Bisnis Rumahan yang Banyak Cuan

Ajaib.co.id – Tidak semua orang di dunia ini dilahirkan sebagai seseorang yang memiliki jiwa pengusaha. Jadi, jika ada yang beranggapan bahwa menjadi seorang pengusaha itu membutuhkan modal yang besar, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. 

Melainkan untuk menjadi seorang pengusaha sukses, kamu juga perlu memiliki otak super kreatif untuk melihat segala peluang bisnis yang sedang nge-tren saat ini. Biasanya ketika ingin memulai suatu usaha atau bisnis, kebanyakan dari mereka masih bingung terkait konsep dan ide bisnis yang ingin ditularkan. 

Selain itu masalah-masalah lainnya seperti harga sewa kios, lapak, dan lain sebagainya juga turut serta membuat diri kamu semakin bingung saja terkait peluang usaha terbaik apa yang bisa kamu jalankan saat ini. Tetapi untuk permasalahan harga sewa kios yang terkadang mahal, kamu bisa menyiasatinya dengan membuka usaha rumahan saja. Misalnya, kamu bisa memanfaatkan teras rumah sebagai tempat usaha dan ruang kamar sebagai ruang kantor pribadi kamu.

Seperti diketahui jika kamu memperhatikan tren peluang bisnis dari tahun ke tahun tentu saja banyak jenis-jenis usaha baru yang terus bermunculan.

Nah bagi kamu yang bingung ingin membuka usaha rumahan terbaik apa saat ini. Berikut ini Ajaib sudah menyiapkan informasi menarik terkait lima peluang bisnis rumahan terbaik 2019, yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan kamu.

Jualan Pulsa

Bisnis jualan pulsa memang tidak ada habisnya untuk dibicarakan setiap harinya, bahkan tak jarang. Ada yang mengatakan bahwa jenis usaha yang satu ini akan selalu menjadi bisnis tren, baik pada 2019 dan seterusnya. Mengapa? Karena penggunaan ponsel pintar saat ini sudah begitu banyak dan tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari.

Peluang usaha jualan pulsa juga tidak butuh modal yang besar, di mana kamu bisa membuka konter pulsa di depan rumah. Hal ini juga bisa menjadi awal bagi kamu untuk mempelajari bisnis untuk lebih dalam lagi di masa yang akan datang. Kisaran modal awal di bawah Rp2.000.000

Warung Makan

Waduh kalo peluang usaha rumahan terbaik satu ini, pasti kamu susah menolaknya. Mengapa? Karena aktivitas makan dan minum menjadi bagian aktivitas yang pasti akan dilakukan oleh setiap orang. Oleh karena itu, potensi untuk jumlah pelanggannya pun dapat dikategorikan banyak. Bisnis ini menguntungkan untuk kamu, di mana cuan yang didapatkan bisa mencapai 50% dari modal. Kisaran modal usaha membuka warung makan ini sebesar Rp2.000.000.

Jasa Content Writer

Kini kita telah memasuki era digital, di mana konten digital saat ini kian merajalela untuk aktivitas promosi suatu bisnis di perusahaan. Permintaan yang cukup banyak terkait konten digital bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis rumahan yang kamu bisa jalankan. Yang mana, hanya bermodalkan laptop dan internet, kamu bisa mendapatkan klien dari Indonesia maupun luar negeri lho!.

Bisnis satu ini sangat cocok untuk kamu yang hobi menulis. Cobalah mulai dengan menulis di blog pribadi kamu. Ada banyak hal yang bisa kamu tulis, mulai dari pengalaman pribadi, review produk, rekomendasi jalan-jalan, dan sebagainya. Fokuslah menulis tentang apa yang kamu sukai. Jika kamu suka kosmetik, kamu bisa menulis review produk atau memberikan tips memilih kosmetik atau menggunakan kosmetik yang baik.

Jika blogmu sudah makin terkenal, kamu bisa menjadi seorang blogger sekaligus menawarkan jasa content writer ke perusahaan-perusahaan yang mungkin membutuhkan jasa kamu untuk memberikan review. Kamu juga bisa menambahkan Adsense yang akan memberikan pendapatan tiap kali ada orang yang melihat tulisanmu di blog tersebut.

Dropshipping

Toko online saat ini sudah sangat menjamur di masyarakat, namun melihat pertumbuhan tersebut. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha rumahan lho. Bagaimana caranya?

Kamu cuma butuh bantuan internet dan laptop, pada bisnis ini kamu bertugas sebagai perantara antara pembeli dan penyedia barang alias penerus pesanan di toko online. Lumayan lho ternyata untungnya, yang mana keuntungan bersih dari harga supplier bisa mencapai 20-40%.

Toko Online

Sejauh ini, peluang bisnis rumahan terbaik 2020 rata-rata dilakukan secara online seperti jasa reseller atau dropshipping, dan juga membuka toko online di rumah. Walaupun banyak pesaingnya tetapi tetap saja usaha rumahan satu ini masih tetap menjanjikan di tahun 2020. Kamu bisa menjual produk sendiri dan bergabung dengan marketplace yang sudah tersedia saat ini seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Setiap usaha yang baru saja dijalankan, pasti membutuhkan proses agar bisa memberikan keuntungan bagi kamu, jadi kesabaran dan analisa menjadi kunci dari bisnis yang kamu jalankan tersebut. 

Air Minum Isi Ulang

Tidak ada orang yang tidak membutuhkan air minum. Ini menjadi salah satu kebtuhan pokok banyak orang, khusunya di Indonesia. Untuk mendapat keuntungan dari usaha sampingan, kamu bisa mulai untuk membuat usaha air minum isi ulang. Di mana, kebutuhan masyarakat akan komoditi yang satu ini sangatlah besar.

Selain praktis, kebutuhan air bersih juga sedang mengalami penurunan di beberapa wilayah, sehingga jika kamu bisa memaksimalkan peluang ni dan pintar membaca situasi, kamu bisa lebih mudah untuk mendapatkan pendapatan yang besar.

Laundry Kiloan

Kesibukan masyarakat, khususnya di perkotaan membuat banyak orang malas mencuci karena tidak adanya waktu ataupun terlalu lelah setelah bekerja seharian. Inilah peluang menjalankan bisnis bagi ibu rumah tangga. Laundry kiloan mungkin bisa menjadi pilihan bagi kamu.

Meski dirasa murah, bisnis ini bisa mendapatan keuntungan melimpah hanya dengan mencuci pakaian orang di sekitar. Cobalah mulai tawarkan ke tetangga sekitar. Jika dirasa sudah memiliki modal yang cukup, kamu bisa mulai menyewa ruko atau tempat di sekitar perkantoran ataupun kampus. Kuncinya, kamu harus bisa mempertahankan kebersihan dan kerapihan dari bisnis tersebut.

YouTuber

Bagi kamu yang percaya diri tampil di kamera dan memiliki ide dan kreativitas, kamu bisa mencoba peluang menjadi seorang YouTuber. Pastikan kamu membuat konten yang menghibur dan juga mengedukasi penontonnya.

Untuk kontennya sendiri bisa kamu sesuaikan dengan keahlian kamu, apakah kamu menyukai jalan-jalan, masak, makan, dan sebagainya. Dengan adanya keunikan pada konten, kamu akan lebih mudah dikenal dan diingat oleh penonton channel YouTube kamu.

Dengan menjadi YouTuber, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan, mulai dari pendapatan Ad Sense, Endorse, Affiliate Marketing, dan sebagainya. Jika konsisten dalam menjalankan profesi ini dan juga mengupload konten secara rutin, tidak sulit bagi kamu meraih kesuksesan hanya bermodalkan YouTube.

Selebgram atau Influencer

Kini banyak orang yang membutuhkan jasa selebgram untuk mempromosikan produknya melalui media sosial. Tugasmu sebagai selebgram hanyalah memposting fotomu bersama produk yang ingin dipromosikan. Hal ini menarik untuk bisnis online maupun perusahaan yang membutuhkan jasa selebgram. Di mana, seorang selebgram dipercaya bisa memberikan review sekaligus mendorong orang untuk melakukan sesuatu, khususnya membeli suatu produk.

Nah, untuk menjadi seorang selebgram, kamu harus memiliki akun instagram dengan jumlah followers yang banyak. Semakin banyak followers dan engagement di social mediamu, semakin besar juga peluang kamu untuk digunakan brand atau bisnis, semakin besar juga pendapatan yang akan kamu terima.

Jasa Service Elektronik

Suka ngotak ngatik barang rusak? Ada lho orang yang seperti ini! Nah jika kamu termasuk orangnya, kamu bisa memanfaatkan keahlian kamu ini untuk membuka bisnis jasa service elektronik, mulai dari laptop, tv, ac, mesin cuci, kulkas, dan sebagainya. Kamu bisa mulai dengan menawarkan jasa kamu ke orang terdekat seperti teman, tetangga, saudara, keluarga, dan sebagainya.

Fotografer

Hobi foto? Dunia fotografi memang kini sedang banyak diminati oleh banyak orang. Bukan hanya untuk membantu momen penting seperti pernikahan. Kini banyak juga brand, periklanan, tv, hingga Influencer juga membutuhkan jasa fotografer. Agar lebih dikenal dan dicap sebagai fotografer profesional, kamu harus terus update skill kamu, mulai dari mempelajari angle-angle terbaik, dan teknik-teknik fotografi lainnya. Cobalah mulai tawarkan untuk teman terdekat dan jadikan social media kamu sebagai tempat untuk memamerkan hasil atau portfolio kamu. Ini juga akan membantu kamu mempermudah melakukan promosi bisnis.

Guru Privat

Kini banyak orang tua yang memilih untuk memberikan les tambahan dengan guru privat dibanding harus bersama-sama di dalam lembaga kursus. Salah satu faktornya adalah untuk menyeimbangkan kemampuan anak terhadap kurikulum di sekolah. Nah bagi kamu yang menguasai beberapa mata pelajaran ataupun ahli di satu bidang, kamu bisa membantu orang tua untuk memberikan les tambahan. Selain mendapatkan uang tambahan, kamu juga akan merasa bahagia karena telah membantu orang lain untuk belajar.

Itulah beberapa peluang bisnis rumahan terbaik 2020. Semoga bisa membantu kamu dalam menentukan jenis usaha apa yang cocok dengan modal kamu saat ini.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait