Bisnis & Kerja Sampingan

Fungsi Perencanaan Produksi Adalah: Pengertian, Hambatan, hingga Masalahnya

fungsi-perencanaan-produksi-adalah

Tujuan dan fungsi perencanaan produksi adalah salah satunya untuk merencanakan dan mengendalikan aliran bahan baku. Jika suatu proses aliran bahan baku terganggu, akan menyebabkan menurunnya produktivitas.

Gangguan aliran bahan baku ini membuat adanya waktu tunggu, sehingga proses produksi tidak bisa dilanjutkan.

Apa Saja Hambatan bagi Bisnis untuk Menyediakan Bahan Baku atau Material?

Biasanya, kendala ketersedian material di pabrik bisa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya harga bahan baku, waktu tunggu, faktor alam, dan perkiraan pemakaian.

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing faktor tersebut.

1. Harga Bahan Baku

Harga bahan baku seringkali mengalami kenaikan akibat adanya inflasi. Selain itu, kenaikan tarif PPN juga turut menyebabkan naiknya harga bahan baku di pasar.

Naiknya harga bahan baku di pasar seringkali menjadi kendala bagi bisnis untuk melakukan pengadaan bahan baku untuk proses produksi.

2. Waktu Tunggu

Proses pengiriman bahan baku ke pabrik yang terkadang memakan waktu yang lama bisa menyebabkan terganggunya aliran bahan baku saat proses produksi.

Hal ini bisa menyebabkan proses bisnis di perusahaan menjadi tidak efisien lantaran terlalu banyak waktu tenaga kerja dan mesin yang terbuang percuma.

3. Faktor Alam

Faktor alam juga bisa menjadi penghambat proses pengiriman bahan baku ke pabrik. Misalnya tanah longsor dan banjir yang membuat jalanan tidak bisa dilewati sehingga akan mengganggu proses pengiriman dan pengadaan bahan baku ke pabrik.

4. Perkiraan Pemakaian

Perkiraan pemakaian bahan baku di pabrik yang meleset seringkali menjadi biang kerok terganggunya proses produksi di pabrik. Biasanya, hal ini juga diperparah dengan adanya pemesanan barang dalam jumlah yang sangat banyak dan wajib dipenuhi dalam jangka waktu singkat.

Pengertian Perencanaan Produksi

Kendala-kendala dalam pengadaan bahan baku di pabrik yang sudah redaksi Ajaib jelaskan sebelumnya memang tidak bisa 100% selesai diatasi. Karena pada dasarnya, setiap perusahaan sudah menerapkan safety factor pada produknya dan menjadikan keterlambatan pengadaan bahan baku ke pabrik sebagai salah satu risiko bisnis.

Untuk mengurangi biaya-biaya yang ditimbulkan dari risiko terlambatnya pengadaan bahan baku di pabrik, setiap perusahaan perlu memaksimalkan fungsi perencanaan produksi mulai dari pengadaan bahan baku hingga produk selesai diproduksi.

Secara umum, pengertian fungsi perencanaan produksi adalah mempersiapkan rencana produksi mulai dari pengadaan bahan baku, jadwal penyelesaian produksi, melakukan manajemen tenaga kerja di pabrik, hingga melakukan follow up kepada pembeli terkait kapan barang siap dikirim.

Ini adalah garis besar fungsi perencanaan produksi di perusahaan. Sehingga, perencanaan produksi adalah hal yang sangat kompleks karena melibatkan banyak departemen terkait seperti marketing, pengiriman, produksi, dan purchasing.

Fungsi perencanaan produksi sudah bisa mulai dijalankan ketika ada order atau pemesanan yang masuk, namun biasanya proses produksi baru akan dilakukan setelah adanya PO ataupun dokumen kontrak yang sudah ditandatangani bersama dan pembayaran sudah diterima.

Tujuan dan Fungsi Perencanaan Produksi

Dalam menjalankan proses produksi, perusahaan perlu memaksimalkan fungsi perencanaan produksi dengan tujuan sebagai berikut.

1. Memperkirakan Sumber Daya yang Digunakan

Dari komponen list yang biasanya menjadi acuan bagi perusahaan untuk melakukan produksi. Pihak perusahaan bisa mengetahui apa saja bahan baku atau material yang dibutuhkan untuk membuat suatu produk.

Dengan begitu, perusahaan dapat memperkirakan berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk pengadaan bahan baku, tenaga kerja, hingga proses produksi.

2. Memastikan Bahwa Proses Produksi Berjalan Efisien

Dengan memastikan bahwa bahan baku yang ada di pabrik cukup untuk melakukan proses produksi, perusahaan bisa dengan segera mungkin menjadwalkan proses produksi. Sehingga, bahan baku yang sudah dibeli sebelumnya bisa langsung digunakan dan tidak menimbulkan biaya lainnya, seperti membengkaknya biaya penyimpanan.

3. Stok Bahan Baku Terjaga

Dengan melakukan fungsi perencanaan produksi, perusahaan bisa menjaga stok bahan baku tetap aman. Perusahaan bisa melakukan pembelian bahan baku kembali jika sudah menyentuh jumlah safety stock.

4. Mempermudah Koordinasi dengan Departemen Lain

Agar seluruh proses produksi dari awal hingga akhir bisa berjalan lancar, fungsi perencanaan produksi bertujuan untuk mengoordinasikan seluruh departemen terkait agar sama-sama saling mendukung untuk terciptanya proses produksi yang efisien.

Dalam hal ini, bagian purchasing harus cepat tanggap untuk membeli bahan baku atau material yang nantinya akan digunakan untuk proses produksi. Sedangkan, bagian produksi bisa melakukan maintenance berkala untuk mesin-mesin yang sering digunakan agar tidak mengalami gangguan saat proses produksi berlangsung.

Kemudian, bagian pengiriman bisa menyediakan armada yang dibutuhkan untuk melakukan pengiriman ke customer.

Dari penjelasan fungsi perencanaan produksi yang sudah redaksi Ajaib jabarkan. Kita bisa menyimpulkan bahwa fungsi perencanaan produksi bertujuan sebagai berikut.

  • Dapat dijadikan KPI dalam proses produksi.
  • Menjaga konsistensi saat proses produksi berdasarkan kualitas.
  • Menyiapkan bahan baku atau material agar proses produksi bisa dilakukan secara cepat sesuai jadwal produksi.
  • Dapat memenuhi permintaan pelanggan dikarenakan proses produksi bisa berjalan sesuai dengan jadwal produksi yang sudah ditentukan sebelumnya.
  • Mempermudah monitoring proses produksi dari awal hingga akhir.
  • Mempermudah membuat perencanaan produksi berdasarkan jangka waktu yang sudah disepakati oleh pelanggan, apakah jangka panjang maupun jangka pendek.

Demikianlah pengertian dan fungsi perencanaan produksi bagi bisnis. Dengan melakukan fungsi perencanaan produksi, perusahaan bisa mengurangi kesalahan dalam proses produksi.

Hal ini tentu sangat menguntungkan perusahaan dari sisi biaya. Semakin sedikit kesalahan yang dilakukan pada saat proses produksi, maka akan semakin kecil biaya kerugian yang ditanggung perusahaan.

Mulai Investasi di Ajaib Sekuritas Sekarang!

Masa depan kamu tentu akan menjadi lebih terjamin dan aman secara finansial bila kamu berinvestasi bukan? Ajaib Sekuritas hadir untuk memberikan pengalaman investasi yang lebih aman dan tepercaya. Mulai perjalanan investasimu bersama Ajaib Sekuritas sekarang, karena proses pendaftarannya yang mudah dan 100% online, tanpa memerlukan modal yang besar.

Berbagai layanan dan indeks saham juga tersedia dalam rangka mendukung investasimu agar semakin maksimal! Mulai dari saham, reksa dana, margin trading, day trading, dan layanan bagi nasabah premium, Ajaib Prime, bisa kamu temukan di aplikasi Ajaib Sekuritas.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib Sekuritas sekarang!

Artikel Terkait