Banking

Ini Kode BRI Syariah Untuk Transaksi Antar Bank

kode-bri-syariah

Ajaib.co.id – Meskipun berasal dari manajemen yang sama, BRI Syariah memiliki berbagai produk dan layanan yang berbeda dari BRI konvensional. Perbedaan ini juga berlaku pada kode BRI Syariah sebagai bank yang digunakan untuk melakukan transfer antar bank.

Sebelumnya, BRI Syariah merupakan lembaga perbankan berbasis hukum Islam yang berdiri tahun 2008. Lembaga ini adalah pengembangan dari Bank BRI yang telah lama dikenal masyarakat Indonesia. Perbedaanya adalah seluruh transaksi keuangan di BRI Syariah memberlakukan prinsip yang bebas riba sesuai syariat Islam.

Jika kamu biasa menggunakan kode 002 untuk mengirim sejumlah uang atau melakukan transfer ke rekening Bank BRI maka hal yang sama tidak berlaku dengan BRI Syariah. Walaupun sama-sama dari BRI, namun daftar kode bank Indonesia memang berbeda antar satu sama lain. Tak terkecuali bank syariah dari BRI ini.

Harus kamu ketahui jika kode BRI Syariah ialah 422. Kode ini harus kamu masukkan diikuti dengan nomor rekening tujuan BRI Syariah yang dituju. Apabila salah menambahkan kode dengan kode BRI maka otomatis transaksi tersebut akan tertolak. Meskipun kodenya berbeda namun transaksi antar rekening BRI dan BRI Syariah tidak dikenakan biaya administrasi.

Berbagai Produk Tabungan BRI Syariah

Karena sifatnya yang menjunjung prinsip keuangan Islam, BRI Syariah tidak mengenal riba. Namun, konsumennya akan diberikan keuntungan dengan sistem nisbah atau bagi hasil yang dihitung dari pendapatan bersih pihak pengelola dana. Bank BRI Syariah sebagai pengelola dana sedangkan nasabah sebagai pemodal dengan uang yang disimpannya di bank.

Karena itu, berbagai produk keuangan simpanan seperti tabungan maupun investasi seperti deposito berjangka tetap bisa mendapatkan keuntungan. Prinsip yang diberlakukan juga sudah sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait ekonomi Islam. Berikut adalah daftar produk tabungan BRI Syariah yang bisa kamu pertimbangkan untuk keuangan yang halal dan tanpa riba:

#1 Faedah BRI Syariah

Tabungan Faedah (Fasilitas Serba Mudah) merupakan salah satu produk simpanan utama dari BRI Syariah. Simpanan ini menggunakan akad wadi’ah yad dhamanh atau akad penitipan barang atau uang. Dengan cara ini, pihak yang menerima titipan yakni bank bisa menggunakan uang tersebut dan keuntungan dibagi bersama.

Tabungan ini memiliki fasilitas seperti rekenin pada umumnya. Untuk memiliki tabungan ini harus melakukan setoran awal minimal Rp100.000 dan kopi identitas. Salah satu daya tarik dari jenis tabungan ini adalah diskon 50% untuk transaksi e-channel bagi rekening dengan saldo di atas Rp500.000. Hanya saja, diskon ini hanya berlaku bagi mobile banking dan internet banking.

#2 Tabungan Haji BRI Syariah iB

Tabungan ini khusus untuk simpanan bagi kamu yang ingin berangkat ke tanah suci guna menunaikan ibadah haji. Simpanan ini diterapkan dengan akad mudharabah muthlaqah. Prinsipnya adalah keleluasan bagi bank untuk mengelola dana simpanan tersebut sampai pada waktunya harus disalurkan.

Tabungan haji dari BRI Syariah ini bisa didapatkan hanya dengan setoran awal Rp50.000 dan kopi identitas diri. Kelebihan dari simpanan ini adalah gratis biaya bulanan dan asuransi diri hingga 120% dari saldo.

#3 Tabungan Impian BRISyariah iB

Bagi kamu yang punya impian namun kesulitan untuk menabung di tabungan biasa, kamu bisa meanfaatkan fasilitas auto debit pada tabungan Impian BRISyariah iB untuk segera mewujudkan impianmu. Apapun impian kamu mulai dari liburan, dana pendidikan, renovasi rumah, berkurban, dan sebagainya kamu bisa menggunakan jenis tabungan yang satu ini.

Sama seperti tabungan haji di atas, tabungan ini juga menggunakan akad mudharabah mutlaqah. Di mana, dengan tabungan ini kamu bisa mendapatkan sertifikat asuransi dan mendapatkan asuransi hingga Rp750 juta. Kamu juga tidak akan dikenakan biaya administrasi atau biaya auto debit tiap bulannya.

Namun, sebelum kamu menggunakan tabungan impian ini, kamu harus memiliki tabungan BRI Syariah induk sebagai rekening yang akan digunakan untuk auto debit. Kamu juga bisa menentukan jangka waktu menabung, mulai dari 12 hingga 240 bulan (kelipatan 12 bulan), atau hingga usia penabung saat jatuh tempo maksimal 65 tahun. Selain itu, jika kamu menutup rekening sebelum tanggak jatuh tempo, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 50 ribu.

#4 Simpanan Pelajar (Simpel) BRISyariah iB

Simpel adalah program tabungan yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mendorong orang tua dalam menanamkan pentingnya menabung sejak dini untuk anak-anak. Ini juga bisa membantu orang tua mengajarkan perencanaan keuangan kepada anak.

Tabungan ini diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia, salah satunya BRI Syariah. Namun, dibandingkan Simpel bank konvensional, Simpel BRISyariah iB memiliki beberapa keunggulan seperti setoran awal mulai dari Rp1.000 dan setoran berikutnya minimal Rp1.000. Selain itu, tidak ada biaya administrasi bulanan ataupun gratis biaya transaksi melalui ATM dengan jaringan BRI, PRIMA, dan Bersama. Kamu juga bisa mengajarkan anak-anak pentingnya zakat ataupu sedekah. Karena tabungan ini juga memiliki fasilitas auto debit untuk pembayaran tagihan rutin, zakat, infak, sedekah, dan sebagainya.

#5 Deposito BRISyariah iB

Bagi kamu yang ingin melakukan deposito, Bank BRI Syariah juga punya produknya. Di mana, dengan Deposito BRI Syariah iB, kamu bisa memiliki tabungan berjangka dengan minimal penempatan dana sebesar Rp2,5 juta dengan minimum penempatan selama satu bulan.

Deposito ini memiliki sistem bagi hasil yang besarannya telah disepakati di awal perjanjian. Sehingga, sekalipun suku bunga bank sedang berfluktuasi, imbal hasil yang akan diterima sudah dapat diperkirakan jumlahnya. Kamu juga tidak perlu memikirkan mengenai zakat yang harus kamu keluarkan. Karena tabungan ini sudah otomatis memiliki pemotongan zakat atas bagi hasil yang diterima.

Itulah beberapa produk tabungan BRO Syariah yang bisa jadi alternatif buat kamu yang ingin memulai menabung. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat menghubungi call center BRI di CallBRIS 1500-789.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait