Perencanaan Keuangan

13 Tempat Wisata Murah di Sukabumi yang Instagramable

wisata murah di sukabumi

Ajaib.co.id – Kota Sukabumi merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang sering didatangi oleh pecinta travel. Selain udaranya yang sejuk, wisata murah di Sukabumi juga memiliki daya tarik tersendiri dengan spot foto Instagramable untuk menghiasi media sosial kamu.

Jika kamu ingin pergi ke sini, ada baiknya untuk riset terlebih dahulu tempat wisata murah di Sukabumi agar tidak perlu banyak dana yang kamu persiapkan untuk kamu mengunjungi pariwisata Jawa Barat ini saat travel nanti.

Untuk itu, redaksi Ajaib akan memberikan beberapa rekomendasi lokasi wisata murah di Sukabumi dengan harga masuk dibawah Rp 10.000 per orang :

Curug Sawer

Jika kamu hendak mengunjungi Kota Sukabumi, ada baiknya jika kamu menyempatkan diri untuk mengunjungi Curug Sawer. Curug Sawer merupakan kawasan wisata air terjun terbaik dengan ketinggian 30 meter. di Sukabumi.

Untuk menikmati suasana Curug Sawer, kamu bisa bertandang ke Kecamatan Kadudampit. Meskipun berlokasi di tengah hutan, kawasan ini tidak sulit dijangkau. 

Harga tiket masuk ke Curug Sawer adalah Rp 2.500 per orang 

Buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Bukit Karang Para

Bukit Karang Para terletak di Desa Kebonmanggu, Gunungguruh, Sukabumi, Jawa Barat. Wisata bukit Karang Para adalah wisata berbukit-bukit kecil berbatuan karang dengan banyak varian batu berbagai rupa. 

Misalkan saja karang mesjid yang merupakan mesjid dan karang hiyu yang menyerupai ikan hiu. Wisata Karang Para disebut juga dengan wisata batu. 

Lokasi ini dahulunya adalah sebuah pertambangan kars yang ditinggal oleh penambangnya, dan berkat kreatifitas warga desa setempat lokasi ini menjadi kawasan wisata yang Instagramable.

Tiket masuk ke Bukit Karang Para adalah Rp 2.000 per orang.

Buka setiap hari 24 jam. 

Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung merupakan kawasan air terjun yang berada di kawasan Geopark Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug Cimarinjung merupakan kawasan wisata Kota Sukabumi yang tersembunyi dan merupakan lokasi wisata air terjun andalan.

Meskipun kawasan ini tersembunyi, namun akses menuju Curug Cimarinjung tidaklah sulit. Curug Cimarinjung akan memanjakan mata kamu dengan air terjun setinggi 100 meter dengan panorama aliran sungai dan hutan di sekitarnya.Rp3.000.  

Tiket masuk ke Curug Cimarinjung adalah Rp 2.000 per orang.

Buka setiap hari dari pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB.  

Pantai Amanda Ratu

Kota Sukabumi tidak hanya menawarkan panorama air terjun, namun kamu juga bisa menikmati tempat wisata di Sukabumi yang yang menawan seperti Pantai Amanda Ratu. 

Pantai Amanda Ratu terletak di Desa Purwasedar, Sukabumi. Tak jauh berbeda dengan panorama Tanah Lot, Bali, pantai ini memiliki pulau kecil di tengah perairannya.

Pantai ini juga memiliki beragam fasilitas yang menunjang untuk aktivitasmu. Pantai ini juga menyediakan tempat bermalam seperti Amandaratu Resort yang populer. 

Tiket masuk ke Pantai Amanda Ratu adalah Rp 5.000 per orang.  

Buka setiap hari dari pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB.  

Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi disebut juga Pantai Karang Bolong. Pantai ini terletak di Desa Sukatani dan menempuh perjalanan sekitar 30 km dari Ujung Kulon, Sukabumi. Pantai Cicaldi memiliki bukit dengan rerumputan hijau yang luas dan tebing yang tinggi.

Namun untuk berkunjuk ke pantai Cicaldi kamu perlu datang pada pagi hari karena saat pagi air belum pasang. Selain itu, wisata Pantai Cicaldi melarang pengunjung untuk berenang karena ombak bisa mencapai ketinggian 15 meter dari permukaan laut. Pantai ini banyak dimantaatkan untuk berfoto saat matahari tenggelam.

Tiket masuk ke Pantai Cicaladi gratis.

Buka setiap hari 24 jam.

Curug Awang

Sukabumi kaua akan curugnya, hampir sama dengan Bogor. Curug Awang adalah salah satunya dan sering dijuluki sebagai Air Terjun Niagara versi mini. Curug ini membentang dari ujung tebing ke tebing lain dan memiliki ketinggian hingga 40 meter dari permukaan bawah tanah. Ketika musim hujan, curug yang terletak di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini wajib kamu kunjungi. Di mana, saat musim hujan aliran dari air terjun akan turun sangat deras., sehingga kamu bisa menikmati Niagara mini ini dengan lebih menarik dan cocok untuk diabadikan. Pastikan juga sebelum kamu mendatangi tempat wisata ni, kamu sudah siapkan fisik dengan kuat ya, karena kamu harus menempuh jarak 1,5 KM dari tempat parkir kendaraan kamu beserta harus melalui medan yang cukup menantang.

Harga tiket masuk ke Curug Awang adalah Rp 3.000 per orang.

Buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Bravo Adventure

Bagi kamu yang suka berpetualang dan menyukai aktivitas berkemah dengan cara lebih mewah, anti ribet, dan tetap seru karena bisa menyatu dengan alam kamu bisa mendatangi Bravo Adventure yang terletak di Kampung Bantarselang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Di tempat wisata ini kamu bisa berkemah dengan cara yang lebih mewah, serba ada, dan tentu saja seru karena sebelah kiri dan kanan lokasi adalah hutan dan persawahan. Selain bisa berkemah mewah, di tempat wisata di Sukabumi ini kamu juga bisa melakukan kegiatan outbound mulai dari paint ball hingga arung jeram.

Harga paket menginap dan outbound di Bravo Adventure adalah Rp500.000.

Buka setiap hari 24 jam

Goa Buniayu

Goa ini dianggap sebagai goa dengan struktur isi terbaik se-Asia Tenggara. Semua wisatawan yang datang ke sini akan dipinjami beberapa peralatan terbaik agar keselamatannya terjaga selama menjelajahi bagian dalam dari goa yang gelap ini. Ketika ingin masuk ke dalam goa, kamu harus menunggu orang yang cukup, biasanya sekitar 6-8 orang.

Jika jumlahnya sudah pas, kamu akan dipandu untuk menjelajahi goa yang sangat indah. Kawasan goa ini memiliki 3 goa yang berbeda, namun hanya 2 goa yang dibuka untuk umum. Di mana, satu goa yang bernama Kretek hanya untuk mereka yang profesional atau peneliti.

Harga tiket masuk Goa Buniayu adalah Rp15.000 per orang.

Buka setiap hari jam 08.00 – 22.00.

Pantai Cimaja

Bagi wisatawan lokal, pantai ini terdengar asing, namun bagi wisatawan mancanegara yang menyukai kegiatan seluncur ombak, pantai ini adalah yang terbaik. Di pantai ini, akan ada puluhan peselancar amatir hingga profesional datang ke sini setiap harinya untuk mencoba ombak dari Pantai Cimaja yang bisa setinggi 4 meter. Selain ombak yang memikat, pantai yang terletak di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Sukabumi, Jawa Barat ini juga menawarkan keindahan batuan alami serta suasana surf club yang mirip Bali. Nah, ketika kamu ingin menikmati suasana laut tropis yang dipenuhi para peselancar, kamu bisa datang ke sini. Selain itu, kamu juga bisa belajar untuk bermain selancar dengan mengunjungi beberapa kelompok surfing yang ada di kawasan ini. Biasanya, beberapa kelompok tersebut menawarkan jasa kursus surfing dari pemula hingga profesional.

Bukit Karang Numpang

Destinasi wisata ini tenar setelah muncul di dalam film 5 Cm. Setelah film itu rilis, ribuan orang datang berbondong-bondong ke Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Sukabumi, Jawa Barat untuk menyaksikan keindahan bebatuan yang menyebar di hamparan sabana.

Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah pemandangan lembah yang ada di bawahnya serta pegunungan hijau di depannya. Selain itu, kawasan ini juga memiliki hamparan batu mirip karang yang menumpang di sabana. Dari sinilah nama Bukit Karang Numpang mulai dikenal banyak orang. Untuk sampai ke wisata alam ini, kamu harus melewati Jalan Mangkalaya-Cisaat, kemudian diteruskan dengan melintasi jalan berbatu sepanjang 1 km sebelum sampai ke puncak.

Harga tiket masuk Bukit Karang Numpang adalah Rp3.000 per orang, dan biaya parkir Rp2.000.

Kampung Ciptagelar

Ketika kamu datang ke Sukabumi, kamu juga bisa mengunjungi kampung adat yang menjaga keaslian dari bangunan dan budayanya selama ratusan tahun. Jika kamu ingin menikmati keindahan masa lalu dari kawasan Sunda dengan kearifan lokalnya, tempat ini bisa jadi salah satu alternatifnya. Kampung yang terletak di Kampung Sukamulya Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini memiliki bangunan kuno dengan aktivitas penduduk yang masih menjaga nilai leluhurnya. Selain itu, di sini kamu juga bisa melihat keramahan yang sulit ditemui di mana pun. Jangan lupa juga untuk membawa makanan sendiri karena lokasinya cukup terpencil dan susah dijangkau dengan kendaraan umum.

Kawah Ratu

Tempat wisata ini menawarkan kemagisan pemandangan alam, asap belerang yang pekat, dan serunya pendakian untuk sampai ke puncak. Bagi kamu yang ingin datang dan menikmati keindahan dari Kawah Ratu, usahakan untuk memilih jalur yang tepat. Ada tiga rute yang bisa kamu pilih, pertama melalui trek sepanjang 3,5 km melalui Gunung Bunder. Lalu sejauh 5 km melalui Curug Seribu, dan yang terakhir adalah sejauh 4,5 km dari bumi perkemahan Cidahu-Sukabumi. Waktu tempuh ke lokasi ini membutuhkan waktu sekitar 3-5 jam tergantung kecepatan pendakian dan banyaknya istirahat. Jika kamu ingin naik ke atas, disarankan untuk menyewa pemandu agar tidak tersesat.

Harga tiket masuk ke kawasan Kawah Ratu adalah Rp7000.

Pantai Cibangban

Pantai ini berlokasi sekitar 10 KM dari Pelabuhan Ratu. Pantai ini memiliki pantai yang bersih dan memiliki karakteristik ombak yang lebih tenang jika dibandingkan Pantai Pelabuhan Ratu. Untuk mencapai lokasi pantai ini, kamu harus mengambil jalan menuju ke Cisolok. Jika kamu melakukan perjalanan dari Pelabuhan Ratu, kamu bisa sampai ke lokasi ini kurang lebih 1 jam. Pantai dengan ombak yang lebih tenang ini cocok bagi kamu yang ingin berenang. Kamu juga bisa menginap di sekitar lokasi, karena di sini sudah banyak hotel dan cottage di sepanjang pantai.

Itulah beberapa destinasi wisata di sekitar Sukabumi. Jadi, buat kamu yang ingin menghabiskan waktu di Sukabumi, kamu wajib untuk mencatat beberapa destinasi tersebut ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait