Bisnis & Kerja Sampingan

Cost Control Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Langkah Penerapan Cost Control

cost control adalah

Ajaib.co.idCost control adalah salah satu hal penting yang harus diketahui dalam menjalankan bisnis. Langkah penerapan cost control perlu dilakukan karena fungsi cost control dalam suatu perusahaan cukup krusial.

Seperti diketahui bahwa komponen biaya perlu dikeluarkan untuk menjalankan kegiatan perusahaan. Pengeluaran biaya tersebut perlu dikontrol agar tidak melenceng jauh dari anggaran yang telah ditetapkan.

Sebenarnya apa itu cost control? Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut tentang pengertian, elemen, serta fungsi cost control dalam suatu perusahaan. Ketahui juga langkah penerapan cost control yang perlu dilakukan.

Pengertian dan Elemen Cost Control

Apa itu cost control? Dikutip dari Accurate.id, Bambang Hartadi menyimpulkan bahwa cost control adalah upaya pengendalian pada struktur organisasi, cara, dan ketentuan yang saling berhubungan pada suatu perusahaan.

Dengan kata lain, pengertian cost control adalah suatu upaya guna mengidentifikasi serta mengendalikan pengeluaran bisnis agar tetap sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan. Cost control merupakan salah satu faktor penentu untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Cost control meliputi pengendalian biaya operasional, perencanaan, pelaksanaan, dan lain sebagainya. Terdapat beberapa elemen cost control, antara lain:

1. Biaya bahan baku

Biaya bahan baku sangat menentukan besarnya biaya produksi suatu produk. Bahan-bahan yang masuk ke perhitungan biaya bahan baku meliputi bahan yang dibeli sebelum proyek berjalan, selama proyek berjalan, maupun bahan pelengkap yang dibeli setelah selesai proyek.

Biaya bahan baku rentan membengkak akibat manajemen stok yang kurang baik maupun fluktuasi harga di pasaran. Biaya bahan baku perlu dikontrol untuk menghindari adanya fraud.

2. Biaya tenaga kerja

Biaya tenaga kerja meliputi gaji pokok karyawan, uang lembur, berbagai macam tunjangan karyawan, serta benefit lainnya yang diberikan perusahaan kepada karyawan. Biaya tenaga kerja merupakan elemen penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan cost control.

3. Perbandingan biaya aktual dengan anggaran

Sebelum menjalankan suatu proyek, manajemen telah menentukan anggaran biaya yang akan dikeluarkan. Biaya aktual pada masing-masing komponen biaya dalam anggaran tersebut bisa jadi lebih besar maupun lebih kecil. Langkah penerapan cost control perlu dilakukan untuk mengendalikan selisih dari anggaran dengan biaya aktual.

Tujuan dan Fungsi Cost Control

Secara umum, tujuan cost control adalah untuk mengatur biaya dalam suatu perusahaan. pengendalian biaya ini bertujuan untuk melindungi aset perusahaan, melakukan evaluasi berkala terhadap kinerja keuangan, dan meningkatkan efisiensi.

Manfaat cost control antara lain untuk menjaga budget tetap teratur, mencegah penggelembungan biaya, meningkatkan keuntungan perusahaan, serta membantu pengembangan perusahaan.

Terdapat tiga fungsi cost control, yakni:

1. Fungsi perencanaan

Fungsi perencanaan pada cost control perlu dilakukan sebelum proyek dijalankan. Perencanaan tersebut digunakan sebagai dasar bagi perusahaan untuk melaksanakan fungsi manajerial.

2. Fungsi pengawasan

Fungsi cost control berikutnya adalah fungsi pengawasan. Pengawasan sebagai salah satu fungsi cost control dijalankan mulai dari persiapan proyek, pelaksanaan, sampai dengan proyek berakhir.

Fungsi pengawasan dalam cost control berperan dalam membandingkan progres suatu proyek dan biaya yang telah dikeluarkan dengan besarnya budget. Dari sini akan terlihat tingkat efisiensi dari suatu proyek.

3. Fungsi koordinasi

Fungsi koordinasi merupakan bagian dari fungsi cost control yang fokus terhadap keselarasan antar departemen maupun anggota tim untuk mencapai tujuan perusahaan. Diperlukan perencanaan dan pengawasan yang komprehensif untuk mendukung koordinasi dan keselarasan dalam suatu perusahaan.

Langkah Penerapan Cost Control

Langkah yang tepat dalam cost control sangat dibutuhkan untuk mendukung pimpinan perusahaan membuat keputusan terbaik. Berikut beberapa tahapan langkah penerapan cost control yang bisa diikuti:

1. Pengawasan fisik

Pada tahap awal langkah penerapan cost control dapat dilakukan dengan pengendalian pengawasan fisik. Kontrol dijalankan dengan memeriksa langsung fisik bahan baku, stok barang, peralatan yang dibeli, dan lain-lain.

Pengawasan fisik dapat dilakukan oleh pimpinan perusahaan atau business owner untuk skala pengendalian yang terbatas. Bagi perusahaan dengan cakupan yang lebih luas, terdapat manajer di masing-masing divisi untuk melakukan pengawasan fisik pada lingkup kerjanya.

2. Akuntansi Historis

Langkah penerapan cost control selanjutnya adalah dengan memeriksa histori transaksi pada catatan akuntansi. Tahap pengawasan ini lebih memungkinkan dilakukan oleh perusahaan besar yang tidak dapat melakukan pengawasan fisik secara langsung.

Pimpinan perusahaan akan memeriksa akuntansi historis untuk membandingkan anggaran dan biaya aktual dari masing-masing periode. Data tersebut dapat menjadi bahan masukan untuk membuat perencanaan dan melakukan pengendalian.

3. Anggaran statis dan biaya standar

Pada tahapan berikutnya, pimpinan perusahaan tidak lagi bertumpu pada pengawasan fisik dan membandingkan data dari akuntansi historis. Pengendalian dilakukan dengan membuat anggaran statis dengan biaya standar. Sehingga pimpinan perusahaan fokus mengelola proyek saat ini tanpa membandingkan dengan proyek sebelumnya.

4. Anggaran fleksibel dengan biaya standar

Langkah penerapan cost control pada tahap selanjutnya anggaran dibuat dengan fleksibel dengan biaya standar. Hal tersebut dilakukan mengingat terdapat beberapa jenis proyek yang komponen biayanya sangat fluktuatif. Sehingga sangat memungkinkan jika anggaran akan berbeda dengan biaya aktual.

5. Tanggung jawab pusat

Semakin besar suatu perusahaan maka akan semakin kompleks elemen cost control. Manajer divisi pun memiliki banyak tanggung jawab sehingga tidak fokus dalam menjalankan fungsi cost control. Dalam kondisi tersebut perlu dibentuk manajemen khusus yang terpusat untuk melakukan fungsi cost control dengan baik.

Cost control adalah pekerjaan yang perlu dilakukan secara berkelanjutan. Setelah memahami apa itu cost control dan langkah penerapan cost control, kamu dapat menjaga kondisi keuangan perusahaan agar kinerjanya tetap baik.

Artikel Terkait