Bisnis & Kerja Sampingan

Cara Menggunakan Instagram Untuk Bisnis

Cara Menggunakan Instagram

Ajaib.co.id – Aplikasi Instagram sekarang sudah menjadi media terfavorit dalam mempromosikan usaha dan menggaet konsumen. Meski demikian, kalau cara menggunakan instagram bisnis milikimu tidak tepat maka hasilnya tidak akan optimal. Penggunaan akun bisnis tentu saja perlu pendekatan yang berbeda dari akun pribadi.

Aplikasi Instagram lahir sejak tahun 2010. Namun popularitasnya mulai berkembang sejak tahun 2012 dan berhasil menjadi salah satu media sosial di muka bumi seperti sekarang. Aplikasi ini memberika ruang bagi penggunanya untuk mengekspresikan diri lewat visual. Penggunannya bisa memposting foto maupun menyukai unggahan penggunannya dari seluruh dunia.

Awalnya banyak yang menggunakan aplikasi ini hanya untuk melihat foto di Instagram. Namun kemudian fungsinya sangat berguna untuk tujuan bisnis. Banyak yang memiliki akun Instagram untuk berjualan dan promosi usahanya. Hal yang kemudian dikembangkan oleh Instagram untuk memberikan adanya fitur akun bisnis pada 2016 lalu.

Cara Menggunakan Instagram, Beda Tujuan Beda Strateginya

Instagram adalah platform media sosial yang populer dan memungkinkan kita berbagi foto atau video kepada publik. Cara menggunakannya juga cukup mudah untuk dilakukan sehari-hari. Dengan kemampuan dan kepopulerannya tersebut memungkinkan kamu untuk berbisnis melalui Instagram.

Bukan hanya itu, fitur yang disediakan juga memungkinkan kamu untuk melakukan promosi lewat Instagram ini. Cara menggunakan Instagram untuk bisnis tidak melulu soal online shop atau retailer saja. Tapi media sosial ini juga bisa menjadi salah satu alat efektif untuk membangun brand kamu.

Branding social media ini dilakukan oleh sejumlah pengguna yang sekarang kerap dikenal dengan istilah influencer alias selebgram. Para selebgram ini umumnya menarik perhatian karena berhasil membangun kontennya dengan amat menarik yang akhirnya menghasilkan banyak follower.

Popularitasnya di duniamaya ini kemudian secara otomatis menjadikan akun mereka memiliki nilai bisnis untuk promosi. Hal tersebut tidak akan terlalu sulit, karena penggunanya sendiri sangat banyak di dunia. Instagram kemudian bisa menjangkau pengguna di seantero dan melebarkan batas-batas promosi yang umumnya didapati.

Namun jika kamu menggunakan Instagram sepenuhnya untuk berbisnis maka ada baiknya kamu menggunakan akun Instagram bisnis. Yang perlu kamu ingat tentang cara menggunakan Instagram untuk bisnis, adalah membuat akun khusus untuk bisnis kamu. Pada pertama kali perilisannya, banyak pengguna yang kemudian mengalihkan akunnya dari personal profile menjadi bussines profile.

Tidak ada biaya yang dikenakan dan kamu juga bisa sekaligus mempromosikannya di media sosial Facebook yang merupakan satu entitas yang sama. Gunakan logo bisnismu dan tulis deskripsi sekreatif mungkin, tambahkan link menuju website kamu untuk meyakinkan setiap pengunjung. Meski demikian, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka ada pengaturan Instagram secara khusus yang harus kamu terapkan.

Berikutnya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai cara menggunakan Instagram bisnis:

  • Pelajari Cara Menggunakan Instagram Bisnis

Banyak yang telah menggunakan Instagram sebagai media bisnis karena jumlah penggunanya yang sangat banyak di seluruh dunia. Instagram sudah membangun blog terkait cara berbisnis dengan Instagram.

Isi dari blog tersebut adalah tips berbisnis, info soal brand dan berbagai macam berita seputar Instagram bisnis. Dengan membaca panduan cara menggunakan Instagram untuk bisnis, kamu akan mengetahui berbagai cara efektif dari blog tersebut.

Selain itu, setiap waktu selalu ada perubahan logaritma dan kebijakan dari Instagram termasuk untuk promosi bisnis. Cermati perubahan tersebut dan cari celahnya untuk bisa mendpaatkan hasil yang maksimal.

  • Optimalkan Profil Akun Bisnis

Informasi yang lengkap jelas dan mudah dipahami pada setiap sosial media bisnis kamu, akan memudahkan konsumen untuk datang dan menghubungimu. Lengkapi dengan link menuju website atau langsung menuju nomor ponsel Whatsapp Admin, untuk lebih mempermudah saat order.

Pengguna Instagram Bisnis juga akan mendapatkan metrik realtime tentang kinerja cerita dan kirimanmu yang dipromosikan sepanjang hari. Dengan data ini maka kamu akan memperoleh wawasan tentang para pengikutmu dan bagaimana mereka berinteraksi dengan kiriman dan cerita yang kamu bagikan.

  • Unggah Konten Menarik

Instagram memungkinkan kamu mengunggah foto ataupun video. Kunci untuk menarik perhatian audiens adalah desain yang kekinian dan informatif. Setelahnya, jangan malas untuk melengkapi deskripsi untuk mempermudah memahami isi konten kamu.

Instagram menyediakan berbagai fitur untuk memaksimalkan materi iklan yang kamu unggah. Misalnya saja fitur video dengan konsep Boomerang atau editing foto yang bisa secara otomatis kamu dapatkan dengan menjadi pengguna Instagram.

  • Tambahkan Hashtag Populer dan Sesuai Bisnismu

Penggunaan hashtag dalam setiap postingan berguna seperti mesin pencari pada setiap kategori. Jika kamu rajin memberikan hashtag yang sama untuk semua postinganmu, maka produkmu akan lebih mudah dicari konsumen.

Biasakan menggunakan hashtag serelevan mungkin yang sesuai dengan bisnis kamu, juga hashtag yang sedang populer saat ini untuk mendapatkan konsumen baru. Harus diketahui bahwa sebuah feed post Instagram maksimal menggunakan 30 hashtag dan story post maksimal menggunakan 10 post.

Meski demikian, idealnya kamu menggunakan 15 sampai 25 hashtag untuk setiap unggahan. Pastikan jika hashtag yang kamu gunakan relevan dan related dengan post yang lain. Namun, cara menggunakan Instagram dengan hashtag wajib memiliki 70% hashtag yang berbeda dengan grup sebelumnya.

Jika lebih dari nominal tersebut, besar kemungkinkan unggahanmu akan diindikasi sebagai Spam.

  • Unggah Konten Secara Berkala

Dengan kamu mengunggah konten setiap hari, maka bisnismu akan terlihat hidup dan selalu ramai. Dengan begitu calon konsumen tidak akan ragu untuk melakukan pemesanan. Pilihlah waktu yang paling efektif untuk mengunggah postinganmu.

Ada jam-jam tertentu yang dianggap paling potensial untuk mengunggah. Biasanya beda tema maka beda pula waktunya. Selain itu, perhatikan pula pada jam berapa pengikutmu paling aktif di Instagram.

Jika kamu rutin menggungah konten maka kemudian followermu akan terbiasa dengan jadwal tersebut. Nantinya unggahanmu akan ditunggu-tunggu pula kedatangannya.

  • Follow Kembali Follower Kamu

Beberapa perusahaan tidak mem-follow kembali pelanggan atau follower-nya, dan menganggap semakin sedikit following itu profesionalitas. Padahal dengan kamu mem-follow kembali, kamu akan mendapatkan data yang sangat penting dan cara terbaik untuk mengenal followermu.

Dengan mem-follow kembali setiap konsumen, kamu akan mengetahui postingan seperti apa yang mereka sukai. Melakukan follow kembali juga bisa menjadi reward bagi konsumen dan memberikan rasa kebanggaan sendiri untuk konsumen. 

  • Maksimalkan Promosi Bisnis Anda Dengan Integrasi

Untuk menjangkau publik yang lebih luas lagi. Kamu bisa mengintegrasikan akun Instagram bisnismu dengan akun Facebook bisnismu. Facebook saat ini memiliki 818 juta pengguna aktif dan 130 juta pengguna aktif Instagram di seluruh dunia.

Dengan pengguna sebanyak itu, kemungkinan untuk mendapatkan konsumen dari luar negeri akan terbuka lebar dan omsetmu akan meningkat drastis. Tautan dalam Instagram Bisnis merupakan hal yang wajib untuk mendapatkan hasil terbaik.

Tautkan akunmu dengan berbagai situs berbagi pihak ketiga lainnya yang kamu memiliki akun di sana. Dengan demikian, kamu bisa membagikan foto dan akan membuat kisah baru di Instagram bagi siapa pun yang mengikuti kamu di social media.

Sejumlah tips di atas bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan hasilnya. Teruslah mencari informasi terbaru soal cara menggunakan Instagram Bisnis agar usaha yang kamu jalankan bisa mendapatkan manfaatnya dengan optimal.

Selain itu, pastikan akun Instagram yang kamu miliki menggunakan username, foto profil dan deskripsi yang menarik. Termasuk di dalamnya deskripsi bisnis dan tagline brand-mu. Kalau kamu merasa saat ini foto profilmu kurang menarik maka segeralah menggantinya dengan memilih menu di kanan bawah. Cukup tuliskan nama akun baru dan tap tombol next maka jadilah usernama baru.

Selain itu, kamu juga bisa menbaca data terbaru Instagra Bisnis dan mengganti kata sandi dengan mengakses pilihan di pojok kanan atas. Banyak orang kerap tidak terlalu mengenal tampilan Instagram Bisnis sehingga kurang maksimal menggunakannya.

Instagram Bisnis, Platform Paling Tepat Untuk Digital Marketing

Saat ini sudah semakin banyak orang paham cara menggunakan Instagram Bisnis namun masih banyak pula yang meragukan fungsinya. Sebagian besar merasa jika Instagram hanya bisa digunakan untuk promosi ke anak muda. Sedangkan konsumen di rentang usia lainnya kurang menyukai Instagram.

Jumlah pengguna Instagram sendiri hingga akhir tahun 2019 sudah mencapai 1 miliar user. Tentu saja ini adalah pangs apasar yang sangat besar. Meskipun sebagian besar penggunannya adalah anak muda namun tidak menutup kemungkinan jika mereka bisa membantu mempromosikan usahamu ke lingkungan sekitarnya.

Karena itulah, untuk berbisnis lintas usia dan wilayah maka sebaiknya mengusai cara menggunakan Instagram untuk promosi bisnis dan meraih konsumen sebanyak-banyaknya. Banyak orang kini menggunakan Instagram untuk mendapatkan inspirasi dan mendapatkan hal yang penting.

Termasuk pula konten dari merk dan bisnis yang dicari atau diminati. Sudah banyak brand besar yang kemudian beralih memaksimalkan promosinya lewat Instagram selain juga jalur konvensional seperti media cetak dan media elektronik.

Berikut adalah fun fact soal cara menggunakan Instagram Bisnis yang perlu kamu sadari antara lain:

  • Sebanyak 60% orang mengaku menemukan produk baru di Instagram.1
  • Sebanyak lebih dari 200 Juta pengguna Instagram membuka setidaknya satu Profil Bisnis setiap hari
  • Setidaknya terjadi 80% Peningkatan pada waktu yang dihabiskan untuk menonton video di Instagram.
  • Sebanyak 1/3 cerita yang paling banyak dilihat berasal dari bisnis.

Jika sudah demikian, saat kamu menerapkan cara menggunakan Instagram untuk promosi bisnismu dan dapatkan keuntungan melimpah.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait