Milenial, Rumah Tangga Masa Kini

Hadiah Lebaran yang Cocok untuk Orang Tua, Mertua, dan Teman

Ajaib.co.id – Hadiah lebaran merepresentasikan suka cita di hari raya bersama orang tersayang. Penerima hadiah akan sangat bahagia menerima niat baik kita. Apa lagi jika hadiah tersebut memiliki keunikan khusus dan cocok untuk penerimanya, tentu akan meninggalkan kesan mendalam.

Saling memberi hadiah lebaran telah menjadi tradisi sejak lama. Dari waktu ke waktu, tren memberikan hampers/parcel lebaran Idul Fitri semakin meningkat. Selain untuk tujuan bisnis dimana perusahaan mengirimkan hadiah kepada para klien, orang-orang pun memberikan kado lebaran untuk orang tua, calon mertua, dan teman-teman dekat.

Seperti apa hadiah lebaran yang cocok untuk orang tua, mertua, dan teman? Berikut ini ide hadiah yang bisa diberikan untuk orang tersayang di hari raya.

Ide Hadiah Lebaran untuk Teman

Memilih kado lebaran untuk teman akan lebih mudah jika kita mengetahui kegemaran masing-masing teman yang akan dikirimi hadiah. Misalnya kita bisa memilih hadiah dengan tema warna tertentu sesuai dengan warna favorit teman kita.

Jika belum ada gambaran ingin mengirimkan hadiah apa, ide hadiah lebaran untuk teman dibawah ini bisa kamu diikuti.

1. Paket Skincare

Produk perawatan kulit atau skincare menjadi salah satu kebutuhan yang penting seiring dengan tuntutan sosial untuk tampil glowing. Temanmu pasti akan senang jika diberikan hadiah paket skincare di momen hari raya ini.

Sebelum memilih hadiah Hari Raya Idul Fitri untuk orang tersayang berupa paket skincare, pastikan kamu mengetahui produk apa yang sering dipakai oleh temanmu tersebut. Terutama jika temanmu memiliki kulit sensitif, tidak semua jenis produk skincare cocok untuk kulit masing-masing orang.

2. Idol Postcard

Ide unik hadiah untuk teman salah satunya adalah idol postcard. Hadiah ini sangat berarti bagi orang yang sedang mengidolakan penyanyi atau seniman pujaannya. Kamu bisa memberikan kejutan dengan hadiah ini agar temanmu berlonjak kegirangan.

Tentu saja kamu perlu memastikan siapa yang diidolakan temanmu. Jangan sampai kamu salah membeli idol postcard. Pastikan juga untuk membeli idol postcard di tempat resmi yang menjual produk-produk original.

3. Jajanan Kekinian

Jika temanmu termasuk tukang ngemil, tidak ada salahnya jika kamu memberikan kado lebaran berupa makanan jajanan kekinian. Terutama jajanan yang sedang viral serta banyak diulas influencer.

Misalnya temanmu suka makanan dengan cita rasa pedas, kamu bisa mengisi hampers lebaran dengan berbagai jenis keripik berbalut bumbu pedas. Untuk yang suka manis, kamu bisa memilih menu dessert box yang sedang tren. 

Hadiah Lebaran untuk Orang Tua dan Mertua

Hadiah lebaran untuk orang tua dan mertua perlu disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Untuk orang tua sendiri tentu kita telah mengetahui apa saja yang disukainya. Sedangkan untuk mertua, kita bisa menanyakannya pada suami atau istri agar tidak salah memilih kado lebaran.

Orang tua dan mertua yang tinggal di kota besar juga dapat berbeda seleranya dengan yang tinggal di desa. Kita perlu mempertimbangkan selera tersebut dalam memilih produk untuk hampers lebaran. Perlu diingat bahwa yang kita anggap bagus belum tentu disukai mereka.

Selain itu, perhatikan juga usia dan kondisi kesehatan orang tua dan mertua yang ingin kita berikan hadiah hari raya. Makanan-makanan dengan tekstur keras tentu tidak cocok untuk orang tua yang giginya sudah banyak yang tanggal. begitu juga dengan makanan manis yang tidak cocok untuk penderita penyakit diabetes.

Berikut ini beberapa ide hadiah lebaran untuk orang tua yang bisa jadi inspirasi.

– Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah bisa menjadi ide hadiah untuk mertua di hari lebaran. Apalagi untuk orang tua atau mertua yang sudah pensiun dan mengurangi aktivitas di luar rumah, kegiatan sehari-harinya akan banyak beribadah. Perlengkapan ibadah diperlukan agar dapat beribadah dengan nyaman.

Pilihlah perlengkapan beribadah seperti sajadah, sarung, mukena, dan Alquran dengan kualitas yang bagus. Orang tua dan mertua pasti senang menerima hadiah lebaran berupa perlengkapan ibadah dengan kualitas terbaik.

– Pakaian

Beberapa orang tua ada yang jarang membeli pakaian karena terbiasa hidup sederhana. Membeli pakaian menjadi kegiatan nomor sekian yang hampir tidak pernah dilakukan. Padahal, orang tua tetap membutuhkan pakaian yang layak, baik untuk acara tertentu maupun penggunaan sehari-hari.

Sebagai anak atau menantu, sebaiknya kita memperhatikan pakaian yang digunakan oleh orang tua atau mertua. Kenali model pakaian yang disukainya dan pilihlah pakaian berkualitas bagus untuk diberikan sebagai hampers lebaran.

– Cake

Cake yang cantik dengan rasa yang lezat dapat menjadi hadiah lebaran yang dinantikan. Jika memungkinkan, akan lebih baik jika kamu membuat sendiri cake yang lezat untuk hadiah di hari raya.

Jenis-jenis cake seperti black forest cake, rainbow cake, red velvet, Japanese cheese, dan lain-lain sangat cocok sebagai hadiah untuk mertua di hari lebaran. Orang tua dan mertua dapat memujimu di depan para tamu karena pintar membuat cake atau kue kering.

– Produk Kesehatan

Produk-produk alami yang berguna untuk kesehatan cocok juga dijadikan hadiah lebaran untuk orang tua dan mertua. Contoh produk kesehatan ini antara lain essential oil, lilin aromatherapy, minyak gosok, dan lain-lain.

Kita juga bisa memberikan hampers lebaran yang berisi suplemen kesehatan alami, seperti madu, propolis, minyak ikan, gingseng, dan lain-lain. Hadiah seperti ini sangat bermanfaat untuk orang tua dalam menjaga kesehatannya.

Hadiah lebaran bukan sekadar formalitas, namun juga memiliki arti penting dalam mempererat kasih sayang. Silaturahmi akan semakin terjalin dengan adanya hadiah-hadiah yang dikirimkan dalam momen hari kemenangan.

Artikel Terkait