Bisnis & Kerja Sampingan

Peran Administrasi Bisnis untuk Perusahaan

peran-administrasi-bisnis

Administrasi bisnis adalah seluruh aspek yang meliputi pengawasan hal-hal yang berkaitan dengan bisnis. Seperti investasi yang harus memerhatikan detail kecil. Sebuah bisnis baru bisa berjalan dengan baik jika ada kerangka administrasi yang baik pula. Karena tak dapat dipungkiri, peran administrasi bisnis dalam melakukan pengawasan memang tidak mudah untuk dilakukan.

Jika kamu memiliki bisnis baru dan menginvestasikan tenaga dan materi yang tidak sedikit, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk menggunakan administrasi bisnis dalam organisasi kamu. Berikut beberapa peran administrasi bisnis dalam organisasi amu.

Tenaga kerja

Sumber daya manusia adalah aset terbaik untuk perusahaan kamu. Semua bisa terpengaruh dari bagaimana kamu memimpin, memotivasi, hingga menginspirasi karyawan untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan kamu. Peran administrasi bisnis dalam manajemen sumber daya manusia menekankan efektivitas kepemimpinan kamu dalam mengelola aset terbaik ini agar bisnis kamu tidak kehilangan arah dan memiliki pondasi yang kuat.

Operasi

Apakah kamu pernah berpikiran apa yang terjadi di balik peluncuran produk seperti iPhone atau versi terbaru dari video game? Mengatur rantai pemasukan dan memastikan bahwa produksi mencapai target di bawah tenggat waktu yang padat adalah sesuatu yng rumit dan penting untuk kesuksesan bisnis. Di sinilah peran administrasi bisnis dalam bentuk manajemen pengoperasian. Kamu akan mengeksplorasi aspek penting dari operasi sebuah bisnis termasuk perencanaan kapasitas, analisis, peningkatan produktivitas hingga kepastian kualitas. Administrasi bisnis akan memudahkan karyawan kamu untuk mempelajari teknik dan alat untuk mencapai beberapa hal tersebut.

Akuntan

Manajemen akuntan yang baik dari hari ke hari juga merupakan buah dari peran administrasi bisnis yang baik. Keberadaan akuntan di sebuah bisnis tentunya sangat penting untuk pengoperasian bisnis sehari-hari. Jika kamu merupakan pemimpin, ada baiknya kamu juga belajar sedikit tentang bagaimana membaca, menganalisis dan mempersiapkan pernyataan finansial.

Strategi

Administrasi bisnis juga masih bersentuhan dengan pemasaran dan strateginya. Bagaimana kamu berkompetisi di industri sekarang? Bagaimana kamu menciptakan keuntungan yang kompetitif? Apakah kamu bisa beradaptasi dengan perubahan bisnis di masa mendatang? Kemampuan untuk mengambil kesempatan strategis dari sebuah bisnis adalah kunci penting untuk mengidentifikasi peluang dan menjadi pemimpin dari industri yang kamu geluti.

Administrasi bisnis yang baik bisa menyentuh segala aspek dari bisnis yang kamu miliki. Investasi bisnis yang kamu lakukan bukan hanya tentang menjual produk yang berbeda dan menguntungkan, namun juga tentang bagaimana kamu memastikan roda bisnis berjalan dan setiap divisi tidak saling tumpang tindih. Di sinilah peran dari administrasi bisnis akan sangat bermanfaat agar memastikan hal tersebut tidak terjadi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Artikel Terkait