Berita

Yuk, Menghemat Energi untuk Kehidupan Lebih Baik

menghemat-energi

Ajaib.co.id – Apakah kamu pernah menyadari bahwa apa yang lakukan setiap harinya tak lepas dari penggunaan energi baik listrik maupun gas. Energi yang kita gunakan terus menerus untuk menunjang kehidupan manusia ternyata berdampak buruk bumi. Terjadi emisi gas rumah kaca yang menyebabkan cuaca semakin panas, dan tak menentu. Ayo, sudah saatnya bersama-sama untuk menghemat energi untuk menjaga bumi tetap sehat.

Penggunaan smartphone sampai perabotan rumah tangga memanfaatkan energi listrik untuk mengoperasikannya. Namun, penggunaan energi listrik yang berlebihan cepat atau lambat dapat merusak lingkungan dan penggunaan sumber energi jadi sia-sia.

Maka dari itu, menghemat pemakaian energi sangat penting dan harus dijalankan. Memang berat untuk melakukannya dan perlu berinvestasi cukup besar di awal, baik itu waktu maupun materi.

Tak perlu langkah yang besar hingga viral, cukup dengan tindakan sederhana untuk menghemat penggunaan energi dan kita semua kompak melakukannya. Ada beberapa cara untuk menghemat energi yang bisa dilakukan dari lingkungan rumah sendiri.

Bagaimana Caranya Untuk Menghemat Energi?

Banyak orang tidak menyadari bahwa untuk menghemat energi bisa dilakukan dengan cara simpel. Namun, pada awalnya butuh komitmen dan konsistensi agar kita bisa mengubah rutinitas yang mendukung kegiatan menghemat penggunaan energi. Berikut ini tindakan-tindakan kecil yang bisa dilakukan.

1.    Pakai Lampu Hemat Energi

Cara untuk menghemat energi adalah perilaku yang menjadi kebiasaan seserang sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dengan menjaga kelestariannya, salah satunya soal pemakaian lampu. Di Indonesia, jenis lampu pijar sering dipakai pada rumah tangga dan salah satu lampu yang relatif boros.

Mulai sekarang, ganti dengan lampu LED karena penggunaan dayanya lebih efisien. Lampu LED memancarkan cahaya terang yang alami untuk menerangi ruangan namun tahan lama. Alternatif lainnya selain lampu LED, bisa menggunakan lampu neon.

2.    Mengurangi Pemakaian Mesin Secara Berlebihan

Tanpa disadari peralatan yang kita gunakan secara berlebihan bisa membuat tagihan listrik meningkat. Tidak hanya itu, pemakaian yang berlebihan berdampak buruk pada kesehatan penggunanya juga. Sayangnya, kebanyakan orang tidak memikirkan dampak terhadap lingkungan dan finansialnya.

3.    Matikan Lampu dan Peralatan Elektronik yang Tidak Dipakai

Salah satu kebiasaan banyak orang adalah membiarkan peralatan elektronik dalam kondisi standby, yang berarti listrik masih terpakai. Jika kamu masih demikian, ubah mulai sekarang dengan mematikan setiap peralatan elektronik yang sudah tidak digunakan. Cabut sakelarnya untuk menghemat energi.

Selain itu, sudah seharusnya kamu mematikan lampu-lampu di salah satu ruangan rumahmu saat siang hari dan tidak digunakan. Meski sadar, seringkali orang merasa malas mematikan lampu.

Oke, kamu memang bayar listrik dan selama bayar kenapa tidak dinikmati saja? itu hakmu sebagai pelanggan, tapi tidak ada salahnya kan untuk peduli terhadap lingkungan dengan menghemat penggunaan energi. Lakukanlah demi orang lain, dan cucu kita agar masih menikmati indahnya bumi ini.

4.    Atur Penggunaan AC

Pemakaian AC bisa jadi salah satu penyumbang 16% penggunaan energi listrik dalam rumah tangga. Kamu harus mulai merencanakan mengatur penggunaan penyejuk ruangan ini agar pengeluaran untuk membayar tagihan listrik bisa lebih dihemat.

5.    Gunakan Air dengan Lebih Bijak

Air juga jadi kebutuhan manusia, bayangkan bagaimana jika suatu saat air di bumi ini sudah habis ketersediaannya? Yang rugi tidak hanya kamu, tapi semua orang.

Bagi yang suka berlama-lama di kamar mandi, mulai dari sekarang untuk lebih hemat energi. Mandi yang bersih tidak perlu berlama-lama dengan membiarkan air tetap mengalir. Selain boros, tagihan pun akan naik.

6.    Ganti Kulkas yang Ramah Lingkungan

Peralatan elektronik sekarang ini sudah mulai memanfaatkan teknologi yang ramah lingkungan dalam mengoperasikannya. Ganti kulkas di rumahmu dengan kulkas yang memakai freon ramah lingkungan agar lebih hemat penggunaannya.

Jangan lupa juga untuk selalu mengatur suhu kulkas dengan hanya satu derajat lebih hangat. Cara ini bisa menghemat energi lebih banyak sepanjang tahun lho.

7.    Manfaatkan Cahaya Alami

Setiap pagi hari, biasakan untuk selalu membuka gorden rumah agar sinar matahari bisa masuk menerangi dan menghangatkan rumah. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi menyalakan lampu dan bisa kamu jadikan objek untuk foto-foto deh.

8.    Menanam Tumbuhan di Rumah

Pernahkah kamu merasakan bahwa akhir-akhir ini cuaca tidak lagi sejuk dan adem, bahkan cenderung panas? Ya, memang itulah yang kita rasakah karena daerah-daerah hijau sudah mulai hilang untuk kegiatan kegiatan eksploitasi. Lingkungan hijau membantu meningkatkan kualitas udara lebih baik.

Untuk itu, kamu bisa memulai menghemat energi dengan hal sederhana di lingkungan rumahmu dengan menanam beberapa pohon. Rumah segar dan hijau, tempat tinggal pun jadi nyaman.

9.    Ganti Mesin Pengering untuk Mengeringkan Pakaian

Tahukah kamu bahwa mesin pengering mengonsumsi listrik dalam jumlah yang besar? Apabila hari sedang cerah, keringkan cucian di luar di bawah sinar matahari. Ini adalah cara menghemat penggunaan energi yang efisien dan menjaga pakaian tidak cepat melar.

10.        Lakukan Secara Disiplin dan Teratur

Dari beberapa cara menghemat penggunaan energi di atas, ada satu hal yang sangat penting. Jika kamu sudah berkomitmen untuk peduli lingkungan dengan menghemat energi, lakukan itu secara disiplin dan membiasakan diri untuk menerapkannya secara konsisten. Setelah kamu bisa konsisten dengan dirimu sendiri, barulah tularkan kebiasaan ini ke lingkungan sekitar, yakni keluarga dan teman.

Salah satu cara supaya kamu bisa konsisten selama menjalankannya adalah menggunakan jadwal untuk pemakaian alat-alat elektronik. Kamu bisa menghemat pengeluaran bulananmu hanya dengan mengubah waktu saat memakai peralatan.

Artikel Terkait