Milenial

Untuk Pemula, Ini Tempat Kursus Diving dan Biayanya

tempat-kursus-diving

Ajaib.co.id – Untuk menikmati keindahan lautan Indonesia, kamu bisa menikmatinya sambil snorkeling maupun diving, saat ini sudah banyak tempat kursus diving yang bisa mengajarkanmu bagaimana cara menyelam yang baik dan benar.

Olahraga diving atau menyelam merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup berisiko. Hal ini mengingat ada beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan kecelakaan saat melakukan aktivitas menyelam. Ini dia faktornya.

·      Cuaca

Faktor cuaca adalah risiko pertama yang perlu dihadapi oleh seorang penyelam. Menyelam saat kondisi hujan deras dinilai cukup berisiko karena penglihatan menjadi kurang jelas.

Penglihatan yang kurang jelas ini diakibatkan dari kondisi air yang berubah menjadi keruh. Sehingga, hal ini bisa saja membahayakan keselamatan penyelam.

·      Arus Bawah Air

Risiko olahraga menyelam selanjutnya adalah adanya bahaya dari arus bawah air yang kuat. Faktor ini membuat para penyelam bersertifikat pemula bisa saja terbawa arus bawah air hingga ke dalam dasar lautan.

·      Pasang Surut Air

Dalam dunia diving, setiap penyelam juga perlu memperhatikan faktor lainnya yakni pasang surut air. Kondisi ini terjadi tanpa mengenal musim hujan atau musim kemarau. Melainkan, kondisi ini bisa terjadi sewaktu-waktu dan sulit untuk ditebak.

Pasang surut air ini sulit ditebak, karena bisa terjadi pada pagi, siang, maupun malam hari. Hal ini juga bisa menyebabkan terciptanya arus air yang kuat dan sangat berbahaya bagi kamu saat menyelam.

Selain itu, pasang surut air juga dapat mempengaruhi jarak pandang penyelam. Karena pasang surut air laut membuat partikel dan organisme kecil berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

·      Ketinggian Air

Pasang surut air juga akan memengaruhi ketinggian air laut. Ketinggian air laut saat diving ini membuat tekanan air yang berada di atas dan juga yang berada di bawah penyelam menjadi semakin berat.

Oleh sebab itu, ketinggian air juga perlu menjadi perhatian bagi setiap penyelam di luar sana saat hendak menjelajahi spot-spot keren di lautan Indonesia.

Cuaca, pasang surut air, ketinggian air, dan arus bawah air adalah hal-hal yang perlu diperhatikan oleh seorang penyelam sebelum diving. Bagi kamu yang belum pernah belajar diving, tentunya hal-hal tersebut sulit untuk diketahui.

Tempat Kursus Diving Terbaik 2021

Untuk mempelajari faktor-faktor tersebut saat menyelam, kamu bisa mempelajarinya di tempat kursus diving terbaik. Mau tahu di mana tempatnya? Yuk, kita cek lokasinya di bawah ini:

1.    Tempat Kursus Diving Terbaik di Jakarta

Belajar diving bagi pemula tidak perlu harus jauh-jauh datang ke Bali. Lantaran, kamu bisa mencari tempat kursus diving terbaik yang berada di lokasi terdekat dari domisilimu.

Misalnya kamu tinggal di Jakarta, kamu bisa mengikuti kelas diving di tempat kursus menyelam berikut.

·      Lautanmas

Lautanmas bisa menjadi pilihan tempat kursus diving bagi pemula. Sekolah diving ini terletak di Jl. Toko Tiga No.24, Jakarta Barat. Di sini, kamu bisa mengikuti tiga kelas diving.

Biaya kursus diving di Lautanmas, mulai dari Rp2,75 juta untuk reguler dan Rp5 juta untuk private. Biaya sekolah diving ini belum termasuk biaya-biaya lainnya yang perlu kamu keluarkan saat melakukan trip ke luar pulau.

Kelas diving paket reguler akan diisi oleh 4-5 orang, sedangkan untuk private kamu akan diajari diving secara intens oleh trainer profesional.

Biaya trip termurah adalah Pulau Pramuka yang dibanderol dengan harga Rp1,2 juta. Mahal atau murahnya biaya trip ini tergantung dari tujuan trip yang ingin kamu kunjungi.

2.    Scuba School International

Tempat kursus diving di Jakarta selanjutnya adalah Scuba School International. Biaya kursus diving di sekolah ini, mulai dari Rp5 juta untuk pelatihan bersama instruktur freelance.

Namun, bila kamu ingin belajar diving bagi pemula dengan metode pelatihan yang lebih intens. Kamu bisa belajar diving di dive center dengan harga Rp7 juta. Untuk paket pelatihan ini, para peserta akan diberikan kolam khusus untuk melakukan simulasi penyelaman.

3.    Sekolah Diving Terbaik di Lombok

Banyak para penyelam di luar sana yang mengambil sertifikasi diver dari berbagai tempat kursus diving, salah satunya di Lombok.

Di Lombok, ada satu tempat kursus diving yang banyak diikuti oleh banyak para penyelam pemula di luar sana yakni Manta Dive.

Bagi kamu yang ingin belajar diving bagi pemula, kelas openwater adalah pilihan kelas terbaik di Manta Dive yang bisa kamu pilih. Biaya kursus diving di Manta Dive untuk kelas openwater, mulai dari Rp3,4 juta. Sedangkan, untuk kelas advance dengan harga Rp2,7 juta.

Spot-spot yang nantinya akan menjadi tempatmu untuk belajar diving masih berada di sekitaran Gili yang kedalamnya mencapai 18 meter.

Itulah beberapa tempat kursus diving terbaik yang direkomendasikan oleh redaksi Ajaib untuk kamu ikuti kelasnya.

Cara Memilih Sekolah Diving Terbaik

Sebelum memutuskan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta di kelas diving. Kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

·      Pilihlah sekolah diving yang sesuai dengan bujet.

·      Memilih lokasi tempat kursus diving yang dekat dengan domisili saat ini.

·      Memilih pelatih yang punya jam terbang mumpuni dan tentunya bersertifkat.

·      Pilihlah tempat kursus diving yang memberikan pilihan waktu yang sesuai dengan waktu luang. Misalnya kamu bisa belajar diving di akhir pekan saat libur kerja.

·      Pilih tempat kursus diving yang memberikan program trial terlebih dahulu untuk mengetahui kualitas pelayanan dari sekolah diving tersebut.

Kelima hal ini perlu menjadi pertimbanganmu saat hendak memilih sekolah diving terbaik yang ada di luar sana. Mengapa kita perlu belajar diving untuk menyelam? Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel ini, jenis olahraga satu ini merupakan olahraga yang cukup berisiko.

Sehingga, bila kamu ingin menikmati berbagai spot-spot menarik di lautan Indonesia. Setidaknya, kamu perlu punya sertifikat diver bagi pemula. Walaupun begitu, tidak semua spot lautan di Indonesia, mewajibkan setiap penyelam harus punya sertifikat.

Misalnya Pulau Pramuka, spot satu ini diketahui terbuka untuk penyelam pemula yang belum punya sertifikat dengan menggunakan berbagai perlengkapan scuba dive. Tetapi, bila kamu ingin menikmati pemandangan bawah laut dengan arus yang kuat. Penyelam setidaknya perlu melengkapi pengalaman menyelam dengan sertifikat beginner atau advance.

Artikel Terkait