Rumah Tangga Masa Kini

Ini Dia Tips Menghemat Biaya Khitanan Anak

Sumber: Unsplash

Ajaib.co.id – Bagi kamu yang muslim dan memiliki anak laki-laki, biasanya akan melakukan prosesi khitanan atau sunat untuk anaknya tersebut. Prosesnya tidak hanya mendatangi dokter atau orang yang ahli, tapi juga biasanya mengadakan syukuran. Di sinilah kamu perlu tahu berapa biaya khitanan yang seharusnya.

Kamu jangan merasa terbebani dulu ketika ingin melakukan syukuran khitanan karena takut uangnya tidak mencukupi. Kamu tetap bisa menyelenggarakan acara khitanan tersebut dengan biaya yang miring.

Inilah yang perlu kamu persiapkan supaya bisa menghemat biaya khitanan anak.

1. Riset

Ketika kamu sudah niat akan mengadakan acara khitanan untuk anak, kamu harus memperkirakan biayanya terlebih dulu. Untuk itu perlu dilakukan riset agar mengetahui biaya jasa dokter atau orang ahli yang melakukan khitan, biaya catering untuk acara khitanan, dan biaya untuk keperluan lain yang berkaitan dengan khitanan.

Kamu bisa mencari informasinya di internet atau bertanya pada saudara dan tetangga yang sebelumnya sudah menyelenggarakan acara khitanan. Acara khitanan ini termasuk salah satu acara yang sering dilaksanakan di Indonesia, jadi kamu akan mudah menemukan informasinya.

2. Menentukan budget dan menabung

Setelah melakukan riset kamu pasti akan tahu berapa biaya yang harus kamu keluarkan. Kamu bisa menentukan seperti apa acaranya, tapi tentunya harus disesuaikan dengan dana yang kamu miliki.

Biasanya kamu sudah merencanakan acara khitanan dari jauh hari atau bahkan berbulan-bulan sebelumnya. Di sinilah kamu bisa menabung untuk acara anakmu. Jadi, tidak perlu khawatir soal dana nanti karena kamu sudah menyiapkannya sejak lama.

Menabung adalah cara paling mudah dalam mengumpulkan dana untuk biaya khitanan anak. Kamu tinggal berkomitmen menabung beberapa bulan sampai uangnya terkumpul dan sesuai dengan kebutuhan acara itu. 

3. Mengadakan acara khitanan sederhana

Biaya khitanan sudah kamu siapkan, kamu tinggal menyusun acaranya syukuran khitanannya. Acaranya yang sederhana saja, tidak perlu menyewa tenda segala. Acaranya cukup dilaksanakan di dalam rumah. Dengan begitu biaya khitanan yang kamu keluarkan akan pas dan kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Mungkin ada di antara kamu yang ingin mengusung acara khitanan sesuai dengan adat setempat. Biasanya kamu menyewa baju adat khusus anak sampai berbagai macam benda yang diperlukan untuk prosesi adat itu. Hal itu tidak masalah asalkan kamu bisa mengatur acaranya sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Namun, sebenarnya acara khitanan ini dilakukan untuk mendoakan anakmu agar ke depannya menjadi pribadi yang baik dan menghiburnya yang sehabis dikhitan. Sebenarnya kamu tidak fokus ke acara, tapi fokus ke tujuanmu untuk memberikan yang terbaik pada anak. Walaupun acara sederhana, asalkan bisa menghibur anak itu sudah sangat baik

4. Pilih jasa dokter atau orang ahli sesuai dengan budget

Range harga jasa khitan dokter atau orang ahli biasanya tidak jauh berbeda, tapi kamu bisa memilih yang sesuai dengan budget

Ada khitan yang diproses menggunakan laser, jadi katanya tidak akan sakit. Cara ini bisa saja kamu pilih, tapi tentunya jangan lupa untuk menyesuaikan dengan dana yang kamu miliki.

Pastikan jasa dokter atau orang ahli yang kamu pilih itu kualitasnya sesuai dengan harganya. Apabila kamu memilih yang mahal, tapi tidak profesional, malah jatuhnya sama saja. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan riset dulu dalam memilih dokter atau orang ahli ini. Kamu dapat bertanya pada saudara atau tetanggamu yang sudah melaksanakan khitan. 

Intinya kamu harus rajin bertanya supaya bisa menyelenggarkan khitanan sesuai ekspektasimu.

5. Memesan paket khitanan berkualitas yang pas di kantong

Tidak hanya acara pernikahan, sekarang banyak juga organizer yang menangani acara khitanan. Kamu bisa memilih organizer yang bersedia menangani acara khitanan mulai dari prosesi adat (apabila kamu ingin mengadakan prosesi adat), sewa baju adat, catering, dan kebutuhan acara khitanan lainnya.

Harganya biasanya akan lebih murah dibandingkan saat kamu menggunakan jasa satuan dan tentu lebih praktis juga karena kamu hanya perlu memilih satu vendor saja. Berbeda apabila kamu tidak pakai organizer, kamu akan mendatangi vendor khusus satu per satu.

Untuk menemukan paket khitanan yang pas, kamu perlu survei dulu.

6. Memasak sendiri makanannya

Cara hemat biaya khitanan lainnya adalah kamu memasak sendiri makanan untuk para tamu undangan. Kamu bisa meminta bantuan orang-orang terdekatmu untuk menghidangkan makanan yang lezat. Semuanya kamu siapkan sendiri mulai dari bahan makanan, peralatan, minyak untuk memasang, gas, dan karton untuk membungkus makanan-makanan itu.

Kamu juga perlu menyiapkan waktu yang banyak untuk memasak karena tentu tidak akan langsung jadi dalam waktu singkat. Memang menyiapkan makanan sendiri ini lebih capek, tapi kamu akan menghemat uang cukup banyak. Untuk itu cara ini bisa menjadi opsi bagi kamu yang ingin menghemat biaya khitanan.

7. Batasi undangan

Cara lain yang tidak bisa kamu abaikan untuk menghemat biaya khitanan adalah dengan membatasi tamu undangan. Misalnya, kamu mengundang paling banyak 30 orang yang terdiri dari saudara terdekatmu dan tetangga sekitarmu saja. Tidak perlu banyak orang karena yang penting adalah acaranya berjalan lancar.

Tamu yang jumlahnya tidak seberapa ini juga membuat acara menjadi lebih khidmat. Kamu jadi bisa berinteraksi lebih nyaman dengan para tamu.

Dengan jumlah yang sedikit itu, kamu juga tidak perlu menyediakan makanan yang banyak, jadi secukupnya saja.

Seperti itulah tips menghemat biaya khitanan anak yang bisa kamu praktikkan untuk acara khitanan yang akan kamu selenggarakan. Kamu perlu menyiapkannya dengan serius supaya tujuan itu tercapai. Semoga acaramu berjalan dengan lancar ya.

Artikel Terkait