Milenial

Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa Produksi Indonesia

Film dokumenter terbaik
Film dokumenter terbaik

Ajaib.co.id – Film dokumenter berbeda dengan film fiksi yang biasa kamu tonton di bioskop. Film dokumenter adalah film yang disajikan untuk merefleksikan kenyataan.

Tokoh utamanya biasanya adalah orang nyata yang memang akan kita ceritakan di film tersebut. Jadi, tidak ada rekayasa dalam film ini. Ada beberapa film dokumenter terbaik sepanjang masa produksi Indonesia yang bisa kamu tonton.

Efek film ini memang bisa membuat orang yang menontonnya langsung merasa trenyuh, dan berempati terhadap tokoh utama atau fakta yang disuguhkan di film itu. Film dokumenter terbaik sepanjang masa produksi Indonesia bisa kamu tonton gratis di Youtube atau ditonton secara legal berbayar di sebuah platform OTT.

1. You and I

You and I adalah film dokumenter terbaik sepanjang masa produksi Indonesia yang menyabet berbagai macam penghargaan di luar negeri ini. Film ini disutradarai oleh Fanny Chotimah.

Film ini mengisahkan tentang dua wanita eks tapol yang bertemu di penjara, lalu kemudian memutuskan hidup bersama karena merasa terikat satu sama lain sebagai eks tapol.

Mereka berdua bernama Kundalini dan Kaminah, pertama kali bertemu 50 tahun lalu saat Indonesia sedang dilanda krisis politik di tahun 1965. Mereka yang dianggap sebagai simpatisan PKI harus menelan pil pahit. Setelah keluar dari penjara pun tidak diterima oleh keluarga, kesulitan mendapatkan pekerjaan, dan akhirnya mereka berdua bergantung satu sama lain untuk terus bisa hidup.

Kini keduanya memang telah tiada, tapi mereka memiliki kisah mengharukan yang bisa kamu tonton. Kamu yang ingin menonton film ini, bisa menontonnya secara legal di aplikasi Bioskop Online.

2. The Jak

Film dokumenter bisa merangkap menjadi beberapa genre, seperti film dokumenter terbaik sepanjang masa ini yang bertemakan olahraga. Di sini kamu akan lebih mengenal tentang The Jak atau Jakmania yang merupakan sebutan dari pendukung garis keras Persija, klub sepak bola ternama asli DKI Jakarta.

Kamu pasti selalu merasa kebingungan bagaimana seseorang bisa jatuh cinta terhadap sesuatu sampai rela melakukan apa saja terhadap kecintaannya itu. Di sini kamu akan tahu jika kecintaan terhadap klub olahraga Persija itu bukan asal ikut-ikutan orang, tapi ada sesuatu yang lebih yang bisa kamu pahami dengan menonton film ini.

Untuk menonton film ini secara legal link-nya sedang tidak tersedia. Semoga saja nanti link menonton legal itu akan aktif kembali.

3. Banda The Dark Forgotten Trail

Kamu yang senang dengan film dokumenter berbau sejarah, pasti akan senang dengan yang disuguhkan oleh film ini. Banda merupakan salah satu wilayah yang ada di Maluku. Terkenal dengan produksi buah palanya yang diincar oleh para penjajah. Para penjajah ini tidak hanya menjarah buah-buah yang berharga itu, tapi juga menjadikan penduduk Banda bekerja bagai budak untuk mengumpulkan rempah-rempah yang seharusnya menjadi milik masyarakat aslinya.

Di dokumenter ini kamu akan menemukan sisa-sisa sejarah yang masih bisa ditemukan itu. Kamu pasti akan langsung menyadari bahwa harta karun suatu daerah itu sudah seharusnya bisa dinikmati oleh penduduk setempat, bukan menjadi sumber kehidupan untuk orang yang tidak berhak atasnya. Kamu bisa menonton film ini secara legal di Netflix.

4. Sikola Baruak

Film dokumenter terbaik sepanjang masa lainnya adalah Sikola Baruak yang sangat unik ini. Mengisahkan tentang sekolah khusus untuk beruk yang dilatih untuk tujuan mengambil kelapa dari pohonnya. Tradisi ini sudah dilakukan turun-temurun di Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Film ini akan memperlihatkanmu sisi lain dari Sumatera Barat yang tidak hanya terkenal karena rendangnya. Di sana ada sekolah khusus beruk yang membantu manusia memetik buah kelapa. Manusia akan kesulitan memetik buah kelapanya sendiri karena terlalu berisiko. Untuk itu bantuan beruk ini sangat diperlukan.

Namun, untuk melatih beruk tentu saja punya triknya sendiri. Selain dilatih, para beruk itu juga harus diperlakukan secara layak. Kamu bisa menonton film ini di Youtube secara gratis di sini.

5. Ojek Lusi

Ojek Lusi merupakan film dokumenter terbaik sepanjang masa yang sayang untuk dilewatkan. Film ini berkisah tentang salah satu penduduk yang tinggal berdekatan dengan Lumpur Lapindo yang sampai sekarang belum tertutup itu.

Setelah kemunculan lumpur yang membuat banyak desa dan kecamatan yang terendam, salah satu penduduknya berusaha memanfaatkan hal itu untuk mendapatkan penghasilan.

Ia adalah korban dari Lumpur Lapindo yang tidak pantang menyerah. Sekarang, Lumpur Lapindo menjadi wisata baru di sana, walaupun tidak terlalu boleh dekat dengannya.

Tokoh utama di film ini menjadi pemandu wisata untuk mereka yang ingin berwisata di sekitar sana dan merangkap juga menjadi pengemudi ojek yang bisa diajak berkeliling di sekitar wilayah lumpur ini. Kamu bisa menonton film ini secara gratis di Youtube dengan link ini.

6. Baduy

Suku Baduy merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia yang terkenal dengan kearifan lokalnya. Di sini kamu akan tahu lebih banyak tentang suku yang sangat menjunjung tinggi adat mereka. Mereka masih memegang tradisi, dan kehidupannya tidak terpengaruh oleh kemajuan teknologi yang sekarang sedang terjadi ini. Suku Baduy ada yang mengizinkan orang luar masuk ke wilayah mereka, ada juga yang tidak mengizinkan, sehingga kita harus menghormatinya.

Kamu akan lebih memahami, bahwa orang yang tidak mengikuti perkembangan teknologi pun tetap bisa hidup karena berpegang teguh dengan adat istiadat mereka. Ini adalah salah satu kekayaan yang ada di Indonesia. Kamu bisa menonton film ini secara gratis di Youtube Watchdoc Image.

Artikel Terkait